Arti Nama Blog Ugikmadyo dot com

Apalah arti sebuah nama?
Berarti banget. Nama adalah doa. Pilih nama anak harus dipertimbangkan dengan seksama. Biar berarti doa yang bagus. Nama yang baik dipilih sebagai doa yang baik untuk kehidupan dan masa depan anak.

Nah, begitu juga saat memilih nama blog juga harus berarti positif. Sebagai doa agar blog bisa menjadi sumber rejeki bagi kita. Rejeki yang barokah dunia akhirat. Ada juga yang pilih nama blog asal saja. Apa yang teringat di kelapa ya itu yang dijadikan nama blog. Tak ada yang salah sih. Itu kan blog Anda. Sesuka Anda mau dibuat seperti apa nantinya.

Saya mau sedikit curhat tentang blog saya ugikmadyo.com. ini adalah blog kedua. Blog pertama saya ada di multiply. Pertama kali ngeblog tahun 2003. Namanya sama. Pakai nama saya, ugikmadyo.multiply.com. 

Identitas Diri

Kenapa pakai nama Ugik Madyo?
Itu adalah nama pena yang saya pakai saat mulai belajar menulis buku.

Kenapa tidak pakai nama asli?
Nama asli saya panjang dan njawani banget. Orang sering salah ucap dan tulis. Bahkan nama saya di Kartu Keluarga pernah salah dan harus revisi. Daripada belibet ya sudahlah saya pilih pakai nama pena yang gampang diucapkan dan dituliskan. Sebenarnya itu masih nama asli saya tapi dipersingkat. Ugik adalah nama panggilan. Madyo adalah penggalan dari nama tengah saya.

Sejujurnya, saat pertama kali bikin blog, saya bingung harus pakai nama apa. Kalau pas lihat blog teman-teman namanya unik dan keren. Saya perlu waktu lama cari ilham tapi kok ya gak ketemu juga. Ya wis lah akhirnya pakai nama pena saja. Kebetulan email dan facebook pakai nama Ugik Madyo juga.

Alasannya simple sih biar orang tahu kalau blog ini punya saya. Itu saja. Sebagai identitas diri. Identitas kepemilikan kalau blog ini miliknya Ugik Madyo. Siapa dia? Itu yang punya facebook dengan ID ugikmadyo. Wis gitu aja. Sederhana kan.

Personal Branding

Saat multiply ditutup, saya pindah ke blogspot. Saya mulai masuk ke komunitas blogger blogspot. Dari sini saya baru tahu kalau ternyata blog bisa digunakan sebagai alat cari duit. Saya mulai ikut berbagai workshop untuk mendapatkan uang dari blog.

Salah satu workshop yang saya ikuti tentang personal branding seorang bloger. Personal branding ini penting banget. Seorang bloger harus punya personal branding yang kuat agar selalu diingat oleh klien dan agency. Saya mikir lama bagaimana saya membuat personal branding yang kuat. Saya baca beberapa artikel. Bertanya ke para senior bloger.

Salah satu ikhtiar untuk membuat personal branding yang kuat dengan mengusung 'bendera' ugikmadyo. Saya sudah punya modal email, facebook dan blog dengan nama ugikmadyo. Sejak saat itu, semua sosial media yang saya bikin menggunakan nama ugikmadyo.

Tujuan saya sederhana, untuk memudahkan kerja agency dan klien. Pasti banyak bloger yang terlibat kerjasama dalam suatu project. Bisa ratusan bahkan ribuan. Kalau blog, email dan semua media sosial saya namanya sama. Semoga bisa mempermudah kerja mereka untuk pengecekan hasil kerja saya. Plus semoga saja nama ugikmadyo akan gampang diingat. Efeknya tentu saja setiap project baru, saya akan diajak untuk kerja bareng terus. Aamiin.

Jenis Blog

Idealnya nama blog harus mencerminkan isi dalam blog. Berbagai artikel yang ada dalam blog mempunyai korelasi dengan nama blog. Itu rumus seharusnya. Sialnya, saya baru tahu tentang rumus ini setelah blog saya sudah jadi. Tema artikel dalam blog saya campur-campur rame bacanya. Untung saja saya pakai nama diri buat nama blog.

Ini jadi pelajaran buat saya kalau mau bikin blog baru harus dirancang dulu. Mau bikin blog seperti apa. Segment pembaca kalangan mana, umur berapa. Jadi ya bisa matching antara nama blog dan artikel yang ada dalam blog.

Misal nih blog yang isinya tentang makanan, nama blog tak akan jauh-jauh dari hal-hal yang berbau makanan. Misalnya sukamakan, isipiring, makanenak dan lain-lain.

Anda ingin bikin blog?
Yuk mari bikin. Sambil mikirin apa nama blog yang cocok. Kalau masih belum dapat ilham tak apa-apa. Pokoknya bikin aja blog dulu. Semangat mencoba.




Komentar