Kamis, 31 Oktober 2019

Review Drama Korea When The Devil Calls Your Name

review drama when the devil calls your name ugikmadyo

Pertama kali lihat judulnya, saya pikir drama horor. Coba nonton episode satu, kok bagus ceritanya. Nggak ada setan atau hantu yang muncul. Lanjut terus. Eh ternyata bukan drama horor. Akhirnya lanjut terus sampai tamat. Saya lihat di channel TvN. Tayang seminggu dua kali. Rasanya nggak sabar setiap menunggu minggu berikutnya.

Ha Rib (Jung Kyung Ho) seorang penyanyi, produser dan pencipta lagu ternama, usai acara minum-minum menyewa sopir pengganti. Yi Kyung (Lee Seol) yang dihubungi. Sambil ngobrol di perjalanan ternyata Yi Kyung penggemar band Hati dan Empedu. Gadis ini padahal masih remaja tapi kesukaannya grup band lama. Sejak saat itu, Yi Kyung menjadi sopir pengganti langganan Ha Rib.

Yi Kyung dikisahkan sebagai seorang pekerja keras. Gadis muda ini harus bekerja siang malam. Siang hari dia menjadi pelayan kafe. Malam hari jadi sopir pengganti. Dia juga menyanyi di cafe saat libur bekerja. Ya, Yi Kyung seorang penyanyi dan pencipta lagu. Dia sangat menyukai musik. Mimpinya hanya satu, menjadi seorang penyanyi.

Suatu malam, Yi Kyung menyanyikan lagu band Hati dan Empedu yang menjadi kesukaannya. Selama di mobil, Ha Rib jadi linglung. Sampai di rumah dia langsung mengurung diri di studio bawah tanah. Ternyata Ha Rib ini adalah Seo Dong Cheon. Salah satu anggota Band Hati dan Empedu. Dong Cheon menjual rohnya untuk menjadi penyanyi dan pencipta lagu yang sukses. Lalu dia berubah menjadi muda kembali dan memakai nama Ha Rib.

10 tahun yang lalu, Seo Dong Cheon adalah lelaki tua, mantan penyanyi terkenal. Dia hidup di rumah sewa kecil. Pekerjaannya ngamen keliling setiap hari untuk menafkahi hidupnya. Dong Cheon adalah seorang pemusik genius dan idealis. Lee Choong Ryeol, rekannya di Hati dan Empedu mencuri lagu ciptannya dan diklaim sebagai lagunya. Hal ini yang membuat Dong Cheon keluar dari band-nya. Mulai saat itu karirnya padam. Tidak ada agency yang mau menerima dirinya.

Seiring perjalanan waktu dan rentetan kebetulan. Ha Rib mengenal dekat Yi Kyung. Ha Rib mulai ingat interaksinya dengan Yi Kyung di masa lalu. Ternyata Ha Rib pernah beberapa kali mengecewakan bahkan menyengsarakan gadis muda ini. Perasaan bersalah membuat Ha Rib ingin menolongnya. Yi Kyung akhirnya diorbitkan menjadi penyanyi dengan nama panggung Kelly.

review drama when the devil calls your name ugikmadyo
Ha Rib dan Kelly

Tetiba hadirlah Mo Tae Kang, seorang pemain film dan penyanyi terkenal. Namun Tae Kang hanya sosok fisik, sebenarnya dia adalah Iblis Ryu. Iblis pembeli roh manusia. Dikisahkan para manusia yang ditimpa kemalangan hidup menempuh jalan pintas dengan menjual roh. Imbalannya adalah kehidupan yang lebih baik.

Banyak sekali keinginan para manusia ini. Ada yang ingin mejadi terkenal, cantik, kaya, sukses dan berbagai kenikmatan duniawi lainnya. Cerita ini menjadi sentilan tersendiri. Ya namanya hidup pasti ada episode susah dan sedih. Namun beberapa manusia nggak sabar dan ingin melewati episode ini dengan cepat. Memang sih hidup lebih mudah namun ada kontrak berat dengan iblis yang harus ditandatangani. Saya kok langsung teringat soal pesugihan. Semacam inilah.

Ketika melakukan transaksi penjualan roh, ada jangka waktu kontrak. Seperti Ha Rib yang menandatangani kontrak selama 10 tahun. Kehidupannya sukses seperti yang diinginkan selama 10 tahun ini. Kaya raya dan menjadi terkenal. Namun setelah 10 tahun Tae Kang akan mengambil rohnya. Nah ketika roh diambil ini Ha rib akan menjadi sosok manusia yang dingin. Tanpa empati. Tanpa emosi. Intinya akan menjadi raja tega, deh. Plus lupa dengan segala kehidupannya di masa lalu. Serem? Banget.

Ha Rib masa kontraknya dengan Iblis Ryu akan segera habis dalam beberapa minggu. Pergulatan batin Ha Rib dimulai ketika bertemu dengan Luca. Anak di masa lalu, yang sangat dicintai. Ternyata alasan utama Ha Rib untuk menjual rohnya adalah untuk menyelamatkan Luca dari kematian saat dioperasi. Wah. Aku pikir dia hanya ingin menjadi kaya dan terkenal. Ternyata. So Sweet.

Luca ternyata sakit parah. Dia harus dioperasi lagi untuk menyelamatkan nyawanya. Setelah itu  Luca meninggal karena tertabrak truk. Sebenarnya memang sudah takdir Luca untuk meninggal saat masih kecil, ketika operasi pertama. Gara-gara campur tangan Iblis Ryu garis takdir Luca dan orang-orang yang dekat dengannya ikut berubah.


Ha Rib ngotot ingin menghidupkan Luca kembali. Ha Rib minta perbaharuan kontrak. Iblis Ryu minta agar dibawakan roh manusia kelas 1 sebagai syarat. Ternyata kriteria roh kelas 1 ini ada pada diri Kelly. Ha Rib berusaha keras untuk 'mengorbankan' Kelly. Gadis muda ini bersedia untuk 'dikorbankan'. Semua ini dilakukan untuk menyelamatkan Luca dan rasa cinta serta keinginan balas budi pada Ha Rib. Luca memang bersahabat dekat dengan Kelly.

Setelah roh Kelly diambil, dia menjadi sosok yang berbeda. Sebelumnya, Kelly adalah gadis muda penyayang, lembut, penolong dan sangat peduli dengan orang-orang disekitarnya. Sekarang menjelma menjadi gadis sombong dan dingin. Dia juga menjadi sosok yang jahat. Tega menyakiti orang-orang disekitarnya. Lebih parah lagi, gadis ini tak punya emosi ketika bernyanyi atau menciptakan lagu. Ha Rib sangat sedih melihat Kelly seperti ini.

Ha Rib baru tahu kemudian, kalau sebenarnya Luca ini memang sengaja 'dimatikan' oleh malaikat. Takdir Luca memang sudah meninggal sejak kecil. Sudah seharusnya dia meninggal. Padahal Ha Rib mengira Luca meninggal karena dibunuh Iblis Ryu. Ha Rib merasa tertipu dan marah besar. Dia menemui iblis Ryu dan ingin mengambil kembali roh milik Kelly.

Iblis Ryu menjawab dengan enteng kemarahan Ha Rib, "Kamu menyerahkan roh Kelly bukan gara-gara aku. Namun karena keserakahanmu sebagai manusia. Kamu memaksa untuk menginginkan sesuatu yang seharusnya bukan milikmu." Ha Rib terdiam mendengar jawaban tersebut. Benar juga sih.

Memang benar sih. Dia sudah serakah menginginkan Luca hidup kembali. Bahkan dengan tega mengorbankan Kelly. Dalam kondisi marah, Ha Rib tak sengaja menghancurkan 'tempat' penyimpanan roh milik Iblis Ryu. Semua roh lepas berterbangan. Termasuk roh milik Kelly. Ha Rib semakin terpuruk dengan rasa bersalahnya. Dia memutuskan mundur dari dunia hiburan untuk selamanya. Akankah roh Kelly bisa kembali lagi? Bagaimana dengan Ha Rib yang harus diambil rohnya karena masa kontrak yang habis? Nonton saja sendiri. Nggak seru kalau saya ceritakan di sini.

Kisah drama ini menarik jalan ceritanya. Banyak sekali pelajaran hidup dari karakter para pemain. Seorang Kelly digambarkan sebagai sosok pekerja keras dan pantang menyerah. Dia orangnya nerimo banget. Anak ini juga tulus dalam melakukan apapun selalu tanpa pamrih. Kelly sangat dicintai dan dilindungi orang-orang disekitarnya. Bahkan Bapak pemilik kafe tempatnya bekerja rela mati-matian melindungi Kelly. Ternyata Bapak ini adalah malaikat kebaikan.

review drama when the devil calls your name ugikmadyo
Dari kiri: Ha Rib, Tae Kang, Kelly, CEO Ji dan Luca

Saya paling suka dengan kisah percintaan CEO Ji (Lee el) dan Mo Tae Kang. Mereka berdua sebenarnya adalah sepasang sejoli. Sejak Tae Kang menjual rohnya, lupa pada kekasihnya ini. Dia menjadi dingin pada CEO Ji. Mereka akhirnya putus. Ketika Tae Kang bergabung di agency milik CEO Ji , dia seperti mengalami de javu. Mungkin karena cinta yang kuat di masa lalu. Tae Kang merasa tidak asing dengan sosok CEO Ji.

Sementara itu CEO Ji yang masih memendam cinta ingin merajut kembali cintanya. CEO Ji berusaha keras untuk membuat Tae Kang mencintainya kembali. Seiring kebersamaan yang semakin erta. CEO Ji sadar kalau sosok Tae Kang bukanlah kekasihnya yang dulu. Kebiasaan dan selera makan sama sekali berbeda.

Hingga pada suatu saat CEO Ji melihat pertarungan Tae Kang dengan seorang malaikat yang menyamar sebagai manusia. Wanita ini sadar kalau sebenarnya dia menipu dirinya sendiri. Dia selama ini menganggap Tae Kang adalah kekasihnya yang dulu. Namun sebenarnya dia tahu kalau Tae Kang sangat jauh berbeda. Namun susah untuk menerima kenyataan karena rasa cinta yang sangat besar pada Tae Kang.

"Siapa kamu sebenarnya?" tanya CEO Ji.
Tae Kang hanya terdiam. Lelaki ini tak mungkin bisa menjelaskan. CEO Ji memutuskan untuk meninggalkan Tae Kang. Untuk selamanya. Dikhianati rekan bisnis, kehilangan perusahaan, jadi pengangguran dan 'kehilangan' cinta membuat CEO Ji bunuh diri. Saat CEO Ji over dosis obat, Tae Kang langsung terasa. Lelaki ini langsung membawa terbang CEO Ji ke UGD. Terbang? ya. Dia kan Iblis Ryu yang punya sayap. Ngapain juga naik mobil kalau terbang lebih cepat.

Saat Tae Kang terbang sambil menggendong CEO Ji inilah. Rasa cintanya menjadi semakin kuat. Kenangannya akan CEO Ji muncul semakin banyak. Rasa cinta yang dirasakan ini membuat Iblis Ryu semakin berkurang kekuatannya. Dia jadi lebih mudah dikalahkan para malaikat pasukan khusus Tuhan. Namun Tae Kang ikhlas. Tidak mau menghilangkan perasaan cintanya pada CEO Ji. Memang cinta ini ya. Aduhai dah.

Secara keseluruhan saya suka dengan drama ini. Meski tokohnya banyak tetapi punya karakter dan ciri khas yang kuat semua. Tidak susah untuk mengingat masing-masing tokoh. Jalinan ceritanya kuat dari awal hingga akhir, Nggak kedodoran sama sekali. Apalagi ada suara Kelly dan Ha Rib yang bagus. Lagunya enak didengar. Meski saya nggak paham bahasa Korea namun gampang diikuti.




Foto: koleksi TvN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar