Tuesday, 13 November 2018

Nasi Jagung Enak Bu Sri Pasar Wiyung Surabaya

nasi jagung enak bu sri surabaya
Seporsi ini harganya Rp 8.000,-

Nasi jagung memang salah satu makanan khas Madura. Namun banyak nasi jagung beredar di seluruh penjuru Surabaya. Mungkin karena kedekatan secara demografis antara Surabaya dan Madura. Mungkin juga karena banyak penduduk Madura yang tinggal di Surabaya. Para penjual nasi jagung memang banyak yang orang Madura. Ada juga penjualnya yang bukan orang Madura. Kalau soal rasa, saya akui racikan tangan Madura yang enak. Namun ada juga nasi jagung racikan penjual dari Jawa yang sama persis dengan racikan Madura. Meski tidak banyak, sih.

Salah satunya adalah yang satu ini. Nasi jagung Bu Sri yang ada di sebelah Pasar Wiyung Surabaya. Saya sebenarnya baru coba nasi jagung di tempat ini. Sebelumnya, saya punya langganan di sebelah Gedung Serba Guna Jalan Karangan gang Golongan. Entah kenapa Ibu penjualnya tidak ada lagi. Mulai lah saya coba-coba nasi jagung yang lain.

nasi jagung enak bu sri surabaya


Sebenarnya lihat warung Bu sri ini sudah lama. Setiap kali saya belanja ke Pasar Wiyung selalu penuh pengunjung. Berhubung sudah lama nggak makan nasi jagung. Kangen berat. Akhirnya saya nekat ikutan antri berdesakan dengan mak-mak lengkap dengan aneka belanjaan ditangan.

Nasi jagung Bu Sri ini termasuk paket komplit. Nasi Jagung lauknya urap-urap, sayur nangka (lodeh tewel), ikan asin, peyek  dan lauk tambahan bisa milih dadar jagung, telor ceplok atau telor dadar. Peyek dibungkus terpisah. Sayur nangka berkuah juga dipisah, dibungkus tersendiri di plastik. Ini enaknya. Kalau dibawa pulang ke rumah, nasi jagung nggak akan benyek. Nasinya porsi besar. Dadar jagung besar gorengannya. Potongan telor dadar juga besar. Serba besar porsi di sini. Ada tambahan sambel yang pedasnya nampol. Kalau bumbu urap nggak pedes blas.

nasi jagung enak bu sri surabaya

Menurut saya, yang juara di sini adalah dadar jagung, ikan asin dan nasi jagung. Dadar jagungnya tebal dan besar, namun di bagian tengah sudah matang sempurna. Ikan asing digoreng garing. Bisa dimakan semua bagiannya. Duri dan kepala pun mak kres bila digigit. Kalau nasi jagungnya empuk. Komposisi antara jagung dan nasinya pas. Meski dalam kondisi sudah dingin masih tetap empuk.

Makan porsi banyak, enak, murah di sini. Enak di perut. Nyaman di kantong. Nikmat dikunyah. Pas disemua lini. Bisa dijadikan langganan. Semoga sehat terus Bu Sri, saya biar nggak bingung cari nasi jagung yang dekat rumah lagi. Eh, iya Bu Sri juga jual aneka botok dan pepes yang enak dan murah juga.


Harga: mulai Rp 7.000/porsi
Lokasi: deretan warung di sebelah Pasar Wiyung Jalan Raya Menganti Wiyung - Surabaya
Buka: jam 05.30 - habis (biasanya sekitar jam 08.00)


Foto: koleksi pribadi
    

No comments:

Post a Comment