Bermain Petualangan Bersama OREO Wafer

permainan petualangan anak anak


Anak-anak sudah selesai ulangan. Memang tidak ada libur tapi hawa santai selesai ulangan masih bertahan. Sepertinya butuh suntikan semangat. Biar mereka lebih bergairah masuk sekolah. Anak-anak biasanya paling suka dengan hal-hal yang berbau petualangan. Apalagi kalau bermain sambil berpetualang. Ada 3 macam permainan sejenis petualangan yang biasa saya mainkan bersama anak-anak, antara lain 

1. Permainan Berburu Harta Karun.
Ini adalah salah satu permainan yang disukai anak-anak. Permainan berburu harta karun bisa membuat anak-anak ceria. Cara bermainnya sangat sederhana dan bisa dilakukan dalam rumah. Buatlah petunjuk berantai. Bisa berupa tebakan, quote, makna dibalik kata atau kombinasi huruf dan angka.

Petunjuk pertama misalnya seperti ini. "Layar ajaib yang kadang bisa membuatku tertawa atau menangis. Kadang, aku bernyanyi bersamanya. Sekarang, aku jarang melihatnya." Jawabnnya televisi. Nanti dibelakang televisi ada petunjuk lagi.

Anda juga bisa memberi petunjuk berupa angka. Misalnya angka meteran PAM atau nomer plat kendaraan. Saat anak bisa menemukan kombinasi angka tersebut maka mereka bisa mendapat hadiah atau petunjuk selanjutnya. Contoh petunjuk angka lainnya adalah "0987654321180 Tring... tring... tring...". Angka di depan adalah no ponsel Bapak atau Ibu yang disusun terbalik. Berikutnya adalah bunyi ponsel saat ada telepon masuk. Petunjuk berikutnya letakkan dibawah ponsel tersebut.

Permainan ini bisa dimainkan oleh anak-anak mulai umur 3 tahun. Tentu saja petunjuk untuk anak-anak usia 3-5 tahun lebih sederhana. Bisa berupa gambar atau satu kata spesifik. Petunjuknya juga tidak perlu terlalu banyak. Orang tua pasti tahu kemampuan anaknya dalam menangkap pesan. Sebagai harta karun bisa berupa barang atau jajanan kesukaan anak-anak, misalnya OREO Wafer.

Permainan ini melatih anak untuk cepat berfikir dan mengasah kreativitas. Orang tua juga bisa mengetahui sejauh mana wawasan anak-anak serta daya tangkap saat memecahkan teka-teki petunjuk. 


bermain petualangan anak
Harta karun disembunyikan dalam lemari pakaian


2. Bermain Menjelajah di Sekitar Rumah
Permainan ini bisa dimainkan anak mulai usia 5 tahun. Tujuan utama permainan ini agar anak-anak mengenal lingkungan di sekitar rumah. Sebelum berkeliling, anak-anak diberikan tugas membuat peta. Jika anak lebih dari satu maka tiap anak mengambar petanya harus berbeda. Meski begitu mereka tetap harus bekerja sama menyelesaikan petanya. 

Saat mulai berkeliling anak-anak diberi peraturan tidak boleh ambil foto atau mencatat. Mereka harus benar-benar mengandalkan ingatan. Peran orang tua harus aktif untuk menceritakan setiap tetangga atau rumahnya dengan ciri khas tertentu. Hal ini untuk memudahkan proses mengingat anak-anak. Contohnya seperti "Ini rumah Pak Rudi. Beliau punya banyak kucing." Orang tua usahakan untuk memancing rasa penasaran anak-anak.

Orang tua juga bisa mengajari anak-anak untuk ramah saat bertemu dengan tetangga. Tentu saja tetap dengan rambu-rambu tegas batasan saat berinteraksi dengan tetangga. Tanamkan selalu hal ini pada anak. Orang tua juga tetap harus menekankan tidak asal bermain ke rumah tetangga. Ada perjanjian antara Orang tua dan anak yang harus tetap diikuti.  

Saat anak menggambar peta di rumah nantinya, orang tua jangan menentukan standar tinggi. Paling tidak anak bisa tahu tetangga sekitar rumah. Anak juga paham ada apa saja di sekitar rumah. Permainan ini melatih ingatan dan empati pada anak.

3. Bermain Petualangan ke Taman Kota
Jika ada waktu luang lebih banyak, orang tua bisa mengajak anak bermain petualangan di Taman Kota. Bisa saat akhir pekan atau liburan. Tak sulit menemukan taman kota saat ini. Berbagai kota sudah membangun banyak taman dengan fasilitas lengkap. Ada taman bunga, lapangan luas, playground, area sepeda untuk anak. Meski beberapa taman yang mempunyai fasilitas tambahan seperti area outbound, arena skateboard dan arena sepeda freestyle. Beberapa taman kota juga ada kandang aneka hewan. Petualangan anak-anak di taman kota jadi lebih seru.


taman kota di surabaya
Taman Mozaik di Surabaya Barat


Orang tua bisa membuat permainan sambil berpetualang di Taman Kota. Kunjungan bersama keluarga lebih berkesan. Bukan sekedar jalan-jalan. Orang tua bisa memberikan tugas ringan seperti:"Sebutkan benda yang berbentuk segitiga" atau "Tulis sesuatu yang berwarna putih dan jumlahnya" atau "Gambarlah bagian taman kesukaanmu"

Jika Taman Kota tidak terlalu ramai, Orang Tua bisa melakukan permainana berburu harta, seperti jenis permainan yang pertama. Tentu saja permainan ini membutukan persiapan khusus. Jika tidak memungkinkan tidak perlu dipaksakan. 

Permainan ini bisa dilakukan anak berusia 5-10 tahun. Anak usia 11 atau 12 tahun sebenarnya bisa saja diajak bermain. Namun anak usia pra-remaja sudah masuk fase moody. Mereka juga enggan diperlakukan seperti anak kecil. Ada juga memang anak yang masih suka bermain sejenis ini. Orang tua hendaknya pandai melihat situasi.

Kalau memang anak tidak memungkinkan untuk diajak bermain tak masalah. Anak-anak tetap bisa diajak berpetualang keliling Taman Kota. Ada banyak arena yang bisa digunakan anak sesuai dengan minatnya. Orang tua tak perlu memaksakan anak-anak mengikuti kemauan orang tua. Ikuti saja keinginan anak untuk berpetualang dengan bahagia.  

Kombinasi antara penasaran dan kegembiraan bisa memicu andrenalin. Tujuan utama dalam permainan ini adalah keceriaan dan petualangan. Kedua kesan ini yang harus ditonjolkan. Tinggalkan kenangan yang berkesan mendalam. Biar menjadi kenangan indah untuk mereka. Apalagi jika anak-anak ditemani ole OREO Wafer saat berpetualang bersama keluarga.   


jajanan anak enak


Seperti Sherina dan Sadam dalam film Sherina 2. Mereka sudah dewasa saat ini tetapi kenangan petualangan mereka saat  kecil masih mengikat kuat. Meski mereka sudah berpisah selama bertahun-tahun, kenangan akan petualangan seru mereka saat kecil tetap tersimpan abadi. 

Saat Press Conference Film Sherina 2, Sherina Munaf pemeran Sherina menyebutkan bahwa "Perpisahan Sherina dan Sadam memang membuat asing satu sama yang lain. Namun momen keseruan dan kisah petualngan bersama bisa membuat mereka dekat kembali. Seperti OREO Wafer yang senantiasa menciptakan keseruan dalam setiap petualangan."  

Pada Press Conference ini, OREO Wafer juga mengajak keluarga Indonesia untuk turut serta keseruan #PetualanganOREOWafer dengan berburu varian OREO Wafer apa saja sampai dengan tanggal 31 Oktober 2023.

Caranya sangat mudah:
1. Beli OREO Wafer yang ada tanda Petualangan Sherina dibagian kanan depan kemasan. 
2. Kirim foto kemasan atau struck pembelian OREO Wafer ke nomer whatsapp 0812-6888-1259 (atau dengan memindai QR pada kemasan) untuk ditukar dengan nomor undian.

Hadiahnya akan diundi dalam dua mingguan. Hadiahnya berupa iPhone 14, Nintendo Switch, merchandize eksklusif OREO WaferXPetualangan Sherina 2. Hadiah utamanya adalah tiket meet & greet bersama Sherina Munaf dan Derby Romero. Untuk info lengkapnya bisa langsung ke https://www.instagram.com/p/CxISQpsr8Dh/

Komentar

  1. Emang deh paling seru kalo ngajakin anak-anak main bareng, bisa meningkatkan bonding juga. Main bareng juga ngga harus ke tempat mahal, bisa jelajah dalam rumah pun anak jadi happy. Apalagi ditemenin ngemil OREO Wafer bareng, bikin makin semangat dan seruuu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Anak-anak ngertinya main bareng orang tua yang seru. Orang tua harus kreatif bisa bikin anak senang tanpa biaya mahal

      Hapus
  2. Anak-anak memang sukanya bertualang ya. Keren nih Petualangan Sherina kolaborasi dengan Oreo Wafer, bikin petualangan. Jadi kepengen ikutan juga. Lumayan nih hadiahnya. Semoga ada rezeki. :D

    BalasHapus
  3. Seru banget deh pas nonton Petualangan Sherina 2 dan mereka makan bekal Oreo di scene penutup. Jadi nostalgia pas mereka makan bekal di Boscha. Ngangenin bangetttt

    BalasHapus
  4. Anak2 tuh demen banget kalau main berburu harta karun. Seru banget kalau yang diburu adalah Oreo Wafer hehehe jadi makin semangat deh. Setelah itu nikmati Oreonya sambil nonton film Petualangan Sherina bersama orangtua. Akan meningkatkan bonding pastinya ya.

    BalasHapus
  5. Seru banget ide mainnya mba. Bisa aku coba buat anak2. Mereka suka tuh diajak main petualang kayak gitu. Apalagi pas ke taman kota yaaa..demen ke taman jg bocil plus ditambah makan camilan kayak oreo, nikmaat

    BalasHapus
  6. waah seru tuh ide bermainnya, anak-anak pasti seneng banget seseruan apalagi yang dicari oreo hahaha..aku blom nyoba nih yang oreo wafer apakah seseru itu hmmm penasaran

    BalasHapus
  7. Jadi inget dulu waktu kecil suka banget main berburu harta karun bareng sepupu - sepupu , sampai bikin peta harta segala. Sekarang gantian anakku yg main petualangan gitu ama para keponakan

    BalasHapus
  8. Bermain mencari harta karun itu bagus banget buat perkembangan otak anak, bisa melatih jiwa dan karakter intelejen anak.

    BalasHapus
  9. Oreo wafer ini favoritnya anakku mbak, kuncian bundanya untuk menjadikan bekal ke sekolah. Awalnya iseng beli, eh ternyata anaknya memang suka. Seru juga ya bisa berpetualang bersama Oreo wafer.

    BalasHapus
  10. Usia anak-anak merupakan usia yang suka berpetualang dan mengeksplor hal-hal baru. Berburu harta karun ini memang seru banget. Kita dapat menyembunyikan 'harta karun' di tempat yg tak terduga.

    Biar anak mencari dan bersenang-senang. ApalGi kalau harta karuannya itu Oreo Wafer. Pasti seru banget.

    Pengen juga nih kutan challengenya. Sampai 31 Okt 31, masih ada keaempatan nih.

    BalasHapus
  11. Seru banget ya, ternyata di rumah bisa sekalian bermain petualangan, hadiahnya OREO Wafer. Anak-anak pasti excited banget. Challengenya menarik banget, bertabur hadiah dan bisa punya kesempatan Meet and Greet bareng Sherina dan Sadam

    BalasHapus
  12. Seneng banget main treasure hunt begini..
    Apalagi di taman ya.. Jadi banyak betinteraksi dengan alam sekaligus anak juga belajar ketelitian dari hal-hal baru di sekitarnya. Merangsang sensifitas terhadap setiap petunjuk yang diberikan.

    BalasHapus
  13. Anak-anak pasti senang sekali ya, diajak memburu harta karun, menjelajah dan berpetualang. Jiwa petualang mereka jadi terpanggil hehehe

    BalasHapus
  14. Ya Allah hadiahnya beneran bikin mupeng tuh. Sayang banget Oreo edisi Sherina dan Sadam ini masih susah ditemukan di tempat saya. Maklum di kampung kali ya.

    BalasHapus
  15. Serunya bermain dan berpetualang dengan anak-anak. Memburu harta karun pastinya sangat bikin anak-anak antusias ya. Btw, wafer Oreo memang enak sih... Penasaran dengan challenge nya

    BalasHapus
  16. anak-anak punya rasa penasaran yang cukup tinggi makanya lebih suka bermain dan menganggap dirinya sedang berpetualangan setiap harinya, kalo capek bermain tinggal dikasih Orea Wafer deh buat cemilannya

    BalasHapus
  17. Yuuk yuukk ikutan berpetualang bersama Oreo, biar bisa merasakan keseruan ala Sherina dan Sadam. Ikuan challange biar bisa dapet hadiahnya aahhhh

    BalasHapus
  18. Wow, berburu harta karun pasti jadi tontonan yang seru. Apalagi ini yang main sherina, buat yang dulu nonton petualangan sherina pasti nostagia banget deh ini ya

    BalasHapus
  19. Belum sempat nonton Petualangan Sherina, tapi udah nyobain Oreo Wafer dan ternyata anakku sama sukanya dengan camilan Oreo lainnya. Oya, ide permainan menjelajah di rumah pengin aku coba deh bareng anak ~

    BalasHapus
  20. main bareng nih emang seru, melatih kekompakan anak serta belajar memecahkan masalah dalam permainan. Ya seperti berburu harta karunya berupa OREO Wafer serta serunya menonton petualangan sherina 2

    BalasHapus
  21. Seneng banget ada Oreo Wafer x Petualangan Sherina. Apalagi anakku suka banget sama semua produk cemilan Oreo

    BalasHapus

Posting Komentar