Tahu Campur Cak Roni Surabaya

tahu campur enak cak roni surabaya


Tahu campur ini adalah salah satu makanan khas (bisa dibilang) dari Surabaya. Memang banyak penjual tahu campur memasang banner atau merk 'tahu campur Lamongan'. Entah kenapa tahu campur justru jarang ada di kota Lamongan. Usut punya usut ternyata banyak penjual tahu campur yang berasal dari kota Lamongan.

Tahu campur memang banyak yang jual di Surabaya. Baik yang kaki lima, gerobak dorongan, restoran ataupun hotel berbintang. Lokasi penjual tidak akan berpengaruh pada rasanya. Lokasi berjualan hanya berpengaruh pada harga. Soal kualitas rasa makanan tetap dijaga. Bahkan banyak tahu campur yang dijual kaki lima dan gerobak rasanya jauh lebih enak daripada yang ada di restoran atau hotel berbintang.

Kondimen Tahu Campur

Tahu campur adalah makanan dengan banyak kondimen. Bumbunya sederhana. Bumbu dasarnya adalah petis. Petis matang (petis berbumbu) dicampur dengan sambal mentahan. Ada juga yang menambah dengan bawang putih goreng. Lalu diaduk rata dengan sedikit kuahnya.

Bila semua petis dan kuah sudah tercampur merata, daging dan kuah tahu campur dimasukkan. Lalu kondimen masuk. Pertama mie kuning yang sudah direbus. Tauge yang sudah direbus. Selada air mentah. Lentho ubi dan tahu goreng. Keduanya dipotong-potong dengan ukuran sekali suap. 

Kondimen terakhir sebagai topping adalah kerupuk. Biasanya menggunakan kerupung kancing atau kerupuk udang. Kerupuk kancing ini adalah kerupuk bawang yang berbentuk bulat diameter sekitar 2 atau 3 cm. Kalau pakai kerupuk udang biasanya yang ukuran kecil. Bukan ukuran kerupuk udang yang biasanya ada di nasi rawon.

Lokasi 

Jika Anda ingin menikmati tahu campur Cak Roni ini bisa datang ke Jalan Jambi no 64 Surabaya. Lokasinya depan sekolah Hang Tuah. Sebelumnya lokasi berjualan Cak Roni di pertigaan Jalan Kutei dan Jalan Jambi Surabaya. Lokasinya dulu persis disebelah penjual Kikil Sapi khas Surabaya.

Saya jadi teringat dengan penjual tahu campur dan gado-gado yang ada di Jalan Indragiri Surabaya. Ada dideretan penjual yang ada di pinggir lapangan Hang Tuah. Langganan saya sejak jaman masih SMA. Saat ada pemugaran jalan dan saluran banjir seluruh penjual di lokasi tidak ada lagi. 


tahu campur enak cak roni surabaya


Sudah lama banget saya cari penjual tahu campur tersebut. Sayang, saat saya datang ke tahu campur Cak Roni dalam kondisi ramai. Saya sungkan ngobrol panjang lebar. Beliau sedang sibuk melayani pelanggan soalnya. Rasa tahu campur di Lapangan Hang Tuah Surabaya dulu persis sama dengan yang di Jalan Jambi ini. Bisa melepas kangen Tahu Campur Lapangan Hang Tuah.

Selain menjual tahu campur, Cak Roni juga menjual gado-gado. Bagaimana rasanya? sama enaknya. Gado-gado Cak Roni juga juara. Bumbu kacangnya legit tapi tidak eneg. Ini nih yang saya suka. Meski berbumbu dan banyak kacang tapi tetap enteng di mulut. Tidak meninggalkan rasa eneg. 

Makanan di Cak Roni ini meski rasanya juara tapi harganya tidak mahal. Harga ini tetap sama bagi Anda yang ingin makan di tempat atau dibawa pulang.

Tahu campur Rp 16.000/porsi

Gado-gado Rp 14.000/porsi

 

tahu campur enak cak roni surabaya

Resep Tahu Campur

Bagi Anda yang ingin membuat tahu campur di rumah juga bisa. Proses memasaknya tidak rumit. 

Bahan :

- Daging sapi sandung lamur

- Tetelan sapi

- Gula jawa

- Asam jawa

Bumbu :

- Ketumbar

- Kunyit

- Laos

- Jahe

- Jinten bubuk

- Merica

- Bawang merah

- Bawang putih

- Daun jeruk

- Sereh

  Bahan pelengkap :

- Lentho ubi

- Mie kuning

- Taoge 

- Selada air

- Tahu goreng

- Kerupuk kancing 

Cara memasak :

1. Daging sandung lamur cuci bersih lalu potong kotak seukuran sekali masuk ke mulut. Lalu rebus dengan api sedang. 

2. Haluskan semua bumbu kecuali laos, jahe, daun jeruk dan sereh. Kunyit sedikit saja untuk menambah kaya rasa. Kuah tidah perlu berwarna kuning. Setelah semua bumbu halus sisihkan.

3. Setelah rebusan daging sandung lamur mendidih tunggu selama 15  menit. Lalu matikan api, angkat daging dan tiriskan. Buang air rebusan.

4. Ganti air baru untuk rebusan dengan panci yang sama atau lebih besar. Masukkan tetelan sapi, daging sandung lamur yang ditiriskan dan bumbu yang dihaluskan. Masak dengan api kecil. Saat air rebusan sudah mendidih masukkan laos, jahe, daun jeruk dan sereh. Masak sampai daging sandung lamur empuk sekitar 1 jam.

5. Setelah masak 1 jam, cek tesktur daging. Kalau daging sudah empuk, masukkan gula jawa, asam jawa dan gara. Aduk-aduk sampai gula Jawa leleh seluruhnya. Lalu matikan api. Koreksi rasanya. Jika sudah pas rasanya maka tutup rapat panci untuk mempertahankan aroma masakan.

6. Tahu campur siap dihidangkan beserta kondimen. Tahu campur lebih baik disajikan dalam kondisi hangat. Aroma dan rasanya lebih kuat. 

Selamat menikmati tahu campur. Mau beli di Cak Roni atau bikin sendiri itu terserah Anda. Semoga Anda kecanduan dengan rasa tahu campur dan ingin terus menikmatinya.


     

Foto : Ugik Madyo

Komentar