Tahu Gimbal Makanan Khas Semarang

tahu gimbal makanan khas semarang

Tahu gimbal ini adalah salah satu makanan khas dari Semarang. Saya mencoba makanan ini pertama kali justru di Banjarnegara. Sebetulnya secara tidak sengaja. Saya dan suami jalan pagi di alun-alun Banjarnegara. Biasanya memang banyak penjual makanan berjajar di minggu pagi.

Kami melihat gerobak penjual tahu gimbal Semarang. Coba dulu lah. kami belum pernah coba makanan ini. Tidak butuh waktu lama dalam pembuatannya. Pada satu porsi terdapat lontong, kubis, kecambah panjang dan seledri. Kubis dan kecambah masih mentah. Ada juga tahu yang digoreng dengan tepung.

Sebagai tambahan ada seledri yang dicincang halus. Kemudian disiram dengan bumbu kacang yang encer. Ini adalah Perpaduan atara karedok dan tahu tek kalau menurut saya. Beberapa lama kemudian, saya ngobrol tentang tahu gimbal ini dengan seorang teman.

Eh ternyata. Tahu gimbal yang saya makan di Banjarnegara itu bukan versi asli. Akhirnya saya coba tahu gimbal khas Semarang asli. Isi dalam seporsi sama namun ada tambahan gimbal udang. Apa itu? Udang yang digoreng dengan tepung. Ternyata ini yang dimaksud dengan gimbal.

Sesuai dengan judul makanannya tahu dan gimbal. Gimbal adalah bintang utamanya. Ada dua versi penyajian udang. Udangnya di goreng utuh. Kalau udang utuh ini ada yang memakai udang kecil atau udang besar. Ada juga yang udang dipotong menjadi dua atau 3. Kalau versi terakhir ini menggunakan udang ukuran besar.

Adonan gimbalnya juga ada dua versi. Gimbal tipis dan gimbal tebal. Gimbal tipis menggunakan adonan tepung encer. Sedangkan gimbal tebal adonan tepungnya banyak. Kalau udang kecil atau udang dipotong kecil biasanya menggunakan gimbal tebal.

Tahu goreng tidak menggunakan adonan tepung. Hanya digoreng biasa lalu dipotong-potong. Untuk tahu ini ada yang digoreng kering dan ada juga yang digoreng setengah matang. Tatanan lengkap dari bawah adalah lontong, tahu, kubis, kecambah panjang, seledri dan gimbal udang. Lalu disiram bumbu kacang. Sebagai topping adalah kerupuk kecil.

Resep Tahu Gimbal Semarang

Kalau ingin buat tahu gimbal Semarang di rumah bisa juga. Cara membuatnya gampang. Bahan-bahan yang diperlukan mudah didapatkan. Harganya juga murah. Bumbu kacang saya pakai bumbu pecel yang sudah jadi.

Bahan:
- Kubis
- Kecambah panjang
- Seledri
- Tahu
- Udang
- Tepung bumbu
- Tepung terigu
- Air es atau es batu
- Lontong
- Sambal pecel kering
- Kerupuk

Cara membuat:
1. Cuci bersih udang. Kalau udangnya besar belah punggungnya. Untuk udang besar bisa dipotong jadi dua atau tiga bagian. Sisihkan.

2. Campur tepung bumbu dan tepung terigu. Komposisi 1 : 1. Kalau saya biasanya pakai tepung bumbu Kobe. Larutkan dengan air es atau air biasa. Masukkan udang. Kalau pakai air biasa masukkan es batu dalam adonan tepung bumbu, tepung terigu dan udang yang sudah tercampur. Saya tidak menambahkan garam lagi karena sudah menggunakan tepung bumbu. Goreng gimbal udang tidak terlalu lebar. Goreng hingga kering kecoklatan.

3. Bersihkan tahu putih. Potong persegi panjang.

4. Sambil menggoreng udang gimbal dan tahu, kerjakan sayur-sayuran dan membuat bumbu kacang.

5. Kecambah panjang cuci bersih. Sisihkan.

6. Kubis dan seledri cuci bersih. Rajang halus dan sisihkan.

7. Campurkan sambal pecel kering dengan air hangat. Encer atau kental tergantung selera masing-masing.

8. Potong lontong dan tahu goreng sesuai besar gimbal udang.

9. Tata lontong, tahu, gimbal udang, kubis, kecambah panjang dan seledri. Siram dengan bumbu pecel. Tambahkan kerupuk sebagai pelengkap.

Mudahkan cara membuatnya. Kalau bumbu kacang tahu gimbal Semarang tekturnya encer dan rasanya manis gurih. Kalau Anda tambahkan kacang tanah goreng bila ingin tekstur yang kasar. Bisa juga tambahkan cabe rawit jika Anda suka pedas. 



Foto : koleksi pribadi


Baca juga :

Tahu Tek Surabaya Enak

Kupat Tahu Banjarnegara Mirip Karedok

Komentar