Selasa, 25 Februari 2020

Makanan dan Herbal yang Baik Untuk Luka Operasi Cepat Sembuh



Masa setelah operasi adalah masa pemulihan. Anda akan melewati beberapa waktu sebelum luka operasi benar-benar sembuh. Untuk membantu mempercepat penyembuhan, ada beberapa herbal dan makanan bagus untuk dikonsumsi. Tentunya setelah berkonsultasi dengan dokter.

Konsultasi pada dokter sangat diperlukan untuk mencegah hal buruk yang tidak diinginkan. Apalagi jika Anda mempunyai riwayat penyakit yang cukup serius. Berikut beberapa herbal dan makanan yang bagus untuk penyembuhan luka operasi.

Makanan Berprotein
Protein bagus untuk membantu pertumbuhan sel dan jaringan baru. Protein ini terdapat pada daging, ikan, ayam, telur, kacang kacangan, dan sayuran. Jika Anda merasa makanan di keseharian kurang protein, bisa meminta saran dokter suplemen apa yang sebaiknya dikonsumsi. Inbumin dengan kandungan asam amino dan protein adalah suplemen yang bagus untuk luka setelah operasi. Mudah didapatkan di apotik terdekat atau apotik online seperti Goapotik.

Sayuran Kaya Antioksidan
Membantu perbaikan kulit dan ligamen, antioksidan banyak terdapat pada tomat, wortel, bayam dan bawang putih. Selain itu antioksidan bagus untuk melindungi sel dari radikal bebas.



Vitamin C
Vitamin C bagus untuk mencegah infeksi. Banyak terdapat pada buah di sekitar kita seperti jeruk, mangga, stroberi, dan pepaya. Juga terdapat pada sayuran seperti kembang kol dan brokoli.

Ikan Gabus
Ikan gabus mengandung albumin yang akan membantu penyembuhan luka lebih cepat. Ikan ini bisa menjadi berbagai varian masakan, seperti pepes, gulai, atau balado agar tidak cepat bosan.

Minyak Zaitun
Minyak ini sudah terkenal bagus untuk kesehatan. Banyak orang yang setiap hari mengonsumsinya langsung atau dicampur pada masakan. Minyak zaitun membantu vitamin terserap lebih baik dan meningkatkan imunitas tubuh.

Makanan Berserat
Obat nyeri bisa menimbulkan efek sembelit atau susah buang air besar. Jika itu terjadi, maka makanan berserat tinggi seperti sayur dan buah sangat diperlukan.

Konsumsi Air yang Cukup
8 gelas sehari adalah takaran ideal untuk mengkonsumsi air putih. Air bagus untuk metabolisme tubuh dan pembuangan racun. Jika Anda tidak suka minum air putih bisa membuat infuse water. Agar konsumsi air putih mencukupi setiap hari. 



Foto: koleksi goapotek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar