5 Tips Pilih Travel Umroh Terpercaya

Musim haji sudah selesai. Promo umrah sudah mulai bersliweran. Aneka paket menarik bermunculan. Aneka penawaran harga menarik dan murah bertebaran.

1. Cek Keresmian Travel Umroh

Caranya sangat mudah. Apalagi di jaman yang serba internet seperti saat ini. Pengecekan bisa langsung dengan menggunakan ponsel. Langkah yang perlu dilakukan adalah
1. Cek travel umroh yang terdaftar sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) di Depag (Departemen Agama)
2. Cek di kemenag.go.id
3. Cek lewat aplikasi umrah cerdas

Surat ijin kemenag ada apabila:
1. Biro umrah sudah beroperasi minimal 2 tahun
2. Punya kemampuan keuangan. Buktinya dengan adanya jaminan bank (Bank Guarantee)
3. Punya kemampuan teknis untuk menyelenggaraan ibadah umrah. Baik berupa SDM, manajemen, sarana dan prasarana
4. Ada ijin sebagai biro perjalanan wisata dari kementrian pariwisata
5. Punya mitra biro umrah penyelenggara umrah di Arab Saudi yang punya ijin resmi dari pemerintah Arab Saudi
6. Standar pelayanan minimum yang ditetapkan kementrian agama

2. Rekondasi Kenalan yang Terpercaya

Kalau ada teman atau keluarga pulang dari umroh biasanya mereke suka cerita pengalamannya. Nah coba korek lebih dalam informasi tentang travel umroh yang mereka gunakan. Kita lebih bis amendapatkan gambaran tentang pelayanannya serta akomodasi dan transportasi selama umrah.

Yang terpenting adalah apakah semua sarana dan prasarana selama umroh sudah sesuai dengan yang dijanjikan oleh travel umroh tersebut. Ini penting seklai. Kita bisa mengukur profesionalitas sebuah travel umroh.

Setiap perjalanan dengan banyak orang terkadang akan muncul beberapa kendala. Perlu ada beberapa perubahan dari rencana semula. Kalau ternaya berubah total dari semua yang sudah disosialisasikan oleh travel umroh saat Indonesia. Nah ini yang agak bikin was-was. 

3. Cek Testimoni di Media Sosial

Terkadang testimoni tentang travel umroh dari teman atau saudara ini ada unsur emosinya. Kalau masih ada perasaan ragu ya wajar. Untuk meyakinkan diri bisa cek testimoni di media sosial. Cari tahu apakah banyak yang komentar baik atau malah sebaliknya.

Cek juga pemilik akun yang berkomentar bagus tersebut. Akun-nya real atau fake. Kalau banyak yang kasih testimoni bagus namun akunnya fake ya sudah. Lebih baik pakai travel umroh yang lain saja.

Testimoni banyak yang jelek bukan berarti benar-benar jelek. Cek akun yang komentar jelek tersebut. Kalau banyak yang akun fake ya sudah tidak usah dipercaya. Intinya sih cek dan ricek untuk memantapkan hati. Kalau masih ragu-ragu dengan suatu travel umroh ya sudah tinggalkan saja. Pilih yang lain.

4. Jangan Tergiur Harga Murah

Pilih yang murah tapi tidak murahan.
Pilih yang murah tapi masih masuk akal.

Slogan klise ini yang juga harus kita pegang kuat. Jaman sekarang sangat mudah untuk mengetahui harga tiket pesawat atau harga kamar hotel. Pahami fasilitas apa saja yang kita dapatkan selama umroh nanti. Coba hitung harga totalnya.

Kalau ada selisih 10-40% masih dalam taraf wajar. Mungkin juga bisa sampai selisih 50%. Kalau travel umrah besar dan pemain lama masih dianggap wajar. Kalau sudah lebih dari 60% ini masih tanda tanya. Secara logika masih wajar atau tidak.

Kalau memang harganya terlalu murah dan secara logika kurang bisa diterima ya sudah. Tinggalkan saja. Pilih yang lainnya.   

5. Banyak Berdoa dan Luruskan Niat

Niat awal untuk umroh ini memang untuk beribadah. Terkadang seiring perjalanan waktu, ada kontaminasi niat-niat yang lain. Niat yang hanya berdasarkan keinginan dan nafsu semata. Lebih baik dilurukan terus niatnya hanya untuk beribadah. Bukan sekedar pamer foto umroh di kalangan saudara, teman ataupun media sosial.

Nah yang lebih penting lagi untuk selalu berdoa. Terkadang pakai travel umroh yang sama namun rasanya berbeda. Ada yang dapat pengalaman baik dan memuaskan, ternyata yang lain yang mengalami kekecewaan. Padahal menggunakan travel umroh yang sama, satu rombongan pula. Pernah ada yang mengalami demikian?

Libatkan Allah Subhanahu Wa Ta'ala dalam pengambilan keputusan memilih travel umroh. Semoga pilihan kita diridhoi.

Apapun pilihan travel umrohnya. Semoga kita semua yang ingin umroh tahun ini dikabulkan doanya. Aamiin yaa mujibassailin.


Foto: koleksi pribadi

Komentar

  1. At first sight, when I saw the photo, I thought, that it was New York depicted on the picture. Anyway, you both are lucky, that you got an opportunity to visit such a cool place.

    BalasHapus

Posting Komentar