Review Hotel EdOTEL Sidoarjo

Acaranya di Hotel EdOTEL. Sebelah SMK 1 Buduran Sidoarjo. Nanti langsung masuk lobby hotel saja.

Sebuah pesan singkat masuk hampir jam 12 malam. Panitia acara begadang sepertinya. Kebetulan acara baru mulai jam 08.00. Saya bisa sedikit santai pas sarapan. Berangkat satu jam sebelumnya sepertinya tak masalah. Saya cukup mengenal rute menuju ke lokasi. Nanti bisa lewat jalan tikus untuk menghindari macet. 

Ternyata perkiraan saya salah. Saya baru sampai lokasi jam 07.55. Sempat bingung cari pintu masuk Hotel EdOTEL. Ternyata jadi satu dengan SMK 1 Buduran Sidoarjo. Loh kok bisa. Rasa penasaran saya belum sempat terjawab. Saya harus segera lari ke lobby hotel.

Saya disambut ramah di depan pintu masuk hotel. Maknyes. Udara dingin langsung menyergap. Saya diantar ke tempat registrasi peserta workshop. Ada sebuah meja panjang di sebelah meja resepsionis. Selesai regitrasi, saya dipersilahkan masuk ke R.A Kartini Hall. Tinggal jalan lurus sedikit di sebelah kanan meja registrasi.

Begitu masuk ruangan ternyata masih sepi. Ada sekitar 10 tempat duduk yang terisi. Saya celingukan nggak jelas. Ya sudahlah keluar ruangan saja. Tadi datangnya buru-buru, belum sempat memperbaiki make-up. 

Lobby nyaman
Begitu keluar Hall. Kok tidak ada petunjuk toilet. Kebetulan juga tidak ada petugas hotel atau panitia. Saya lanjut jalan ke lobby dengan niat tanya letak toilet. Begitu masuk lobby langsung kelihatan tanda toilet. Ternyata letak toilet ada di sebelah kanan resepsionis. Cuss lah beresin make up. Wajah lumayan berkeringat efek macet dan panas selama di jalan.

Beres semua, Saya memilih duduk-duduk di lobby. Beberapa peserta tampak asyik ngobrol di meja sebelah. Saya berkenalan dengan seorang guru dari SMK 1 Buduran, Bapak Arif Purnawan. Ternyata Hotel EdOTEL ini adalah milik SMK 1 Buduran Sidoarjo. Hotel ini dikelola oleh para guru dan murid. Terutama murid kelas 13 yang kerja praktek di sini.

Hotel ini berdiri tahun 2010 dengan 2 kamar. Tahun 2020 mengalami renovasi. Saat ini (tahun 2023) sudah memiliki 15 kamar.  Tiap kamar mempunyai tema yang berbeda-beda. Semua temanya unik. Mumpung acara belum mulai, saya keliling dulu di Hotel ini.

Lobby ini luas dan nyaman. Begitu masuk hotel langsung ada area tunggu yang nyaman. Resepsionis pas berada di depan area tunggu. Sebelah kanan area tunggu terdapat counter halloDAY dan edOTOUR. Bapak Arif Purnawan sebagai Tour Manager di sini. 

HalloDAY dan edOTOUR melayani pemesanan untuk umum, antara lain:
1. Tiket kereta api, bus, pesawat domestik dan internasional.
2. Paket perjalanan wisata outbound.
3. Study tour.
4. Wisata religi.
5. Paket honeymoon.
6. Tourism vilage/ Student road to campus.
7. Rental mobil.
8. Rental bus pariwisata.
9. Paket tour tanpa batas minimal peserta (konsumen bisa memilih tempat tujuan wisata).

Fasilitas tour yang akan diperoleh adalah:
1. Gratis tiket masuk pintu utama obyek wisata.
2. Bus pariwisata yang nyaman.
3. Snack, air mineral dan makanan berat.
4. Sopir santun dan berpengalaman.
5. Pilihan mobil bervariasi.
6. Parkir dan biaya tol gratis.
7. Tour guide yang ramah dan profesional.  

Hotel 15 kamar
Saat saya keluar hall untuk mencari toilet, ada pintu terbuka di sebelah kiri Hall. Ternyata kamar hotel tapi kok kosong. Tidak ada jejak penghuninya. Tidak ada barang di meja atau rak. Ternyata memang itu kamar hotel yang sedang dipersiapkan untuk para tamu. Hotel ini memiliki 15 kamar. Ada 3 kamar di lorong menuju Hall R.A Kartini. Kamar suite ada di sebelah kiri resepsionis. Kamar Superior dan Deluxe ada di sisi sebelah kanan. 12 kamar ada di bagian belakang resepsionis. Areanya terbuka.

Saya diijinkan untuk masuk dan ambil foto di kamar-kamar tersebut. Setiap kamar mempunyai tema yang berbeda dan unik. Kalau mau staycation di sini bisa pindah-pindah kamar. Suasananya jadi beda setiap menginap di sini. Kamar superior dan deluxe fasilitasnya sama, yaitu LCD TV, mini lemari es, kamar mandi shower dan AC. Hanya beda di tempat tidur. Superior menggunakan twin bed sedangkan deluxe single bed. Sedangkan suite room ada tambahan Living room dan Dining set. Kamar mandi pakai bathtub.

Berikut ini jenis kamar hotel beserta harganya:
1. Superior room
Harga Rp 250.000 (room only)

2. Deluxe room
Harga Rp 300.000 (room only)

3. Suite room
Harga Rp 500.000 (room only)

Harga kamar memang tanpa sarapan. Kalau mau makan di hotel juga bisa. Ada Restoran Pawoen Satoe yang menyediakan aneka menu makan pagi, siang dan malam.

Fasilitas Penunjang
Saya kembali lagi ke RA Kartini Hall, acara akan segera dimulai. Acara cukup padat. Pesertanya juga banyak. Selesai makan siang ada satu sesi materi selama 1 jam. Sebelum penutupan acara, seluruh peserta diajak keliling hotel. Wa asyik ini. Saya bisa sekalian bikin review hotel EdOTEL. Seperti Blogger Bandung Kak Lia Yuliani yang biasa mengulas hotel di blognya.

Hotel tour dimulai dari lobby. Pada sisi sebelah kiri area tunggu ada jalan menuju ke depan hotel. Edo Salon di bagian kiri. Satu Kopi di sebelah kanan. Saya akan cerita tentang Edo Salon dahulu. Tamu hotel bisa menikmati perawatan kecantkan secara lengkap. Mulai ujung rambut hingga ujung kaki. Tersedia paket perawatan wajah, rambut, tangan kaki serta spa.

Edo Salon ini juga melayani umum. Ada dua pintu masuk. Pintu luar ada di sebelah kanan pintu masuk hotel. Kalau dari dalam hotel lewat lobby. Salon buka dari jam 09.00 - 14.00, baik untuk tamu hotel atau umum. Harga paket perawatan tidak mahal kalau dilihat dari kualitas layanannya. Para murid SMK 1 Buduran dengan pengawasan guru, yang mengoperasikan salon ini.

Pas di sebelah Edo Salon, ada Satu Kopi. Coffee Shop ini tempatnya tidak besar tapi cozy. Ada area makan di dalam dan luar ruangan. Saya paling suka di luar ruangan. Lebih banyak tempat duduk. Ada yang berpayung dan ada yang langsung beratap langit. Meski tanpa payung tidak panas. Ada pohon rindang di sebelah Satu Kopi. Kalau duduk di luar ruangan bisa menikmati angin semilir dan lalu-lalang  jalan raya di depannya.

Kopinya enak dan nyaman di lambung. Perut Saya agak rewel kalau berurusan dengan kopi. Hanya kopi tertentu yang bisa Saya konsumsi. Pas coba kopi di Satu Kopi, lambung aman. Kopinya enak semua. Paling enak es kopi. Rasa manisnya pas. Meski es sudah cair dan tidak dingin tetap terasa manis.

Sebelah Satu Kopi ada Pawoen Satoe Restaurant. Tempat ini restoran hotel sebenarnya tapi lokasinya ada di bagian depan hotel. Restoran buffet ini mempunyai area makan di dalam dan luar ruangan. Kalau di dalam tempat makannya luas. Sedangkan di luar ruangan hanya ada 2 set meja kursi. Tempatnya di sebelah kanan dan kiri pintu masuk.

Restoran ini menyediakan aneka masakan Indonesia. Kalau mau pesan masakan Western atau Asia juga bisa. Sayang restoran ini tidak melayani umum. Hanya untuk tamu hotel dan tamu yang mengadakan acara di hotel. Semua masakannya enak. Bikin nagih. Untunglah Restoran Pawoen Satoe menerima pesanan catering untuk umum.

Ada Butik Ageman di Hotel ini. Jika tamu hotel ada acara dadakan dan butuh baju resmi atau casual tak perlu bingung. Mungkin juga saat perjalanan, koper terbawa pesawat lain. Tak perlu risau kalau mau ganti baju. Tinggal datang ke Butik Ageman. Lokasinya di sebelah kiri Hotel EdOTEL. Dekat pintu gerbang masuk ke kawasan Hotel ini.

Butik ini juga melayani pakaian custom. Pada bagian belakang Butik ada studio produksi. Jika beli baju di Butik ini size kebesaran, bisa dikecilkan juga. Butik Ageman juga membuat kain batik. Motifnya bagus, kainnya juga halus. Nyaman di kulit. Kita bisa beli kain batik lembaran. Batik yang sudah jadi pakaian juga ada. Langsung bisa dipakai.       

Pawoen Satoe Restaurant
 
Hall dan Auditorium
Saya sempat menyebut soal hall dan auditorium saat bercerita tentang Restoran Pawoen Satoe. Hotel ini memiliki 2 hall, auditorium dan sebuah meeting room. Kita bisa memesan hanya ruangan saja atau sudah lengkap dengan konsumsi. Berikut ini jenis ruangan yang bisa disewa beserta tarif sewanya.  

1. Dewi Sartika Meeting Room
Harga Rp 550.000 (untuk 5 jam. Over time charge Rp 50.000/jam. Maksimal 2 jam).
kapasitas 35 orang (up)
Include:
- Sound system
- LCD projector

2. R.A Kartini Hall
Harga Rp 2.000.000 (untuk 5 jam. Over time charge Rp 100.000/jam. Maksimal 2 jam).
kapasitas 120 orang (up)
Include:
- Sound system
- LCD projector

2. R.A Kartini Hall
Harga Rp 2.000.000 (untuk 5 jam. Over time charge Rp 100.000/jam. Maksimal 2 jam).
kapasitas 120 orang (up)
Include:
- Sound system
- LCD projector

2. Ki Hajar Dewantara Auditorium
Harga Rp 6.500.000 (untuk 5 jam. Over time charge Rp 200.000/jam).
kapasitas 250 orang (up)
Include:
- Sound system
- LCD projector
- Gratis 2 kamar (Deluxe room dan make up room)

Saat membuat artikel ini jadi ingin staycation. Lumayan banget kalau mau staycation di sini. Lokasinya strategis. Jika sabtu dan minggu pagi banyak penjual makanan di sepanjang jalan depan Hotel Edotel. 

Komentar