Review Drama Korea Doctor Lawyer

Saya tertarik menonton drama korea ini karena temanya dunia kedokteran. Tidak pakai searching review dahulu. Langsung tancap gas nonton. Kalau jelek ya sudah skip saja nanti.  

Dokter Bayangan

Han Yi-han (So Ji-sub) adalah dokter spesialis bedah jantung yang genius. Operasi sesulit apapun sanggup ditaklukkan. Setelah lulus, Yi-han bekerja di rumah sakit besar ternama di Seoul. Sayangnya, selama bekerja di sana, Dia menjadi dokter bayangan. 

Direktur Gu Jin-gi (Lee Gyeung-young) adalah pemilik rumah sakit. Seorang dokter spesialis jantung ternama. Direktur Gu sangat menyayangi Dokter Han Yi-han. Kemampuan Dokter Han menjadi andalan rumah sakit tersebut. Dokter Gu mempunyai anak seorang dokter spesialis jantung juga, yaitu Gu Hyun-seong (Lee Dong-ha).

Sayang, kecakapan dokter Gu Hyun-seong jauh di bawah dokter Han. Bahkan jauh di bawah rata-rata standar dokter spesialis jantung. Bayangkan apa yang terjadi kalau ada pasien dioperasi dokter Gu. Nah, dokter Han ini yang membereskan semua masalah, yang tak terselesaikan oleh dokter Gu. 

Seringkali operasi yang dilakukan dokter Gu harus berhenti ditengah jalan dan harus menunggu dokter Han. Kalau dokter Gu meneruskan operasi dipastikan pasien akan meninggal. Sejelek itulah kapasitas dokter Gu. Lah kok dipertahankan? Ya kan anaknya direktur. Apa kata Bapak ya ok saja.

Pasien Meninggal

Yi-han mempunyai pacar seorang jaksa, Geum Seok-yeong (Im Soo-hyang). Adik Seok-yeong mempunyai sakit jantung bawaan. Geum Seok-ju (Han Seung-bin) sedang menunggu antrian operasi transplatasi jantung. Akhirnya yang ditunggu datang juga. Direktur Gu menawari Seok-ju bisa dioperasi Yi-han khusus di bangsal VIP. Syaratnya Yi-han harus mau mengoperasi seorang pasien VVIP. Tentu saja Yi-han menerima syarat tersebut.

Operasi Seok-ju berlangsung dengan sukses. Selesai operasi, Yi-han mendapatkan panggilan darurat. Pasien VVIP harus segera dioperasi. Yi-han langsung menuju ke bangsal operasi. Padahal saat itu Dia dalam kondisi capek. Operasi jantung kan butuh waktu lama dan ketelitian tinggi. Mau bagaimana lagi. Yi-han terikat lehernya pada Direktur Gu.

Ternyata pasien VVIP sudah siap dimasukkan jantung baru. Direktur Gu sudah melakukan operasi awal. Yi-han tinggal melanjutkan. Operasi sukses. Direktur Gu meminta Yi-han istirahat di apartemen Rumah Sakit. Apartemen ini khusus untuk keluarga pasien VIP. Yi-han menerima tawaran tersebut. Kondisi badannya capek sekali.


Aneka makanan dan minuman sudah tersedia di kamar apartemen. Yi-han makan dan minum sekedarnya lalu tidur. Dokter muda ini tidur lelap sekali. Bahkan di telepon puluhan kali tidak mendengar. Seok-ju dalam kondisi kritis. Tiba-tiba kondisinya henti detak jantung. 

Yi-han segera lari ke ruang perawatan. Segala upaya dilakukan Yi-han agar Seok-ju bangun lagi. Sayang Seok-ju tidak bisa diselamatkan. Yi-han sangat terpukul. Kondisi Seok-ju setelah operasi stabil. Jantung baru juga berfungsi dengan baik. Tidak ada penolakan dari tubuh sama sekali. Kenapa tiba-tiba gagal jantung?

Yi-han berupaya mencari rekam medis Seok-ju pasca operasi. Dia penasaran. Kok bisa langsung drop kondisinya. Sayang upaya ini tak bisa dilakukan. Yi-han dinyatakan bersalah karena mal praktek pada Seok-ju. Yi-han masuk penjara selama proses pengadilan.

Saat di penjara, Yi-han diancam oleh Direktur Gu. Dia dikasih 2 pilihan. Mengaku bersalah di pengadilan atau Ibunya meninggal. Dua pilihan yang sangat berat. Dia tak ingin Ibunya meninggal. Dia juga tidak ingin mengakui kesalahan, yang tidak diperbuat. Kalau Yi-han mengaku bersalah pasti dia akan di penjara dalam waktu lama dan ijin praktek dokter dicabut. Ibunya juga akan tinggal sendirian. Geum Seok-yeong pasti akan membencinya dan juga ibunya.

Yi-han akhirnya memiih untuk mengaku bersalah. Geum Seok-yeong shock. Dia baru saja kehilangan adik. Ternyata pacarnya yang 'membunuh' adiknya. Hancur hatinya. Seok-yeong dan adiknya yatim piatu. Selama ini Yi-han dan Ibunya yang menjaga dan merawat mereka. 

Seok-yeong sebenarnya ragu kalau Yi-han  bersalah. Gadis cantik ini tahu betul kalau Yi-han bukanlah dokter yang akan melalukan mal-praktrek. Seok-yeong tahu betul dedikasi Yi-han pada para pasiennya. Namun Yi-han bersikeras mengaku kalau telah membunuh Seok-ju dengan sengaja.

5 tahun

Yi-han setelah bebas dari penjara, berada dalam titik rendah. Ibunya meninggal, saat dia beradadi penjara. Ibunya meninggal karena ulah anak buah Direktur Gu. Hanya tekad untuk balas dendam yang membuatnya bisa bertahan hidup. Lelaki muda ini belajar keras untuk mendapatkan sertifikat pengacara.

Seiring perjalanan waktu Yi-han menjadi pengacara khusus kasus mal-praktek. Dia mendirikan biro hukum Hope. Yi-han dibantu oleh Jo Da-rom (Jung Min-ah) dan Kang Dae-woong (Jo Hyun-sik). Jo Da-rom seorang mantan reporter. Gadis ini salah satu pasien yang pernah diselamatkan Yi-han. Da-rom sangat ahli dalam urusan penyelidikan dan penyamaran.

Kang Dae-woong adalah perawat kepercayaan Yi-han saat menjadi dokter. Dae-woong satu-satunya orang yang bersaksi kalau Yi-han tidak bersalah. Kesaksiannya malah dianggap bohong dan dipecat dari rumah sakit. Dae-woong dan Yi-han sudah bersahabat sejak SMP. Dae-woong bekerja merangkap semua pekerjaan di Hope. 


Yi-han mengumpulkan semua bukti kematian Seok-ju dan Ibunya selama 5 tahun. Sayang semua bukti fisik sudah dihancurkan. Hanya kesaksian paramedis saja diandalkan. Tentu saja semua paramedis bungkam. Demi keselamatan hidup dan karirnya.

Titik Balik

Sampai akhirnya Yi-han bertemu dengan Jayden Lee (Shin Sung-rok). Seorang pengusaha dari Amerika yang berinvestasi di rumah Sakit Direktur Gu. Jayden meminta Yi-han untuk menjadi pengacaranya selama di Korea. Sekaligus dokter pribadi. Tentu saja Yi-han menolak karena tak punya ijin praktek dokter. Jayden ngotot. Jayden tahu betul reputasi Yi-han selama menjadi dokter. Jayden hanya percaya dr Yi-han selama di Korea.         

Ternyata Jayden juga ingin balas dendam pada Direktur Gu. Pengusaha muda ini mengajak Yi-han bekerja sama. Tujuan Jayden ingin membuat Direktur Gu kehilangan rumah sakit dan kelurganya. Yi-han diminta membantu misi Jayden ini. Imbalannya adalah dukungan penuh pada klinik Hope, yang akan didirikan Yi-han. Plus dukungan penuh untuk segala misi balas dendam Yi-han.

Sebenarnya misi Yi-han bukan sekedar balas dendam. Dia ingin membersihkan namanya. Dia ingin menjalin hubungan yang baik dengan mantan pacarnya. Jaksa Geum Seok-yeong akhirnya mencium juga upaya Yi-han untuk membersihkan namanya. Apalagi mereka bergerak di bidang yang sama. Dunia peradilan lingkupnya sempit. 

Yi-han terpaksa menceritakan semua pada Seok-yeong. Jaksa muda ini minta dengan paksa untuk dilibatkan dalam membuka kejahatan Direktur Gu. Mereka bertiga berjuang keras untuk menggulingkan Direktur Gu. Tidak mudah memang. Tentu saja juga tidak sulit dikerjakan bersama.

Kekuatan drama ini justru saat proses  menggulingkan Direktur Gu. Dua kubu yang sama-sama cerdik dan kuat berhadapan. Saat berhadapan kelihatannya adem ayam. Saling senyum dan ngobrol ramah. Begitu balik badan langsung jungkir balik atur strategi saling menjatuhkan. Definisi bermuka dua yang sebenarnya ada di sini.

Saya suka dengan alur cerita yang cepat di drama Korea ini. Selain itu banyak plot twist. Bikin penasaran terus. Rasanya tak sabar setiap kali menunggu episode berikutnya. Selain jalinan ceritanya yang rapat dan penuh konflik, akting para pemain jempolan. Semua karakter bisa dihidupkan dengan baik. Tak ada yang timpang antara pemain utama dan pemain pembantu. Bahkan cameo pun bisa memberi kesan yang kuat. 

Komentar