Masak Mudah dan Cepat, Resep Ayam Berantakan

Libur telah tiba
Libur telah tiba
Hore... hore... hore...

Ini kalau nyanyi anak-anak. Tentu saja dengan suka cita.
Kalau Emaknya beda lagi nyanyinya.

Libur telah tiba
Libur telah tiba
Pusing... Pusing... Pusing...

Bagaimana lagi. Anak-anak libur sekolah berarti dapur buka 24 jam. Anak-anak pas liburan entah kenapa doyan makan. Masakan apa saja akan habis dalam waktu singkat. Apalagi liburan kali ini pas di musim penghujan. Anak-anak akan merasa lapar terus. Ini berarti stock makanan dan camilan di meja makan jadi double.

Kalau soal bahan makanan bisa diakali pakai bahan yang murah sesuai budget. Tenaga buat masak yang nggak bisa diakali. Harus full power. Rasanya ingin masak yang cepat saja. Sat set, plang plung. Selesai. Tidak perlu lama masak di dapur.

Masak Mudah dan Cepat
Baiklah. Saya penganut paham masak cepat, masak tidak susah, masak tidak ribet. Saya bagi rahasianya, ya. Inilah salah satu resep andalan saya.

Ayam Berantakan
Bahan:
- 5 buah paha ayam
- 1 sachet Lada Kobe
- 1 sachet Saus Tiram Selera
- 2 bungkus Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy 80 gram
- Air secukupnya
- Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:
1. Cuci bersih paha ayam lalu sayat-sayat daging paha ayam. Jangan sampai daging terlepas dari tulang.
2. Campur lada dan saus tiram lalu lumurkan pada ayam. Diamkan selama 10 menit.
2. Siapkan adonan tepung basah. 1 sendok makan Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy ditambah 4 sendok makan air. Aduk rata.
3. Rendam ayam dalam adonan basah. Lalu balurkan ayam kedalam sisa Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy yang kering sambil dicubit-cubit ringan lapisan tepung dengan ujung jari.
4. Siapkan wajan dengan banyak minyak. Ayam berantakan digoreng dalam minyak panas dengan api sedang.
5. Goreng ayam sampai berwarna kecoklatan. Angkat dan sajikan.

Ini tips agar masak bisa cepat. Beli ayam dalam jumlah banyak. Siapkan wadah tertutup lalu bagi ayam dalam porsi sekali masak. Masukkan ayam dalam wadah-wadah tersebut tanpa dicuci terlebih dahulu. Masukkah dalam freezer. Kalau mau masak tinggal keluarkan. Ayam dinetralkan ke suhu ruang. Cuci bersih dan masak sesuai selera.

Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy 
Tips kedua adalah sediakan selalu Tepung Kobe di dapur. Kalai pas ada yang ingin makan ayam goreng lebih mudah. Ayam sudah ada, tepung bumbu Kobe tersedia. Langsung masak. Saya sudah coba berbagai tepung bumbu. Paling cocok di lidah ya cuma tepung Kobe. Suami kok ya lebih suka kalau saya pakai tepung Kobe. Rasa bumbunya pas. Tidak terlalu asin.

Kebetulan kami sekeluarga suka ayam goreng. Saya selalu sedia Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy. Keunggulan tepung bumbu ini adalah diracik dengan formula khusus. Bisa menghasilkan gorengan yang crunchy dan crispy. Ayam goreng yang renyah tahan sampai 8 jam. Bisa menghemat tenaga ini. Tak perlu masak sering-sering. Rasanya pas dan bumbunya lezat. Nah terakhir nih yang paling penting, tanpa bahan pengawet dan tanpa pewarna buatan.

Tepung Kobe ada banyak variannya selain Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy, yaitu Kobe tepung tempe kriuk, Kobe tepung bumbu putih, Kobe tepung serbaguna, Kobe tepung bakwan dan perkedel, dan Kobe tepung pisang goreng.

Lengkap, kan. Ya iya lah. Kan Kobe industri sudah ada sejak tahun 1979. Awalnya adalah industri rumahan di Semarang lalu terus berkembang hingga sekarang. Loh. Kok Semarang. Saya pikir Kobe ini perusahaan Jepang. Waduh ternyata saya salah sangka. Apakah Anda sama seperti saya?

Kobe memang identik dengan nama kota di Jepang. Padahal aslinya KOBE adalah singkatan dari Kata Orang Banyak Enak. Iya juga sih. Kobe ahlinya tepung bumbu dari dulu sampai sekarang.

Anda baru tahu asal usul Kobe Tepung?
Sa-ma. Saya juga. Kalau soal Kobe tepung enak bukan baru tahu kan?

Eh, iya. Resep ini saya dapat dari Dapur Kobe. Kalau mau cek resep lainnya bisa di website Dapur Kobe. Banyak sekali resep masakan mudah dan cepat, yang bisa kita coba. Mumpung liburan. Biar nggak kehabisan ide kalau pas masak.

Foto: http://www.dapurkobe.co.id/

Komentar

  1. Tepung produk Kobe membantu memasak kuliner jadi lebih maksimal menggugah selera makan

    BalasHapus
  2. Nah, samaan nih dengan saya, Kak.Saya pikir ini dari perusahaan luar, atau Jepang gitu. Ternyata semarang. Bangga deh kalau gitu sebagai warga Indonesia

    BalasHapus
  3. Aku juga suka tepung kobe, paling suka tepung buat tempe mendoan, karena hasilnya mendoannya jadi enak banget, kering di luar tapi enggak keras.

    BalasHapus
  4. Saya paling gak bisa kalo disuruh masak... Mending disuruh cuci piring deh. Tapi setelah baca tips dan resep berbahan ayam dan tepung kobe, entah kenapa, jadi pingin masak...

    BalasHapus
  5. Masak dengan Kobe memang selalu menghasilkan yang enak ya. Saya termasuk tidak pandai masak. Dengan adanya tepung siap saji Kobe semua terbantu termasuk buat ayam goreng,keren deh Kobe

    BalasHapus
  6. wah nama ayamnya unik, hehehe


    tepung Kobe mah selalu ada di dapur saya, mulai dari ayam, tempe, tahu, ikan sampai sayuran seperti brokoli, biasa saya lumuri tepung kobe

    rasanya ......mantap!!

    BalasHapus
  7. Ya Allah.. Sempet mikir ayam berantakan apaan? Ternyata ayam goreng tepung yaa.. Hahaha.. Luci babget namanya. Baru tau deh kalau marinasi ayamnya oakai saus tiram. Hmm.. Boleh aha one day dicoba, secara saya kalau marinasi pakai jahe baput lada garam dan kaldu. Ga pernah pakai saus tiram.

    BalasHapus
  8. Ampun dah, baca judul jdi penasaran apa itu ayam berantakan. wqwqq. Mantap ini, Kobe memang andalan. bisa dicoba nih kak. Makasih resepnyaa

    BalasHapus
  9. waaaah oke juga nih nyobain resep ayam berantakan, dari judulnya aja aku udah penasaran, besok mao coba praktekkiin ah

    BalasHapus
  10. saya juga sering pakai tepung kobe kak, gurih banget soalnya dan bisa jadi kayak ayam krisp abang-abang

    BalasHapus
  11. Tepung kobe ini adalah salah satu bumbu dapur kami di rumah. Sangat berkualitas di kelasnya dan sangat kami sukai sekali,

    BalasHapus
  12. Sepintas baca brand ini produk buatan jepang, eeh taunya asli Indonesia.
    Pernah cobain makan goreng ayam pake bumbu kobe, rasanya mantep bgt

    BalasHapus
  13. Tepungnya sama kita ya. Aku juga pake kobe. Cruncy bangetm tapi judulnya iy loh. BERANTAKAN?

    BalasHapus
  14. Pengetahuan soal kreasi resep masakan emang penting dipelajari, baik di lingkup keluarga atau berikan pengalaman kpd anak-anak.

    Btw, resep ayam berantakannya mudah banget ya dipraktekan, dan bisa untuk membuka usaha rumahan juga. Makasih inspirasinya, entar kalo ada waktu mau eksekusi di rumah.

    BalasHapus
  15. Wah ayam berantakan unik juga ya namanya. Soalnya saya baru dengar. Saya tahunya ayam crispy aja. Tepung KOBE ini cocok digunakan untuk kreasi ayam ya kak

    BalasHapus

Posting Komentar