Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo

Apa sudah berani pergi ke tempat wisata?
Saya sudah berani tapi... 
Ada syaratnya. Apa itu?
Saya hanya berani mengunjungi tempat wisata outdoor pada hari dan jam sepi pengunjung.
Insyaa Allah lebih aman dengan menghindari kerumunan. 

Tempat wisata yang berani saya kunjungi selama pandemi adalah taman kota dan Pantai Pasir Putih Situbondo. Kok jauh amat dari Surabaya. Kebetulan ada urusan di Probolinggo. Setelah urusan selesai langsung lanjut ke Pantai Pasir Putih.

Sepanjang jalan dari Probolinggo sampai Situbondo sebenarnya ada beberapa Pantai. Kenapa saya lebih suka ke Pasir Putih Situbondo? Ada beberapa alasan, yaitu:

Pantai dan Air Laut Bersih
Bila datang ke tempat wisata yang kotor atau penuh sampah tentu tidak nyaman. Keunggulan utama Pantai Pasir Putih Situbondo adalah pantai yang bersih. Pasirnya bersih. Air lautnya juga bening dan bersih. Pantai ini termasuk laut utara jadi ombaknya tidak tinggi. Relatif aman buat berenang. Kecuali pada pagi hari saat pasang, ombaknya lumayan kuat. 

Bagi Anda yang belum nyaman berenang di laut bisa menggunakan bantuan pelampung atau ban. Kalau tidak punya atau lupa bawa dari rumah bisa sewa di sini. Banyak persewaan ban di pinggir Pantai. Mulai yang kecil hingga ukuran paling besar. Harganya bervariasi Rp 10.000 - Rp 30.000. 

Selain berenang bisa juga naik kano. Ada persewaan kano untuk satu atau dua orang. Harga persewaan kano Rp 30.000 - Rp 50.000. Pasir Putih Situbondo juga mempunyai terumbu karang dan ikan laut yang cantik. Kalau mau melihat ya harus ke tengah laut dulu. Anda bisa sewa kapal nelayan Rp 200.000 untuk sekali jalan.

Anda bisa menyelam dan melihat pemandangan bawah laut. Kalau tidak punya peralatan selam bisa snorkeling. Lautnya sangat jernih. Tak perlu menyelam sampai bawah sudah kelihatan pemandangan cantik biota laut. Ada persewan alat selam juga di sini. Sewa alat selam lengkap sekitar Rp 200.000. Harga bervariasi tergantung kualitas alat selam dan jumlah penyewa. Semakin banyak antrian yang sewa semakin mahal harganya.

jika tak bisa menyelam? Tenang saja. Beberapa kapal nelayan dilengkapi dengan lantai kaca di bagian tengah kapal. Kita bisa lihat langsung biota laut sambil duduk santai di perahu. Pas di daerah terumbu karang cantik kapal akan dihentikan. Kita bisa leluasa menikmati pemandangan bawah laut.

Kalau yang tidak ada lantai kaca disediakan kotak dengan sisi bawah ada kacanya. Pas di spot terumbu karang tinggal turunkan kotak kaca di pinggir kapal. Pemandangan terumbu karang dan aneka ikan cantik langsung kelihatan. 

Banyak Penjual Makanan
Banyak penjual makanan kaki Lima di pinggir pantai. Berdekatan dengan pagar pembatas hotel atau di area pintu masuk. Penjual makanan  tersebar di semua penjuru Pantai Pasir Putih Situbondo. Jarak antara satu penjual dengan penjual yang lain berdekatan. 

Ada 3 menu yang biasanya dijual, yaitu bakso, rujak madura dan sate laler (lalat). Ini makanan yang selalu tersedia berlimpah di sini. Bakso dan sate laler harganya Rp 12.000 - Rp 15.000/porsi. Kalau rujak Madura Rp 8.000 - Rp 10.000/porsi. Sate laler ini adalah sate ayam yang dagingnya kecil-kecil. Bukan sate lalat.

Makanan lain ada? Ada juga. Banyak warung pop mie. Saya bilang begitu karena penjual hanya menyediakan pop mie dan air panas di sebuah meja kecil. Selain itu setiap hotel ini ada restaurant yang dibuka untuk umum. Pengunjung yang tidak menginap bisa makan di situ.

Mau makan aneka menu seafood? Bisa juga. Tinggal menyebarang jalan di depan pintu masuk tempat wisata ini. Ada banyak depot makanan laut di sepanjang jalan. Tinggal jalan kaki saja dan pilih menu yang disukai. Ikan laut masih segar hasil tangkapan nelayan langsung. Mayoritas tempat makan di sini menjual hidangan laut.

Hotel Pinggir Pantai
Belum puas main di laut?
Tidak ingin pulang dulu?
Tak masalah. Anda bisa menginap di Pantai Pasir Putih Situbondo. Ada banyak hotel di sebelah kiri dan kanan area wisata Pantai Pasir Putih Situbondo.

Harganya pun bervariasi. Mulai dari Rp 200.000 - Rp 900.000. Rata-rata penginapan di sini diperuntukkan untuk keluarga. Tempat tidurnya pakai king size. Kalau yang twin bed, tempat tidurnya bukan nomer 3 yang kecil. Bisa untuk tidur 2 orang. Satu kamar bisa diisi 4 orang. Lumayan irit kan? Meskipun harganya murah tapi nggak murahan.

Semua hotel di sini menghadap ke laut. Masuk ke hotel memang dari pinggir jalan raya Situbondo-Banyuwangi tapi hanya lobby saja yang menghadap jalan raya. Kamar hotel menghadap ke laut. Setiap hotel selalu ada jalan tembusan langsung ke pantai. Buka pintu bisa langsung nyebur ke laut. Buka jendela kamar, mata langsung lihat birunya laut. Asyik kan? Anda akan betah berlama-lama menginap di Pantai Pasir Putih.

Hotel di sini termasuk bintang 3. Sudah nyaman untuk menginap dengan harga terjangkau. Ada hotel yang menyediakan sarapan untuk 2 orang per kamar. Meski begitu tidak semua hotel menyediakan sarapan. Saat memesan kamar hotel pastikan dulu akan dapat sarapan atau tidak. Meski tak dapat sarapan dari hotel tak perlu bingung. Penjual makanan di pinggir pantai sudah ada yang buka sejak jam 6 pagi. Mayoritas adalah penjual sate laler yang jualan paling pagi.

Beberapa hotel membuka tempat parkirnya untuk pengunjung umum. Meski tidak menginap masih bisa parkir dan masuk ke pantai lewat pintu tembusan. Tak perlu bayar tiket masuk. Hanya bayar parkir saja. 

Buka 24 jam
Pantai Pasir Putih Situbondo secara resmi memang buka jam 06.00 - 18.00 WIB. Ini bagi Anda yang masuk lewat pintu gerbang area wisata. Kalau Anda yang masuk lewat hotel atau menginap di hotel bisa menikmati pantai ini 24 jam.

Hanya saja di sepanjang pantai tidak ada lampu penerangan. Hanya mengandalkan lampu yang ada di hotel. Asalkan ada di dekat hotel masih tak masalah kalau mau duduk-duduk di pasir pantai. Asal jangan berenang. Riskan. Khawatir kalau ada ubur-ubur atau binatang berbahaya. Jika ingin memancing di malam hari juga tak masalah.

Perlu diingat, tidak ada petugas pengawas Pantai kalau malam hari. Keselamatan harus dijaga sendiri. Tidak ada penjual atau penduduk lokal yang berada di pantai saat malam hari. Mungkin ada beberapa orang nelayan yang akan melaut. Itupun jarang. Kalau saya pribadi sih lebih baik tak perlu berkeliaran di pantai saat malam hari. Cukup duduk-duduk di dekat pagar pembatas hotel. Toh nanti saat pagi sampai sore bisa puas main di pantai lagi.

Transportasi Mudah
Jika ingin berwisata ke Pantai Pasir Putih Situbondo bagaimana caranya?
Gampang.
Bila naik kendaraan umum, Anda bisa naik bis jurusan Banyuwangi atau Denpasar. Lalu turun di depan pintu gerbang Pantai Pasir Putih Situbondo. Anda langsung jalan masuk. Pintu gerbang di pinggir jalan jalur utama Surabaya - Banyuwangi.

Bagi Anda yang naik kendaraan pribadi dan menggunakan jalan tol. Lebih baik keluar di pintu Tongas. Lalu dilanjut 'jalan bawah' menuju ke Situbondo. Jalur ini lebih cepat daripada Anda turun tol di pintu Probolinggo. Jalannya lebih memutar. Kalau keluar tol di pintu Tongas jalur lebih pendek dan bisa menghemat waktu.

Selamat berwisata jangan lupa tetap jaga protokol kesehatan. 

Komentar