Morning Routine di Hari Libur

Bagi Ibu Rumah Tangga hari libur itu adalah hari yang paling bahagia. Kami bisa sedikit refreshing. Kalau buat saya, hari libur berarti harinya saya. Ini artinya saya tidak mengerjakan pekerjaan rumah sama sekali dan bisa melakukan apa saja untuk menyenangkan diri sendiri. Me time seharian.

Kapan hari libur itu?
Hari libur versi saya? 
Bukan sabtu, minggu, tanggal merah atau masa liburan. Hari libur saya datang saat suami luar kota atau saat saya sendirian di rumah.
Kapan itu?
Ya sewaktu-waktu. Bisa hari kerja atau akhir pekan. Kadang bisa selama beberapa hari bisa juga sampai seminggu. Bahkan lebih.

Saat liburan ngapain saja?
Banyak hal yang bisa saya kerjakan saat punya banyak waktu tidak mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Sama dengan Anda yang kerja di Kantor. Kalau pas libur jadi banyak waktu untuk mengerjakan 'pekerjaan sendiri'.

Bisa panjang kalau saya menceritakan kegiatan saat hari libur. Saya akan cerita morning routine saat libur saja ya. Biar lebih singkat. 

1. Olahraga Pagi
Hari libur bangun siang?
Big No. Hari libur bagi saya, artinya tak perlu masak. Jadi saya bisa menikmati waktu untuk olahraga sepuasnya. Mau sejam, dua jam atau berjam-jam. Bebas merdeka.

Olahraga yang saya lakukan bukanlah olahraga berat. Bisa dibilang sebagai olahraga rekreasi. Olahraga santai sambil rekreasi. Biasanya jalan kaki keliling komplek atau numpang keliling ke tetangga komplek. Jalan kaki santai saja. Kalau ingin agak jauhan ya naik sepeda. Kayuh pelan-pelan sambil menikmati pemandangan.

Kebetulan di dekat rumah masih ada sawah. Jadi ya bisa jalan pagi sekaligus cuci mata. Lumayan bisa menyegarkan mata sejenak sambil melihat yang ijo-ijo. Selama pandemi, semakin banyak yang olahraga setiap pagi. Meski hari kerja tetap saja masih banyak. Lebih nyaman karena banyak temannya. Jadi lebih bersemangat dan tidak cepat capek. 

2. Berburu Sarapan
Saya sudah cerita di atas kalau libur acara masak. Dapur tutup sementara. Urusan makan pagi, siang, sore dan camilan harus beli nih. Maka hari libur berarti waktunya berburu makanan. Rencana awal biasanya hanya beli makan untuk sarapan. Kenyataannya tentu tidak. Seringkali silap mata dan sekalian beli makanan untuk siang dan sore. Plus camilan.

Sekalian. Mumpung keluar rumah. Biasanya jalan pagi atau sepedaan sekalian berburu makanan.
Kenapa tidak beli online?
Saya lebih suka beli offline. Kalau ada penjual baru sekalian bisa uji rasa. Nah kalau urusan coba-coba ini biasanya pakai feeling. Saya tidak bisa pakai feeling kalau beli online. Hanya dengan melihat gambar.

Kalau beli offline akan dapat insting rasanya. Bisa lihat penampakan tempat penjualannya. Bisa lihat langsung makanan yang dijual. Bagaimana cara penjual melayani pelanggan. Aroma masakan yang tercium bisa mempengaruhi feeling juga. Makanannya kira-kira enak atau nggak ya. Inilah kenikmatannya berburu makanan secara offline. Bukan sekedar beli makanan tapi sambil mengasah feeling beneran enak atau nggak makanannya.

Biasanya pas olahraga pagi sekalian berburu makanan. Kadang kalau sudah masuk rumah males mau keluar lagi. Olahraga pagi rutenya bisa jauh jika sambil berburu makanan. Lumayan bisa membakar banyak kalori. Pas makan lebih tenang karena kalori sudah banyak yang terbuang. Tunggu. Kalau ini sih alasan saja. Modus biar bisa makan banyak. 

3. Me Time
Hari libur saatnya me time. Bisa me time sepanjang hari. Namanya juga hari libur bebas merdeka meski me time dilakukan sejak pagi hari. Biasanya ada tiga kegiatan yang saya lakukan saat libur, yaitu nonton drama Korea, berkebun atau baca buku. Pelaksanaannya sih tergantung mood saja. Setelah sarapan langsung deh eksekusi.

Kalau banyak drama Korea yang bagus ya bisa seharian maraton nonton drama Korea. Jika tangan mulai gatel lihat tanaman, ya sudah berkebun dari pagi. Kadang bisa juga baca buku dari pagi. Kalau nonton drama Korea dan baca buku bisa seharian. Berkebun nih yang tak mungkin seharian. Kalau siang kan panas. Berkebun hanya dilaku pagi hari saja. Siang sampai malam bisa nonton dramabKorea atau baca buku.

Memangnya tidak capek kalau nonton drama Korea atau baca buku seharian?
Tidak.
Namanya juga sudah cinta. Jika melakukan sesuatu yang dicintai tentu saja tidak akan terasa capek. Malah rasanya waktu berjalan cepat. Loh kok sudah siang. Wah kok sudah malam.

Nah itu tadi morning routine saya kalau pas libur. Biasa saja memang tapi bagi saya sangat luar biasa. Ibu rumah tangga kalau bisa libur dari pekerjaan rumah tangga dan pekerjaan lainnya tuh bahagia banget. Bisa bebas melakukan apa yang kita suka. Sesuatu yang kadang sangat kita inginkan tapi harus ditunda dulu. Demi menjaga stabilitas rumah tangga.




Komentar

  1. Seharian ngedrakor ini trakir kali sebelum punya anakšŸ¤­ dari pagi sampe pagi malah. Sekarang sih gak memungkinkan lagi

    BalasHapus
  2. me time nonton drakor dan berkebun ini semacam me time sejuta umat ya mbak, memang benar-benar menyenangkan

    BalasHapus

Posting Komentar