Resep Tongkol Suwir Oseng Tempe

Saya dapat kiriman ikan tongkol dari Adik. Dia baru pulang mancing dari Tulungagung dapat tongkol besar. Rencana awal, saya akan masak acar asem-asem atau bumbu mangut. Ternyata ada pekerjaan lain yang harus saya selesaikan. Plus butuh segera diselesaikan.

Ya sudahlah si tongkol dimasak cepat saja. Tongkol oseng dengan  tempe. Sebenarnya tongkol bisa dipotong dadu. Berhubung masakan ini nantinya untuk bekal makan suami juga. Ya sudah akhirnya saya suwir biar gampang makannya. 

Selain itu juga akan dimasak oseng kering. Biar bekal makan cepat tidak basi. Bisa dimakan sore atau bahkan malam. Jaga-jaga kalau bekal ini baru bisa dimakan lebih dari jam makan siang. Berikut ini resep tongkol suwir oseng tempe.


Tongkol Suwir Oseng Tempe

Bahan:

Ikan Tongkol

Tempe

Bawang merah

Bawang putih

Cabai rawit

Cabai besar

Daun jeruk

Daun salam

Kecap manis

Saos tiram

Garan dan gula secukupnya


Cara memasak:

1. Idealnya ikan tongkol dikukus dulu biar empuk dan bumbu gampang meresap. Berhubung tidak ada kukusan di rumah mertua. Jadi saya merebusnya. Sama saja sebenarnya. Namun kalau ikan tongkol direbus waktunya lebih lama. Sekitar 20-30 menit. 

Patokan waktu ini tidak wajib. Tergantung juga pada ketebalan daging dan kualitas ikan. Kalau ikan tongkol segar lebih cepat empuk. Bila daging ikan tongkol sangat tebal juga butuh waktu yang lama untuk merebus. Kebetulan saya dapat ikan tongkol yang sebesat paha orang dewasa. Jadi ya agak lama merebusnya. Kalau ikan setebal ini bila dikukus kira-kira membutuhkan waktu 30 menit.

2. Sambil menunggu rebusan atau kukusan ikan tongkol potong dadu tempe. Lalu goreng setengah matang. Kalau saya lebih suka digoreng matang tapi tidak kering. Ini soal selera. Ada juga yang lebih suka langsung tempe mentah dimasukkan saat mulai menumis. 

3. Siapkan bumbu-bumbu juga. Kupas dan rajang bawang merah serta bawang putih. Rajang juga cabai rawit dan cabai besar. Kalau mau cabai rawit diutuhkan saja tak masalah. Cuci daun jeruk dan daun salam.

4. Setelah ikan tongkol empuk tiriskan. Jika mau langsung disuwir bisa pakai garpu. Kalau mau disuwir pakai tangan tunggu biar agak dingin dahulu. Kita kan bukan Limbad ya. Kalau saya biasanya disuwir pakai tangan. Saya suwir daging tongkol mengikuti tekstur seratnya. Jadi nggak hancur nanti kalau pas ditumis.  

5. Panaskan wajan dengan sedikit minyak. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan cabai besar. Jika bawang merah sudah layu dan bawang putih kecoklatan masukkan sedikit air. Remas daun jeruk dan daun salam lalu masukkan ke wajan. Tambahkan juga kecap manis dan saos tiram. 

Masukkan ikan tongkol suwir dan tempe. Aduk sampai bumbu merata. Tambahkan air jika tongkol suwir dan tempe tidak terendam semua. Airnya bisa menggunakan kuah kukusan atau rebusan ikan tongkol. Tutup wajan. Biarkan bumbu meresap. Masak dengan api sedang.

6. Tunggu sampai matang dan bumbu meresap sempurna. Ini soal selera. Mau tumis yang kering atau yang ada kuah nyemek-nyemek. Cicipi dan koreksi rasa. Tadi sudah pakai kecap manis dan saos tiram. Sudah ada unsur manis dan asin. Kalau memang masih kurang terasa gurihnya bisa ditambahkan garam dan gula sebagai ganti penyedap rasa. Aduk merata.

7. Jika rasa tongkol suwir oseng tempe sudah enak. Matikan api. Segera angkat dari wajan. 

NOTE : jika ingin menambahkan garam dan gula beberapa saat sebelum mematikan api kompor. Jangan saat ditengah proses masak. Apalagi saat air masih banyak. Nanti bisa keasinan. 

Mudahkan cara bikin tongkol suwir oseng tempe. Tidak membutuhkan waktu lama. Tinggal masuk-masukkan saja dalam wajan. Selamat mencoba dan menikmati bersama keluarga.    



Foto: koleksi pribadi

Komentar