5 Tempat Wisata Impian yang Ingin Dikunjungi

Setiap orang pasti punya tempat impian yang sudah lama didambakan. Tempat wisata yang ingin dikunjungi suatu saat nanti. Saya punya 5 tempat wisata yang selama ini sangat ingin saya kunjungi. Semoga saya bisa segera mengunjungi kelima tempat berikut ini:

1. Mekkah dan Madinah

Saya dari dulu ingin sekali naik haji di usia muda. Sewaktu Bapak dan Ibu naik haji beliau cerita kalau lebih baik haji saat masih muda. Kondisi fisik tubuh masih bagus. Prosesi ibadah haji memang menggunakan fisik semuanya. Kondisi tubuh harus dalam kondisi bagus. 

Kebetulan Bapak dan Ibu ini hobinya sama dengan saya, jalan-jalan dan makan. Setelah semua ibadah wajib dan sunnah selesai, Beliau berdua selalu jalan-jalan. Setiap kali selesai sholat di masjid lanjut jalan-jalan keliling. Wisata kuliner atau sekedar hunting foto. Terkadang pergi dengan beberapa teman naik taxi ke tempat-tempat wisata.

Saat kembali ke rumah, banyak sekali cerita tentang tempat atau makanan enak di Madinah dan Mekah. Saya kan malah jadi pengen segera ke sana. Semoga ada rejeki biar bisa ikut haji furoda. Kalau harus ikut haji reguler wah antriannya lama banget. Saya sudah pengen banget melihat langsung dan sholat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi .

Kenapa tidak umrah saja. Haji kan wajib. Kalau umroh kan sunah. Saya lebih memilih uangnya ditabung saja buat naik haji. Yang penting wajib dulu dijalankan. Bila sudah haji semoga dikasih rejeki bisa umrah berkali-kali bareng keluarga. Biar bisa jalan-jalan bareng sekeluarga. Aamiin.  

2. Turki

Saya sebenarnya sudah lama sekali ingin wisata ke Turki. Negara ini unik karena mempunyai perpaduan budaya Eropa, Timur Tengah dan Asia. Banyak gedung yang indah. Perpaduan arsitektur Eropa yang megah, Timur tengah yang detail dan Asia yang unik. 

Semakin ingin mengunjungi turki semenjak Presiden Ordogan menjabat. Serasa kembali ke jaman Khilafah Utsmani. Islam menjadi nadi kehidupan masyarakat Turki. Apalagi setelah ada berita kalau Hagia Sophia kembali dijadikan masjid. Gimana ya rasanya bisa sholat di masjid ini? Tempat Muhammad Al Fatih pertama kali menjadi imam sholat jum'at setelah menaklukkan Konstatinopel. Saya memang nge-fans banget sama Beliau. 

Saya juga ingin banget ke Masjid Biru. Saya selalu terpesona dengan arsitektur masjid ini setiap melihat foto dan videonya. Masyaa Allah cantik banget. Salah satu impian saya adalah ingin menikmati senja di Urgup. Banyak restoran outdoor di tempat ini. Pengen banget bisa makan berdua sama suami sambil menikmati senja. Semoga bisa terwujud suatu saat nanti ke Turki bareng keluarga. Aamiin.

3. Cordoba dan Granada

Kenapa ingin ke Spanyol? karena ingin mengunjungi kota Granada dan Cordoba. Saya pertama kali tertarik dengan dua kota ini saat membaca novel 99 Cahaya di Langit Eropa. Banyak jejak kejayaan Islam di Eropa yang ada di dua kota ini. Sebenarnya ada 3 kota lagi yang menjadi sentral Khalifah Umayyah di Andalusia saat itu, yaitu Sevilla, Toledo dan Madrid.

Saat itu Cordoba sebagai pusat pemerintahan. Sevilla sebagai penghasil bahan pangan dan memasok bahan pangan ke seluruh Spanyol. Sedangkan Toledo dan Madrid sebagai garda depan pusat pertahanan. Namun yang lebih terkenal sampai saat ini sebagai kota peninggalan Islam adalah Cordoba dan Granada.

Saat Cordoba mulai mengalami resesi ekonomi dan pemerintahan, muncul banyak 'kerajaan' kecil. Salah satunya adalah Granada yang dipimpin seorang muslim. Saat Cordoba runtuh banyak penduduk muslim yang pindah ke kota Granada.

Granada tumbuh pesat menjadi pengganti Cordoba. Kejayaan Islam di Eropa yang redup mulai bangkit lagi. Setelah Granada runtuh tidak ada lagi kota Islam yang bersinar di Eropa. Granada adalah kota terakhir Islam di Spanyol. 

Saat ini Cordoba dan Granada menjadi tempat tujuan wisata paling banyak dikunjungi di Spanyol. Meski masyarakat muslim tidak banyak di kedua kota tersebut tapi wisata Islami menjadi andalannya. Granada yang paling terkenal karena ada Istana Alhambra. Istana merah yang cantik peninggalan dinasti Bani Ahmar.   

Apalagi sejak jadi tempat syuting drama Korea Memories of Alhambra. Makin hits saja kota Granada. Terutama Istana Alhambra. Saya ingin sekali jalan-jalan keliling kota Granada.

4. Jepang

Saya ingin ke Jepang saat baca komik Topeng Kaca. Saat itu saya ingin sekali pergi ke Hutan Maple,  tempat Maya Kitajima dan Ayumi Himekawa main drama Bidadari Merah. Di komik itu digambarkan kalau warna air merah karena terkena efek pantulan daun maple. Batin saya, keren banget.

Dulu, cita-cita saya ke Jepang hanya ingin melihat daun Maple di pohonnya. Lalu saya mulai sering lihat channel Waku-Waku Japan. Ternyata banyak rumah-rumah tradisional di Jepang, yang masih dipertahankan sampai sekarang. Bahkan ada beberapa perkampungan tradisional yang dilestarikan dan dijadikan tempat wisata.

Orientasi saya ke Jepang mulai berubah. Saya ingin melihat secara langsung arsitektur, interior rumah tradisonal Jepang serta lanskap taman tradisional. Sama dengan rumah tradisional Indonesia. Setiap bagian rumah mempunyai arti yang mendalam. Pembangunan dan design rumah penuh dengan filosofi kehidupan.   

5. New Zealand

Dahulu saya tidak seberapa tertarik tentang New Zealand. Saya mulai jatuh cinta dengan new Zealand sejak nonton The Lord of the ring ke 1. Pegunungan, hutan dan padang rumput yang menjadi setting film ini bikin terbayang terus. Saya jadi penikmat sejati sekuel film ini dari pertama sampai terakhir. Berkali-kali nonton tak pernah bosan. 

Apalagi ada temna yang kuliah di sana. Kami sering ngobrol tentang alam New Zealand. Kata teman saya, negara rasa pedesaan. Saya bahkan sampai daftar beasiswa untuk kuliah S2 ke New Zealand. Pas sudah keterima, yang saya lakukan adalah menyusun rencana traveling keliling New Zealand. Tobat. Sayang saya harus membatalkan untuk berangkat ke sana. Kondisi Ibu tidak memungkinkan kalau saya tinggal sendirian di rumah.

Pernah saya diledek teman, "Wong lihat gunung ngapain jauh-jauh ke New Zealand. Indonesia itu loh punya banyak gunung." Iya sih benar juga. Bukan berarti gunung dan pegunungan di Indonesia tidak indah. Namun gimana ya. Gunungnya tuh beda. Lebih bule. Ada saljunya juga kalau winter.

Namanya juga cinta ya. Ada saja alasannya. Namanya juga impian ya. Ada ada alasannya untuk selalu diidamkan. Namun masih masuk akal kok. Tidak terlalu halu kan? Harapan saya semoga saja bisa segera ke tempat-tempat yang jadi impian saya selama ini. Saya ingin mengunjungi tempat-tempat tersebut bersama keluarga. Aamiin. 



Foto : koleksi pribadi

Komentar

  1. Saya selalu takjub dengan Turki. Memang daya tariknya secara nggak sadar bikin kita ingin ke sana.
    Pernah nonton tayangan jalan-jalan ke Turki. Tapi blusukan. Melihat Turki ketika blusukan malah lebih menarik lagi. Saya masih ingat lho, Bu, waktu host-nya tawar-menawar kain di Turki. MasyaAllah, indah-indah kainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaaa Mbak. Aku jadi pengen banget nih ke Turki. Terbayang serunya bisa blusukan gitu. Eh iya kain-kain Turki indah-indah ya bu. Motif dan warnanya itu loh cakep.

      Hapus
  2. Mekah dan Madinah itu kayaknya impian semilyar umat muslim banget ya Mbak :)
    Sayapun, masha Allah, semoga Allah izinkan bisa ke sana dengan mengajak mama saya, aamiin.

    Nah yang New Zealand tuh keren banget kayaknya, kalau liat pemandangannya di medsos atau di mana gitu, rasanya kok damai, segar, ijo-ijo, indah sekali :)

    Cordoba dan Granada juga keren banget kayaknya, baru ngeh dong saya setelah baca ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita bisa segera haji ya Mbak. Sapa tahu barengan. kita ketemuan di Mekah atau Madinah. Aamiin yaa mujibassaillin.

      Iya banget. Sama. Kalau lihat foto-foto atau video tentang New Zealand rasanya hidup damai banget.

      Semoga kita bisa segera ke Cordoba dan Granada ya Mbak. Aamiin.

      Hapus

Posting Komentar