Setiap Orang Adalah Pahlawan

Semua yang terjadi di dunia ini tidak ada yang kebetulan. Entah siapa, ada dimana, bertemu siapa. Semua sudah ditentukan. Saat ruh ditiupkan pada janin di rahim. Saat itu pula takdir kehidupan kita digoreskan untuk seumur hidup.

Saya sedang duduk di Taman Bungkul Surabaya. Hari ini sedang banyak pengunjung. Beberapa Bapak dan Ibu yang membawa sapu dan karung plastik bertali berjalan hilir mudik sambil menyapu. Sepanjang pagi hingga siang. Para petugas kebersihan di kota Surabaya, dikenal dengan sebutan Pasukan Kuning. Sesuai dengan warna seragam kerjanya. 

Dulu para pasukan kuning Surabaya hanya dipandang sebelah mata. Keberadaannya nyaris tak kentara. Meski selalu terlihat membersihan sampah di pinggir jalan atau trotoar. Hasil kerja keras para pasukan kuning ini sudah kentara. Banyak taman kota yang terlihat rapi dan apik. Seantero penjuru jalanan Surabaya nyaris selalu bersih. Apalagi saat Bu Risma menjadi walikota Surabaya. Para Pasukan Kuning kesejahterannya diperhatikan. Gajinya UMR dan tunjangan kesehatan lengkap.

Setiap Orang adalah Pahlawan
Kenangan saya terlempar beberapa tahun yang lalu. Saya hadir di sebuah acara perayaan. Ada seorang motivator yang menjadi pembicara utama. Tiba-tiba si motivator menghampiri seorang penonton.

"Ibu pekerjaannya apa?"
"Saya cuma tukang sapu, Pak. Pasukan Kuning." jawab Ibu tersebut sambil tertunduk.
"Lhoo kok CUMA. Ibu itu bermanfaat untuk orang banyak. Kalau nggak ada Ibu dan teman-teman Ibu, ambyar. Surabaya nggak akan bersih. Setiap orang yang bermanfaat untuk orang lain adalah seorang Pahlawan."

Ucapan beliau ini tertanam di benak saya. Sekecil apapun manfaat yang sudah Anda berikan pada orang lain. Maka Anda adalah seorang pahlawan. Anda sudah berjasa merubah seseorang atau kehidupan seseorang menjadi lebih baik. Tak peduli siapapun Anda, apapun yang Anda lakukan. 

Tidak ada pekerjaan yang tidak penting di dunia ini. Setiap orang mempunyai ukuran 'penting' yang berbeda-beda. Sesuatu yang dianggap tidak penting bagi seseorang bisa jadi adalah hal yang sangat penting bagi orang lain. Semua itu hanya masalah 'ukuran' dari setiap orang yang berbeda-beda.

Setiap orang mempunyai peranan masing-masing. Apapun pekerjaannya. Pasti berguna buat orang lain. Bukannkah Allah Subhanallahu Wa Ta'alla tidak akan memciptakan apapun yang sia-sia. Sekecil apapun makhluknya pasti mempunyai manfaat untuk kegidupan yang lain. Begitupun juga dengan manusia. Mungkin  kita pernah mengganggap pekerjaan seseorang itu pekerjaan yang remeh. Tidak penting sama sekali. Suatu saat kalau para pekerja itu tidak ada, pasti ada yang kelimpungan.

Jangan pernah berkecil hati jika pekerjaan Anda dianggap tidak penting oleh seseorang. Mungkin saja malah ada puluhan, ratusan atau bahkan ribuan orang yang menganggap sangat penting pekerjaan Anda. Tetaplah bekerja dan bermanfaat untuk orang lain. Bisa jadi Anda dianggap pahlawan bagi orang lain. Seorang pahlawan yang mampu mencerahkan hidupnya atau menerangi gelapnya jalan kehidupan seseorang.

Tetap Semangat! Selama nyawa masih dikandung badan.

Komentar

  1. semangat untuk para pejuang yang tak terlihat, Tuhan pasti membalas semua kebaikan kita yaa

    BalasHapus

Posting Komentar