Warung Rica Menthok Pak Waras Karang Pilang Buka 24 jam

tempat makan surabaya buka 24 jam


Saya berkenalan dengan warung ini secara tidak sengaja. Waktu itu pulang dari Jakarta. Saat di Bandara sudah terasa lapar tapi tak selera melihat aneka makanan yang ada. Saya langsung menemui suami yang sudah menjemput di pintu keluar. Ternyata suami juga lapar. Eh ternyata keinginan kami sama, ingin makan yang pedas segar.

Kami masih belum terbayang makan dimana. Pokoknya keluar dari Bandara Juanda dulu saja. Sampai lampu merah Tropodo tiba-tiba suami memutuskan kami makan di Karang Pilang saja. Begitu suami bilang Rica Menthok Warung Pak Waras. Mata saya langsung terang benderang. Terbayang menthok bumbu rica yang pedas. Cocok banget buat obat badan yang capek.

Sebenarnya Suami sudah lama langganan di Warung Pak Waras ini. Suami beberapa kali bawa rica menthok ke rumah. Saya baru pertama kali datang langsung ke warung ini. Tak berapa lama kami pun sampai. Tempatnya adalah warung sederhana bercat hijau. Tempat makan ada di bagian luar warung. Pada bagian dalam hanya ada beberapa kursi. Lebih nyaman makan di luar warung.

Warung Pak Waras menyediakan aneka makanan. Ada nasi rawon, nasi pecel, nasi campur, nasi krengsengan dan rica menthok. Memang menu andalannya adalah rica menthok. Semua masakan sebenarnya enak tapi rica menthok memang yang paling juara. 


tempat makan surabaya buka 24 jam


Menu Andalan

Daging menthok dipotong ukuran kecil. Langsung bisa masuk ke mulut dalam sekali suap. Tekstur dagingnya lembut. Bumbunya mantap. Bumbunya merasuk di daging bahkan sampai tulang masih terasa. Pedasnya ini yang bikin segar. Biarpun pedas tapi bikin ketagihan. Rasa pedasnya tidak memberikan sensasi terbakar di tenggorokan dan hidung. 

Warung Pak Waras ini buka 24 jam tetapi khusus menu rica menthok hanya ada setelah ashar. Rica menthok ini kalau sudah habis tidak akan ada lagi masak ulang. Warung ini bukanya 24 jam tapi lebih rame saat malam hari. Terutama setelah isya sampai menjelang tengah malam. Meski saat pagi sampai sore ramai juga tapi tetap malam hari yang paling ramai.

Saat saya singgah di warung juga dalam kondisi ramai. Maka kami memutuskan untuk beli bungkus dan makan di rumah saja. Mungkin karena lokasi warung ini yang strategi. Di pinggir jalan Karang Pilang. Jalan besar yang lalu lintasnya selalu ramai.

Lokasi warung ini ada di bekas Pasar Buah Karang Pilang. Di bawah jalan layang tol. Dekat dengan pertigaan lampu merah Pasar Sepanjang - Karang Pilang - Kletek. Kalau dari arah Jalan Mastrip Kedurus, warung ini ada di sebelah kanan jalan.    

Kalau soal harga. Masih standar dengan tempat makan yang lain. Harga dan kualitas makanan yang kita dapatkan sesuai. Harga 1 porsi rica menthok bungkus mika tanpa nasi adalah Rp 35.000. Kalau makan di tempat akan mendapat porsi rica menthok lebih sedikit dan tambah nasi. Harganya pun berbeda, lebih murah, Rp 25.000/porsi.

Kalau harga nasi rawon, nasi pecel, nasi campur dan nasi krengsengan Rp 10.000 - Rp 25.000. Ini harga standar. Kalau ada tambahan lauk tentu saja harga per porsi bertambah. Selama masa pandemi, warung ini beberapa lama tutup. Tenang saja sudah buka setiap hari sekarang. 

tempat makan surabaya buka 24 jam




Foto : koleksi pribadi

Komentar