Saturday, 12 January 2019

Resolusi Bisnis 2019 Bersama Ralali dot com

Sudah lama sebenarnya saya ingin punya bisnis sendiri. Selama ini saya hanya membantu bisnis suami. Mumpung masih hangat tahun baru, #IniSaatnyaBikin #ResolusiBisnis2019

resolusi bisnis 2019 ralali

Pada awalnya saya mempunyai angan-angan bisnis di bidang kuliner. Saya ingin jualan nasi pecel. Budhe saya penjual nasi pecel selama puluhan tahun. Warung pecelnya selalu laris. Semenjak Beliau meninggal tidak ada yang meneruskan warung ini. Sayang resep-resep rahasia beliau kalau hilang begitu saja.

Saya lebih suka mengerjakan sendiri semua urusan bisnis. Dari hulu hingga hilir. Ini berarti, saya harus belanja sayuran dan lauk pelengkap ke pasar. Memasaknya. Plus melayani para pembeli. Namun kalau saya harus mengerjakan sendiri seluruh persiapan ini, rasanya kok berat. Paling tidak ada satu orang yang membantu saya. Kalau urusan pegawai ini harus dipikir panjang. Cost pegawai besar. Menguras sebagian modal yang harus saya sediakan.

Itu rencana pertama. Rencana kedua adalah jualan online. Ini berarti saya harus punya stock barang yang akan dijual. Namun Saya masih menumpang di rumah mertua yang space rumahnya terbatas. Kalau jualan online saya lebih memilih sebagai dropshipper saja. Saya nggak usah stock banyak barang di rumah. Selain itu, saya masih bisa bantu bisnis suami dan tetap bisa nge-blog dengan aman jaya. Itu berarti saya harus mencari distributor online yang mumpuni.

resolusi bisnis 2019 ralali

Setelah ditimbang-timbang lama. Iya juga ya kalau jualan online sepertinya lebih cocok buat saya. Jualan lewat ponsel via medsos atau buka account di situs belanja. Bisa disambi-sambi. Bisa kerjak dimana saja. Meski harus menemani suami ke luar kota. Asalkan signal internet ada, jualan tetap jalan.

Nah, sekarang yang menjadi pokok bahasan jadi berubah. Mau jualan apa ya? Dahulu, saya mempunyai keinginan menjual baju koko atau baju anak. Iya, itu baju yang biasanya dipakai para pria muslim untuk sholat. Tapi bukan seperti yang kebanyakan dijual. Ini baju koko plus. Baju koko yang bisa dipakai sholat sekaligus tetap cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Seperti untuk kerja atau kuliah. Modelnya harus kelihatan trendi. Keren kalau dipakai siapa saja.

Sebenarnya sudah ada beberapa merek yang memproduksi baju koko model seperti ini. Design-nya sudah keren. Namun belum banyak. Ini berarti saya harus hunting distributor.


resolusi bisnis 2019 ralali


Kenapa ingin jualan baju anak? Kalau ini sih karena faktor emosional. Gemes lihat baju anak-anak. Suka nggak tahan lihat modelnya yang lucu-lucu. Wah jadi bimbang, nih. Pengen sih jualan keduanya.

Akhirnya ngobrol-ngobrol bareng teman yang sudah punya bisnis mapan dan segudang pengalaman di bidang bisnis online. Ngobrol ngalor-ngidul diselingi curhat. Beliau menunjukkan pada saya ralali.com. Pusat grosir online yang lengkap dan mumpuni. Tersedia aneka barang pilihan.

Ada sayuran dan protein nabati juga di sini. Kalau saya mau jualan nasi pecel nggak perlu belanja ke pasar. Cukup cari saja suplier-nya di ralali.com. Barang akan langsung dikirim. Saya bisa langsung masak. Enak juga, nih. Lebih menghemat waktu dan tenaga.

Kalau cari baju koko atau baju anak juga mudah. Produknya merata dari yang kelas menengah ke bawah hingga kelas atas. Ada rate harga dari yang paling murah hingga paling mahal. Harganya lebih murah karena beli secara grosir. Ini nih yang saya suka. Saya bisa cari barang dan memperhitungkan harga jualnya sekalian. Mau cari yang satu kota dengan saya juga mudah. Wah, jadi tergoda buat buka warung pecel sekalian dengan jualan online. Bisa nggak, ya?


resolusi bisnis 2019 ralali


Selain bisa untuk mencari berbagai barang yang ingin saya jual. Saya juga bisa buka 'toko' disini. Jadi lebih simple. Aturan dan persyaratan buka 'toko'  di sini juga tidak ribet. Persiapan hunting barang dan penjualannya lebih mudah.

Untuk memudahkan para pengusaha baru ada Business Innovation Group (BIG) di ralali.com. BIG adalah produk terbaru Ralali dengan segmen bisnis terfokus. Saat ini yang tersedia adalah BIG resto. Segala kebutuhan usaha kuliner ada di sini. Mulai dari peralatan masak, peralatan makan, berbagai bahan baku masakan hingga furniture dan aksesoris restoran ada di sini. Tinggal klik di bagian BIG Resto. Nggak perlu searching satu-satu.

Bagaimana dengan segmen bisnis yang lain? Tenang. Akan segera hadir BIG Mart, BIG Home dan BIG Auto. BIG Mart adalah pusat kebutuhan bisnis warung, toko kelontong, toko sembako atau pusat pembelanjaan lainnya. Kalau di BIG Home tersedia berbagai kebutuhan bisnis toko bangunan, cat, kayu, furnitur atau bisnis peralatan rumah lainnya. Untuk pebisnis otomotif dan transportasi ada BIG Auto yang menyediakan berbagai kebutuhan logistik bengkel, maupun cuci motor dan mobil.

Ralali benar-benar memanjakan para pengusaha. Juga ada berbagai training gratis yang disesuaikan dengan segmen usahanya. Paket lengkap. Antara teori dan praktek bisa langsung dilakukan.  


Foto: koleksi ralali.com  

23 comments:

  1. Baru tau info tentang Rarali ini. Selama ini selalu kesulitan nyari supplier/distributor barang grosir. Mau cek ah, siapa tau nemu yang aku butuhkan di sana. Makasih infonya, Mak 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan, mak... semoga ketemu supplier yang cocok

      Delete
  2. Aku tuh dulu pernah denger nih si Ralali, sekarang bisa jadi alternatif resolusi bisnis di tahun 2019 ya

    ReplyDelete
  3. Asyik yah ada Big Mart. Mau buka bisnis warung gak takut kehabisan modal bahan. Peluanh banget nih. Jadi pengen buka toko juga deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Segment barang sudah dikelompokkan. Lebih memudahkan pembeli. Hayuk mari buka tokonya.

      Delete
  4. Baru denger rarali ini, ikutan ah kebetulan saya punya bisnis online juga, jualan pakaian.

    ReplyDelete
  5. Wah keren itu ada sembako & sayuran. Itu yang masih jarang di e-commerce lain. Bisa jadi andalan para emak, baik untuk keperluan sendiri maupun untuk dijual lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Kalau butuh masak dadakan nggak perlu bingung kudu ke warung atau supermarket.

      Delete
  6. Buat usahawan yang baru merintis bakalan ngebantu banget ya Ralali ini. Suatu hari juga aku mau punya usaha. Semoga lancar ya mbaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Semoga lancar juga usaha yang mau dirilis mbak

      Delete
  7. Ayo mba...aku semangati ya mbikin usaha online sama offline nya. Moga2 cepet terrealisasi dan lancar semuanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... terima kasih doanya mbak. Doa yang sama buat mbak juga

      Delete
  8. Keren banget pengen usaha baju anak ya Mbk, apalagi bentar lagi Ramadhan dan Lebaran bakal rame loh bisnis baju anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mbak. Lebaran saatnya panen. Aamiin.

      Delete
  9. Wah ada pelatihan juga ya. Nah kayak gini nih yang bisa dibilang sangat maksimal untuk mendorong orang untuk memiliki usaha ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Kalau ada kendala ada tempat curhat yang bisa ngasih solusi. Nggak bikin patah arang kalau nemu jalan buntu.

      Delete
  10. Wah lengkap banget ya mbak, selain sedia barang juga ada pelatihannya. Membantu banget buat yg baru merintis dan belajar berbisnis. SUkses ya mbak buat olshop dan warung pecelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga semakin banyak orang yang semangat berbisnis. Fasilitas sudah ada. tinggal maju jalan aja.

      Delete
  11. Paket komplit ini...ada training juga untuk pengusaha dari ralali
    Tak hanya mewadahi tapi juga ikut memajukan usahanya
    Salut untuk Ralali
    Semoga resolusi bisnisnya bersama ralali bisa tercapai ya Mbak. Aamiin

    ReplyDelete
  12. Ralali bisa jadi suatu pilihan bisnis online terbaik ya Mbak. Semoga semua rencana resolusi tercapai ya Mbak. 😉

    ReplyDelete
  13. Ku lagi memulai usaha, info tentang Ralali ini pas buatku, pengen juga ikut pelatihannya

    ReplyDelete