Sabtu, 01 Desember 2018

Ada Bunga Sakura di Surabaya, Alias Bunga Tabebuya

bunga sakura surabaya bunga tabebuya surabaya
Di samping Kebun Binatang Surabaya
Beberapa hari yang lalu di media sosial marak kampanye pemilihan kota Surabaya sebagai kota favorit di kompetisi Guangzhou International Award for urban innovation 2018. Surabaya masuk menjadi salah satu 15 finalis dari 193 kota di 66 negara. Surabaya adalah satu-satunya wakil dari Indonesia, bahkan Asia Tenggara.

Seiring dengan ramainya kampanye award ini, fenomena 'bunga sakura' di Surabaya viral di media sosial. Sebenarnya bunga ini bernama tabebuya (tabebuiachrysotricha). Tanaman tropis yang berasal dari Brasil. Bunganya sekilas memang mirip dengan bunga sakura. Apalagi yang berwarna merah muda. Kalau di Surabaya ini ada beberapa warna pohon tabebuya yang ditanam. Selain berbunga warna merah muda ada juga yang berwarna putih dan kuning.

Pohon tabebuya mulai ditanam tahun 2010. Awalnya Ibu Risma (Tri Rismaharini - Walikota Surabaya) membongkar koleksi tanaman di Kebun Bibit untuk mencari pohon yang bisa digunakan untuk penghijauan. Bukan sekedar yang bisa membuat Surabaya hijau namun juga terlihat cantik. Bu Risma akhirnya memilih pohon ini.




bunga sakura surabaya bunga tabebuya surabaya
Bunga tabebuya pink
Pohon tabebuya dipilih karena punya karakteristik yang cocok untuk penghijauan Surabaya. Pohon ini masuk kategori pohon besar namun batangnya tergolong ringan. Struktur ranting juga ringan. Batangnya tidak terlalu tinggi. Daunnya tidak mudah rontok. Saat berbunga nyaris bersamaan mekarnya. Akarnya tidak merusak bangunan di sekitarnya. Untuk yang terakhir ini merupakan komponen yang sangat penting. Jangan sampai pohon yang ditanam memperindah kota namun akarnya merusak bangunan sekitarnya.

Ketika pertama kali ditanam tahun 2010, hanya sedikit pohon tabebuya. Setahun kemudian, bunga tabebuya sudah muncul. Ketika mekar bersamaan ternyata cantik. Mirip dengan bunga sakura. Sejak saat itu keberadaan pohon tabebuya diperbanyak. Bibit pohon tabebuya diambil dari Kebun Bibit Surabaya (sekarangan bernama Taman Flora). Selain itu bibit pohon tabebuya juga didatangkan dari kota Malang dan Kediri. Pohon berbunga cantik ini mulai banyak di penjuru jalan protokol Surabaya sejak tahun 2011.

Namun sayang, pohon ini butuh sinar matahari yang banyak. Jadi tidak semua jalan protokol di Surabaya bisa ditanami. Tempat yang banyak ditanam pohon ini adalah daerah Tugu Pahlawan, samping Kebun Binatang Surabaya, Jalan Raya Gubeng, Jalan Mayjen Sungkono, Jalan Ahmad Yani dan di daerah Taman Pelangi.

Oh, iya... hampir lupa. Bunga tabebuya mekar hanya sekali setahun. Pada saat akhir musim kemarau dan menjelang datangnya musim hujan. Untuk tahun 2018, bunga ini mekar bersamaan di bulan Oktober dan November. Masuk bulan Desember sudah mulai rontok. Ya ampun, rek. Kok sebentar tok mekarnya. Kalau ingin berkunjung ke Surabaya dan foto-foto dengan latar bunga tabebuya harus nunggu tahun depan. Siapkan jadwal mulai sekarang, yo. Biar nggak kelewatan momen cantik ini.

bunga sakura surabaya bunga tabebuya surabaya
Jalan Raya Gubeng


Foto: pinjam pakai dari beberapa sumber di instagram

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar