Kedai KPK Karah Surabaya

kedai kpk karah surabaya

Aslinya sudah lama lihat tempat ini. Setiap lewat pas kebetulan parkirannya selalu penuh. Tapi mau mampir masih ragu-ragu. Maju mundur nggak jelas. Akhirnya... jeng jeng jeng pada hari hujan yang macet, lapar sudah tak tertahankan. Suami langsung belok ke kedai ini. Tempatnya luas dan banyak meja-meja panjang. Cocok untuk yang ingin makan rombongan.

Konsep tempat ini semi outdoor. Hanya tertutup dibagian atas. Sebagian besar bangunan, interior dan perabotan menggunakan kayu. Meski banyak meja kursi, namun tersedia beberapa spot lesehan. Pasti penasaran apa sih singkatan KPK? Kepanjangannya adalah Kuliner Pinggir Kali (sungai-bahasa Jawa). Kedai KPK berada tepat di pinggir Sungai Brantas. Orang Surabaya lebih mengenal dengan sebutan Sungai Rolak. Angin semilir dari Sungai Rolak menyejukkan ruangan.

kedai kpk karah surabaya

Saya kebetulan datang ke sini pas malam hari. Kami pilih tempat di dekat sungai. Ditemani rintik hujan. Dapat hawa romantis ala dinner sejoli kasmaran hahaha.

Menu yang disajikan beragam. Dari camilan ringan hingga makanan berat berlemak. Rasa gurih sampai manis bervariasi. Begitu juga untuk minuman. Panas, hangat atau dingin tersedia. Harga makanan dan minuman antara 12.000 - 41.000 rupiah. 

kedai kpk karah surabaya  
Kakap fillet asam manis

Kami memesan kakap asam manis dan kangkung crispy. Untuk minuman kami berdua milih es lemon tea. Asli penasaran dengan penampakan si kangkung ini. Begitu makanan datang... jeng jeng... Kakap asam manis sudah disajikan dalam bentuk fillet. Bye duri. Makan bisa nikmat tanpa harus ngrokoti duri tengah kakap. Secara keseluruhan enak. Bumbunya pas. Balutan tepung tidak terlalu tebal. Crispy di luar namun daging kakapnya masih lembut. Fillet goreng juga pas kematangannya.

Nah... ini yang ditunggu-tunggu. Kangkung crispy adalah kangkung yang dibalut tepung dan digoreng. Namun kangkungnya sudah dibumbuin. Jadi bukan tepungnya yang dibumbuin. Kematangan kangkungnya pas. Komposisi kangkung dan bumbu juga pas. Wujud gorengannya memanjang. Balutan tepung tidak terlalu banyak. Renyah dan tidak terlalu banyak minyak. Sampai sekarang, kangkung crispy di tempat ini jadi favorit kami.

kedai kpk karah surabaya
 Kangkung crispy dengan saus kecap pedas aka sambel kecap

Apa yang kurang dari makanan di tempat ini? porsinya... kurang banyak hehe. Itu kalau bagi kami yang sering makan dikala sudah sangat kelaparan.

Saya sarankan kalau ke sini pagi, siang atau sore lebih baik hindari daerah dekat sungai. Pemandangannya tidak terlalu asyik. Kalau malam baru kelihatan bagus. Aneka lampu yang memantul di permukaan sungai bikin suasana malam semakin syahdu.

Rating : ♡♡♡♡
Alamat : Jl Karah no 4 Surabaya
Buka : Jam 10.30 - 24.000
Reservasi : 031-8274571
     

Foto: koleksi pribadi menggunakan Smartfren AndromaxE2

Komentar