Monday, 18 January 2016

Kebun Binatang Surabaya (Surabaya Zoo)

Pintu masuk

Kebun Binatang Surabaya (KBS) adalah salah satu icon kota Surabaya. Lokasinya sangat strategis. Berada di pusat kota Surabaya. Tepatnya di Jalan Setail no 1. Pada awal pendirian Kebun Binatang Surabaya di tahun 1916 berada di Jalan Kaliondo. Setahun kemudian pindah ke Jalan Groedo. Ketika tahun 1920 pindah lagi ke jalan Setail hingga sekarang.


Pada awal pendirian tempat ini hanya sebagai tempat pengumpulan satwa koleksi pribadi. Pada tahun 1923 berubah fungsi menjadi sarana perlindungan, pelestarian, pendidikan, penelitian dan rekreasi. Ketika pertama kali didirikan, Oost-Java Stoomtram Maatschapij (Maskapai Kereta Api) menyumbangkan tanah seluas 30.500 m2. Lalu Maskapai Kereta Api ini terus menyumbang untuk perluasan area Kebun Binatang Surabaya hingga 15 hektar (luas area hingga saat ini).

Peta area seluas 15 hektar


Saya dulu sering ke sini jaman masih SD. KBS ini dulu satu-satunya tempat rekreasi yang dekat rumah. Dari SMP sampai setua ini, baru sekarang masuk lagi ke sini. Hampir setiap hari lewat KBS namun tidak tertarik untuk masuk. Beberapa waktu silam sempat beredar banyak berita tak sedap tentang pengelolaan KBS namun tetap banyak pengunjung. Terutama pada akhir pekan dan liburan sekolah. Jalan-jalan sekitar macet karena sebagian jalan digunakan untuk parkir pengunjung.


Beruang madu


Kebun Binatang Surabaya lokasinya dekat dengan Terminal Joyoboyo. Anda tinggal jalan kaki 5 menit sudah sampai. Tiket masuknya murah Rp 15.000,-/orang. Mungkin karena dua hal itu yang membuat tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. KBS beroperasi jam 08.00 - 15.00. Saran saya, lebih baik datang pagi hari. Selain tidak panas, pengunjung masih tidak terlalu banyak. Anda bisa lebih leluasa berkeliling di sana.

Kancil


Ketika saya masuk dan berkeliling tempat ini tidak banyak perubahan sejak dulu. Saya dan suami jadi nostalgia mengenang jaman kita masih SD. Hanya area permainan saja yang mengalami banyak perubahan. Permainannya lebih sedikit. Kondisi kandang dan taman bersih. Sudah lumayan tidak tercium bau 'aduhai' yang menyengat. Namun sayang sekali, ketika saya ke sini area akuarium sedang dalam perbaikan. Dulu, area ini kesukaan saya. Kalau ke Kebun Binatang Surabaya area akuarium selalu menjadi tujuan pertama. Semoga Kebun Binatang ini terus ada dan menjadi lebih baik. 

Kandang monyet versi tropis


Naik gajah Rp 10.000,-/orang satu kali putaran.



Area taman yang luas dan nyaman


   Foto: koleksi pribadi dengan menggunakan Asus Zenfone4

No comments:

Post a Comment