Laptop Asus ROG AI Gaming

Ada apa dengan Laptop Asus ROG?
Apakah ada yang baru lagi? Hah! Masak mau mengeluarkan laptop baru lagi? Perasaan barusan mengeluarkan Asus laptop baru. ASUS merupakan perusahaan multinasional sekaligus produsen motherboard, PC, monitor, kartu grafis, dan router terbaik di dunia. Berbagai penelitian terus dilakukan untuk berinovasi sesuai dengan perkembangan teknologi yang melaju cepat. 

Sala satu sub merek Asus adalah ROG (Republic of Gamers). ROG hadir mulai tahun 2006. Saat ini telah memproduksi perangkat lunak dan perangkat keras gaming terbaik di dunia. ROG telah menghasilkan berbagai produk inovatif, yang dikenal karena performa dan kualitasnya. Produknya antara lain motherboard, kartu grafis, komponen sistem, laptop, desktop, monitor, smartphone serta perlengkapan audio.

Inovasi terbaru Asus ROG tahun ini adalah laptop AI Gaming pertama di dunia. Pada tanggal 17 Maret 2024, saya diundang Laptop Asus ROG untuk acara media gathering di Sheraton Hotel, Surabaya. Mas Muhammad Firman dan Mbak Nadia PR Asus ROG Indonesia hadir secara langsung. Acara ini sekaligus sebagai peluncuran Laptop Asus ROG AI Gaming series di Surabaya. Ada tiga produk keren untuk para pecinta game online yaitu ROG Zephyrus G16, ROG Zephyrus G14 dan TUF Gaming A15. Saya akan menjelaskan satu persatu ketiga laptop ini.




Laptop Asus ROG Zephyrus G16 (GU605)
Pertama saya mau absen prosesornya dulu. Bagi laptop gaming, prosesor adala kunci. Laptop ini menggunakan prosesor Intel® Core™ Ultra Series. Serta dilengkapi dengan NPU Intel® AI Boost. Prosesor Intel® Core™ Ultra Series menjadi komponen inti ROG Zephyrus G16 merupakan seri paling baru. Prosesor ini dibangun menggunakan arsitektur Intel 4 untuk CPU-nya dan ARC untuk GPU terintegrasinya. Prosesor ini berbeda dengan seri sebelumnya karena terdapat NPU Intel® AI Boost, yang mampu mengakselerasi seluruh pemrosesan aplikasi berbasis AI. NPU ini yang membuat ROG Zephyrus G16 menyandang gelar sebagai AI gaming laptop.

Selain urusan 'mesin dalam', para gamer juga butuh kenikmatan visual. Asus ROG paham sekali. ROG Zephyrus G16 menggunakan layar ROG Nebula Display dengan panel OLED. Bukan sekadar OLED biasa tetapi dilengkapi dengan teknologi Variable Refresh Rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC. Laptop gaming layar 16 inci ini bisa memberikan kenikmatan bermain game, yang mulus tanpa gangguan tearing atau stuttering. ROG Zephyrus G16 merupakan laptop gaming pertama di dunia, yang menggunakan layar OLED berteknologi VRR.

Para gemers juga butuh kenikmatan audio. Main game kalau audio tidak menggelegar rasanya anyep. Tenang urusan audio juga menjadi perhatian dalam pembuatan laptop game ini. Laptop ini didukung oleh teknologi audio dari Dolby Atmos. Laptop ini menggunakan speaker yang ukurannya 25% lebih besar dari generasi sebelumnya. Terdiri dari 4 woofer dan 2 tweeter. Sehingga menghasilkan suara 40% lebih kencang. Sistem audio di ROG Zephyrus G16 adalah yang terbaik dijajaran laptop gaming 16-inci lainnya.  

Prosesor kencang, layar dan audio cakep. Bisa bikin lupa diri kalau main game nih. Apakah aman kalau buat main game lama? 
Mau main game berapa jam sehari, sih? Tak terukur. Tak terhingga. Secapeknya. Tenang tidak usah khawatir. ROG Zephyrus G16 (GU605) mempuyai sistem pendingin ROG Intelligent Cooling yang ditenagai tri-fan technology serta liquid metal sebagai thermal compound pada CPU dan GPU-nya. Bahkan di varian yang menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX 4080, ASUS menyematkan sistem pendingin berbasis vapor chamber agar sistem pendinginan lebih optimal. Pendingin ini berada di tiga tempat, pada bagian belakang serta samping kanan dan kiri. Suara kipas lebih senyap dibandingkan laptop gaming pada umumnya.

Bukan hanya urusan performa bermain game yang diperhatikan. Penampilan luar juga penting. Laptop ini tampil dengan desain yang diperbarui. Tampil lebih modern. Laptop gaming ini menggunakan CNC-machined chassis yang lebih ringan dan kokoh dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Penggunaan chassis tersebut memungkinkan ROG Zephyrus G16 tampil lebih tipis dan ringan. ROG Zephyrus G16 memiliki bobot hanya 1,85 kg dan tebal 1,49 cm. ROG Zephyrus G16 merupakan laptop gaming 16-inci paling tipis dan ringan di dunia.

ROG Zephyrus G16 merupakan AI gaming laptop yang ditenagai Windows 11, sistem operasi terbaik untuk gaming dan content creation. Dapatkan gratis berlangganan XBOX PC Game Pass selama tiga bulan untuk setiap pembelian ROG Zephyrus G16. Nikmati ratusan judul game AAA terbaik seperti Starfield, Forza Horizon, hingga Microsoft Flight Simulator hanya di XBOX PC Game Pass.



Laptop Asus ROG Zephyrus G14 (GA403)
Bisa dibilang ROG Zephyrus G14 ini masih saudara kembar dengan ROG Zephyrus G16. Hanya beda 'bentuk badan' G16 bongsor sedangkan G14 lebih imut sedikit. Laptop game AI ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series dan telah dibekali NPU Ryzen™ AI untuk membantu mengakselerasi pemrosesan AI secara lebih optimal. 

ROG Zephyrus G14  merupakan AI gaming laptop 14-inci paling ringan dan tipis di dunia. Bobotnya hanya 1,5 Kg dan tebal 1,59 cm. Body laptop ini menggunakan CNC-machined chassis. Penggunaan chassis tersebut membuat laptop ini tampil lebih tipis dan ringan. ROG Zephyrus G14 merupakan laptop gaming paling tipis dan ringan di kelasnya. Para gamer bisa main dimana saja dan kapan saja. 

Penggunaan CNC-machine chassis juga memungkinkan ROG Zephyrus G14  memiliki ruang ekstra untuk keyboard serta sistem audio yang lebih baik. ROG Zephyrus G14 hadir dengan desain edge-to-edge keyboard yang memiliki ukuran tombol lebih besar. Jarak antar tombol lebih rapat. Lebih nyaman saat digunakan. Keyboard tersebut juga ditemani oleh touchpad, yang ukurannya lebih besar dari generasi sebelumnya. Navigasi dan kontrol jadi lebih baik.

Berbicara mengenai sistem audio, ROG Zephyrus G14 merupakan laptop gaming yang telah didukung oleh teknologi audio dari Dolby Atmos. Sama seperti ROG Zephyrus G16, laptop ini juga dibekali speaker yang suara 40% lebih kencang dari generasi sebelumnya.

ROG Zephyrus G14 juga merupakan AI gaming laptop pertama di dunia yang menggunakan layar ROG Nebula Display dengan panel OLED. Panel layar ROG Zephyrus G14 sudah dibekali dengan teknologi variable refresh rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC sehingga memastikan pengalaman gaming terbaik tanpa tearing atau stuttering.

Penggunaan layar OLED memastikan tingkat reproduksi warna yang lebih tinggi dan akurat dengan color gamut 100% DCI-P3 serta delta-E < 1. Tidak hanya itu, layar OLED di ROG Zephyrus G14 memiliki rasio kontras yang sangat tinggi, serta mengantongi sejumlah sertifikasi standar industri. Teknologi ini juga mendukung teknologi HDR. Paling penting adalah memiliki response time 0.2 ms, yang jauh lebih cepat dibandingkan layar laptop gaming pada umumnya.

ROG Zephyrus G14 dan ROG Zephyrus G16 tampil lebih modern dengan hadirnya fitur Slash Lighting. Berupa lampu LED indikator eksklusif, yang berada di balik layar laptop gaming ini. Slash Lighting dapat disetting  untuk menampilkan pola tertentu. Para pemilik mengatur dengan menggunakan aplikasi Armoury Crate. Aplikasi ini sudah terpasang di ROG Zephyrus G14 dan ROG Zephyrus G14. Slash Lighting membuat AI gaming laptop ini tampil unik sekaligus lebih modern.

Sistem pendingin laptop gaming ini sama dengan ROG Zephyrus G16 menggunakan sistem pendingin ROG Intelligent Cooling yang ditenagai tri-fan technology serta liquid metal sebagai thermal compound pada CPU dan GPU-nya. Sistem pendingin tersebut membuat ROG Zephyrus G14 (GA403) dapat selalu beroperasi dengan optimal di berbagai aktivitas bahkan dengan suara kipas yang lebih senyap dibandingkan laptop gaming pada umumnya.




Laptop Asus TUF Gaming A15 (FA506N)
Bagi gamers dengan dana terbatas, ASUS tidak akan mengabaikan begitu saja. Asus menghadirkan TUF Gaming A15. Produk khusus untuk budget gaming laptop. Meski begitu urusan performa tetap handal sesuai dengan standar Laptop Asus Gaming.

TUF Gaming A15 merupakan salah satu laptop gaming pertama di Indonesia yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series, yang telah dibekali oleh Ryzen AI. Fitur yang mengkombinasikan CPU, GPU, dan NPU untuk mengakselerasi performa pemrosesan AI. Prosesor tersebut membuat TUF Gaming A15 dikategorikan sebagai AI-powered gaming laptop. Berkat prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series, TUF Gaming A15 tidak hanya tampil dengan performa lebih superior dibandingkan pendahulunya laptop ini lebih optimal serta efisien dalam pemrosesan AI.

Selain prosesor yang sangat andal, TUF Gaming A15 juga dibekali GPU modern yang dapat mengakselerasi performa grafis dan AI lebih jauh lagi. Hadir dengan GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 4070, TUF Gaming A15 dipastikan mampu menjalankan semua game AAA modern terbaru. Selain itu juga sangat cocok untuk kebutuhan eksperimen AI, seperti menjalankan aplikasi content generation secara offline atau bahkan melakukan training AI.

Seperti para pendahulunya, TUF Gaming A15 merupakan laptop yang dirancang tidak hanya memberikan performa gaming terbaik, tetapi juga durabilitas terdepan. TUF Gaming A15 merupakan salah satu dari sedikit laptop gaming di dunia, yang mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (US Military Grade MIL-STD-810H). Sertifikasi tersebut membuktikan bahwa laptop gaming ini memiliki desain bodi yang lebih tanggguh dibandingkan dengan kompetitornya. Pengguna dapat lebih tenang bila membawa AI gaming laptop ini bepergian.

ASUS juga menyediakan perlindungan berupa garansi internasional untuk service dan sparepart selama dua tahun. Sepanjang masa garansi, pengguna dapat melakukan perbaikan dan penggantian sparepart secara cuma-cuma. Selama kerusakannya bukan diakibatkan oleh kelalaian pengguna. Untuk kerusakan akibat kelalaian pengguna, ASUS menyediakan perlindungan bernama ASUS Perfect Warranty di tahun pertama.

Ama seperti laptop Asus seri gaming lainnya, TUF Gaming A15 juga dibekali sistem pendingin canggih. Ada dua kipas pendingin, yang mampu menangani berbagai beban kerja, mulai dari gaming, content creation, hingga ekperimen AI. ASUS juga membekali TUF Gaming A15 dengan MUX Switch untuk memaksimalkan performa GPU dan memberikan fleksibilitas lebih kepada para pengguna AI gaming laptop ini.

TUF Gaming A15 dibanderol dengan harga mulai dari Rp12.049.000. Harga tersebut bila dibandingkan dengan kualitas laptop gaming ini, jelas pembeli menang banyak. Ketiga laptop gaming ini mempunyai kelebihan masing-masing. Para gamer tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Mau pilih yang mana?

Komentar

  1. mbak Ugiiikk duh jadi galau kan pengin semuanyaaa

    tapi yg budget bestie tentunya TUF Gaming yhaaa😍🤓💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mbak. Iya sih kalau TUF nih lebih murah tapi kualitasnya tetep spek dewa hehe

      Hapus
  2. Ini mah laptop spek gahar dengan harga yang masih reasonable. Naksir berat jadinya karena bisa dipake berjam-jam tanpa takut panas. So far aku udah pake laptop ASUS dan memang bagus kualitasnya.

    BalasHapus
  3. Laptop spesifikasi canggih gini emang dambaan. Apalagi buat pecinta gaming. Laptop di rumah aku 3-3nya ASUS hehe

    BalasHapus
  4. Laptop TUF gaming bisa jadi pilihan untuk gamers yang ingin laptop gaming dengan harga terjangkau tapi fiturnya tetap mumpuni yaa

    BalasHapus
  5. Mesin dalamnya keren, tampilan luarnya stylish, nggak cuma para gamers aja yang mau dengan ASUS ROG AI Gaming ini mbak. Saya pun kepincut juga lho

    BalasHapus
  6. Audio juga termasuk yang harus diperhatikan ketika memilih laptop gaming, ya. Biar semakin semangat gitu ngegamenya. Tapi, saya meskipun bukan gamer, suka banget sama laptop ini.

    BalasHapus
  7. ASUS memang ga bisa diam yah. Bolak balik launching produk baru. Laptop gaming gini makin memanjakan para gamers dari yang casual sampai pro apalagi desain tetap stylish dan ringan.

    BalasHapus
  8. Hiks...hanya bisa memandang dan mengagumi kecantikannya dari jauh. Kalo liat penampakan dan speknya sih kebayamg kualitasnya. Para games pasti pengen banget punya laptop ini

    BalasHapus
  9. Sekarang ini, para gamers memang seolah dimanjakan sekali yaaa...banyak produk yang spek-nya ditujukan untuk mereka. Termasuk laptop. Kalau buat gamers aja dijamin was-wes-wos apalagi untuk pemakaian biasa yaa...

    BalasHapus
  10. Aku sadar diri ini laptopnya ketinggian speknya kalau buat aku yang cuma drakoran dan nulis-nulis aja wkwk. Memang luar biasa ASUS ini inovasinya nggak berhenti-berhenti. Suka pengen ngikutin gitu punya laptop keluaran terbaru, tapi ASUS Vivobook tahun 2020 ku masih bagus. Hahaha.

    BalasHapus
  11. Asus ini inovasinya keren banget ya, apalagi dengan hadirnya laptop gaming ini jadi bikin tambah semangat ini buat para gamers. Apalagi dilengkapi dengan fitur yang menarik dan juga sudah keren banget ya mak.

    BalasHapus
  12. Beberapa waktu ini aku melihat banyak banget temen-temen review laptop ASUS yang desainnya mantab banget deh, aduh sampai aku terbayang menulis di laptop itu wkwk. Specnya juga bukan kaleng-kaleng ya, Mak

    BalasHapus
  13. ASUS menawarkan beberapa pilihan buat para gamers memilih their weapon untuk menggapai impian menjadi pro-gamers. Salut banget dan suka sama spek Laptop Asus ROG Zephyrus G16 (GU605). Sederhana tapi tetep powerful.

    BalasHapus
  14. Aku naksir banget yang Zephyrus, udah ringan, desain cakep, speknya udah bagus banget, nabung duluuu. Eh, tapi kalau ada yang ngasi TUF ya aku gak nolak haha.
    Semua punya kekuatan masing2 dan yang paling penting powernya tu udah yang paling tertinggi di kelasnya, sistem pendinginnnya juga ok yaa jd gpp kalau leptopnya kerja keras hehe.

    BalasHapus
  15. Pengen punya satu
    Biar makin kece mamak di rumah
    Namun kalau beli pun kudu nabung seharga DP rumah, haha
    Semoga ada rezeki tambahan

    BalasHapus
  16. Yang disuka dari ROG Zephyrus tuh desainnya yang selalu cakep. Bodynya pun terbilang tipis dibandingkan yang seri untuk gamer addict. Kece saat dibawa kemana2.

    BalasHapus
  17. Jatuh cinta dengan ASUS ROG Zephyrus 14. ASUS mmg ok bgt soal inovasi

    BalasHapus
  18. Angkat topi buat ASUS. Inovasi pada produknya selalu keren dan cepat. Jadinya susah dikejar sama kompetitornya. Gak heran deh konsumennya semakin banyak dan loyal. Huhu mupeng aku lihat ROG Series ini. Ya laptopnya, ya ponselnya. :D

    BalasHapus
  19. Laptop ASUS ROG nggak pernah ngecewain sih kalau soal spek. Selalu keren dan makin banyak aja inovasi yang memudahkan penggunanya :))

    BalasHapus

Posting Komentar