Kampanye Calon Presiden Indonesia 2024

calon presiden indonesia 2024



Masa kampanye pemilihan presiden Indonesia 2023 sudah dimulai sejak  tanggal 28 November 2023. Genderang sudah ditabuh. Bukan genderang perang tapi genderang pesta demokrasi telah dimulai. Selayaknya suatu pesta. Penuh kegembiraan dan kemeriahan tanpa huru-hara. Tidak juga memunculkan perselisihan. Inilah hakekat pesta demokrasi yang sebenarnya.

Masa kampanye akan berakhir pada tanggal 10 Februari 2024. Ada banyak agenda yang harus dijalankan oleh para calon presiden Dan wakil presiden Indonesia. Tour keliling Indonesia untuk menjumpai para partisipan. Ini memang sudah biasa dilakukan saat kampanye di negara manapun. Selain itu juga ada acara debat terbuka yang dilakukan oleh calon presiden dan wakil presiden. Acara ini diadakan oleh lembaga resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun stasiun televisi atau lembaga independen.

Debat terbuka capres dan wapres yang diselengarakan oleh KPU satu rangkaian dalam agenda kampanye. Calon presiden dan wakil presiden wajib hadir. Berbeda dengan acara debat terbuka yang diselengarakan oleh lembaga non KPU. Tidak ada kewajiban yang mengikat. Calon wakil presiden bisa tidak datang. Debut KPU ini menjadi moment yang paling ditunggu. Masyarakat bisa menilai dengan langsung karakter dan kemampuan calon pemimpinnya. Meski hanya dalam taraf pemaparan gagasan, visi atau misi. Paling tidak masyarakat lebih paham mau menjadi seperti apa Indonesia lima tahun kedepan. 

Hari  ini (12 Desember 2023) KPU menyelengarakan debat calon presiden 2024 yang pertama. Debat akan dimulai jam 19.00 WIB dan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan RRI. Putaran pertama debat ini temanya tentang pemerintah, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Meski disebutkan kalau acara debat ini disiarkan secara langsung oleh TVRI dan RRI. Pada kenyataannya hampir semua televisi swasta juga menyiarkan secara langsung. Debat terbuka kali ini berlangsung seru. Masing-masing calon presiden bisa berdiskusi dengan tenang. Meski beberapa kali sempat muncul intonasi nada tinggi. Untunglah ada salah satu calon presiden yang tetap tenang dalam menyampaikan pendapatnya. Sehingga lawan debat tidak makin terpancing emosinya.

Debat pertama calon presiden Indonesia 2024 kali ini berlangsung seru namun tetap terkendali. Beberapa kali partisipan lepas kontrol untunglah masih bisa ditenangkan. Bagi yang belum sempat menonton acara ini tenang saja. Banyak rekaman di YouTube. Tinggal search aja.

Berikut ini jadwal debat Calon Presiden dan wakil presiden untuk debat ke dua sampai ke lima. Silahkan diset alarm jika ingin menonton tayangan langsung. 

Jadwal Debat Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024

Debat Pertama (Capres)
Selasa, 12 Desember 2023
Tema: pemerintah, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.
Disiarkan: TVRI dan RRI

Debat Kedua (Cawapres)
Jum'at, 22 Desember 2023
Tema: ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD,infrastruktur dan perkotaan.
Disiarkan: TransTV, Trans7, CNN Indonesia, KompasTV dan BTV

Debat Ketiga (Capres)
Minggu, 7 Januari 2024
Tema: pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik.
Disiarkan: MNCTV, iNews, RCTI, dan GTV

Debat Keempat (Cawapres)
Minggu, 14 Januari 2024
Tema: pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.
Disiarkan: SCTV, Indosiar dan MetroTV

Debat Kelima (Capres)
Minggu, 4 Februari 2024
Tema: kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia dan inklusi. 
Disiarkan: TVOne, ANTV, NetTV dan GarudaTV









Komentar