Review Drama Korea Today's Webtoon

On Ma-eun (Kim Se Jeong) atlet judo andalan Korea Selatan tiba-tiba ingin berhenti dari judo. Ma-eun atlet berbakat peraih medali emas Olimpiade. Gadis cantik ini sedang berada di puncak karirnya. Berbagai kejuaraan judo berhasil dimenangkan.

Kenapa Ma-eun ingin berhenti? Saat bertanding, gadis muda ini tak sengaja melukai lawannya. Sang lawan jatuh dan mengerang kesakitan di depan mata. Rasa bersalah terus mengikuti hingga dia tak mampu untuk memukul atau menendang lawannya. Maka Ma-eun memutuskan untuk berhenti tanding judo. Dia tak mau melukai orang lain lagi.

Tentu saja banyak orang yang kaget dengan keputusannya. Terutama Sang Ayah, On Gi-bong (Ko Chang-seok). Beliau adalah seorang pelatih judo andalan Korea Selatan. Tentu saja pelatih Ma-eun juga sejak kecil. Sang Ayah marah besar. Beliau tidak mengijinkan anak gadisnya berhenti dari Judo. Beliau hanya memberi kesempatan untuk rehat hingga traumanya hilang.

Karir Baru
Padahal Ma-eun sudah bertekad berhenti selamanya dari Judo. Dia sudah mulai mencari pekerjaan. Tekadnya sudah bulat. Kebetulan Ma-eun menemukan info Neon membuka lowongan magang. Tanpa pikir panjang Ma-eun langsung melamar. Posisi yang dincar adalah divisi webtoon, Neontoon. Gadis muda ini pecinta komik. Ibunya membuka persewaan komik di rumah.

Sayang, Ma-eun gagal. Dia dinilai tidak mempunyai pengalaman kerja. Nilai akademisnya juga pas-pasan. Selama ini, dia memang fokus ke judo tidak memperhatikan soal belajar di sekolah. Dia bahkan sering bolos karena harus ikut berbagai kejuaraan.

Salah satu pewawancara dalam sesi interview adalah Jang Man-cheol (Park Ho-san), kepala divisi Neon webtoon. Pak Jang Man-cheol sangat tertariik dengan sosok On Ma-eun. Pak Man-cheol suka dengan olaraga judo. Beliau juga menilai bahwa atlet adalah orang yang kompetitif, tangguh dan pantang menyerah. Pegawai dengan karakter seperti ini, yang dia cari.

Begitu tahu kalau Ma-eun tidak diterima, Pak Jang langsung menghubungi Ma-eun untuk bekerja di divisinya. Tentu saja Ma-eun menerima dengan sangat bahagia. Bagi pecinta komik, bekerja di dunia komik setiap hari seperti bukan bekerja. Ini adalah hobi yang dibayar. Ma-eun mendapat tugas sebagai asisten Suk Ji-hyung (Choi Daniel). Pak Suk adalah chief producer.

Sebelum saya lanjutkan, ada sedikit catatan. Produser ini pekerjaannya mirip dengan editor. Beberapa review drama ini menyebut sebagai editor. Saya menonton drama ini di channel One. Penterjemah menggunakan sebutan produser. Maka saya akan menggunakan kata produser untuk penulisan review drama ini. Demikian sekilas info. Lanjut review lagi.

Pekerjaan Baru
Pak Suk ternyata produser Shin Dae-ryuk (Kim Do-hoon). Pak Shin pembuat komik Pomme, top hit Neontoon. Ma-eun penggemar berat komik tersebut. Gadis ini bahagia sekali bisa bertemu langsung dengan komikus pujaannya. Walhasil selama meeting Ma-eun kebanyakan bengong. Terpesona campur gugup.

Pak Suk mengajari Ma-eun untuk mengendalikan diri saat bertemu komikus ternama. Neontoon adalah perusahaan webtoon no 1 Di korea Selatan. Para komikus disebut artis webtoon di Neon. Tentu banyak komikus terkenal yang bekerja di situ. Sebagai produser harus bisa jadi partner sejajar dengan komikus. Hal ini perlu dilakukan secara profesional.

Ma-eun seorang pekerja keras yang tangguh. Berbagai rintangan bisa diatasi. Bahkan dapat menemukan kelemahan Pak Baek, yang kualitas karyanya terus merosot. Pak Baek Eo-jin (Kim Kap-soo) seorang komikus senior bertangan dingin. Sayang selama satu tahun terakhir kualitas gambarnya menurun. Wajah para tokoh jadi aneh.

Ternyata masalahnya terletak pada sudut pandang saat Pak Baek menggambar. Pak Baek selama ini selalu menggambar semua komiknya secara manual. Posisi meja gambar tetap sama. Semakin bertambah usia, punggung Pak Baek semakin bongkok. Otomatis sudut pandangnya jadi menurun. Ini yang membuat gambar-gambar Pak Baek jadi aneh.

Pak Jang dan Pak Suk sangat bangga dengan kemajuan Ma-eun. Hanya dalam waktu 6 bulan, Ma-eun dijadikan produser. Ma-eun juga orang yang sangat total dalam menangani artis webtoon. Saat deadline, Ma-eun akan fokus menemani dan rela membantu segala kebutuhan komikus. Pokoknya seri webtoon harus tayang tepat waktu satu minggu sekali.

Jadwal para artis webtoon ini ketat sekali untuk komik kategori top hit. Seminggu sekali harus tayang di setiap jam yang sama. Kalau tidak. Penggemar bisa menghujat habis-habisan. Bahkan bisa jadi pergi dan berpaling pada seri webtoon lain.

Para webtoon kalau mendekati deadline tidak akan beranjak lama dari meja gambar. Mereka semua menggambar pakai deker pergelangan tangan. Ada yang pakai koyo. Meski para artis webtoon mengambar digital tetap saja pergelangan tangan sakit karena menggambar dalam waktu lama.

Pak Baek pun terpaksa harus rehat lama untuk operasi otot pergelangan tangan. Tangan kanan Pak Baek tremor saat kelelahan. Ternyata ada otot tangan yang bermasalah. Efek terlalu sering menggambar. Kalau tidak segera dioperasi. Kemungkinan Pak Baek tidak bisa menggambar untuk selamanya.

Saat karir Ma-eun semakin bagus. Ayahnya menagih janji untuk kembali ke Judo. Ma-eun pada awalnya memang bilang kalau dia hanya pegawai magang. Ternyata gadis cantik ini sangat nyaman dengan pekerjaan baru ini. Dia enggan untuk berhenti karena pekerjaan ini sesuai dengan passion-nya.

Sang Ibu dan adik berusaha keras membantu membujuk Sang Ayah. Meraka berdua menggunakan segala cara agar Ma-eun bisa terus bekerja di Neon.

Teman Baru                  
Selain pekerjaan yang passionate. Ternyata Ma-eun menemukan banyak teman baru yang asyik di Divisi Webtoon. Tentu saja yang utama Pak Jang dan Pak Suk. Bos rasa teman. Para produser juga tak kalah serunya.

Kwon Young-bae (Hyun Min-yang) produser senior yang cinta keluarga. Pulang selalu on time. Tidak mau telat pulang. Keliatan cuek dan untouchable tapi sangat peduli pada semua anggota tim.

Ahn Tae-hwan (Choi Doo-hee) produser yang keliatannya telmi tapi idenya luar biasa. Selalu out of the box. Pria muda ini sangat disayang oleh para artis webtoon, yang ditangani. Saat para artis mati ide, tae-han selalu mampu memberikan jalan keluar. Dia ini selalu bikin orang lain mikir, kok bisa ya kepikiran kayak gitu.

Yoon Tae-hee (Baek Joo-hee) produser perempuan yang seperti Ibu di Divisi Webtoon. Wanita cantik ini selalu cepat tanggap kalau ada masalah muncul tiba-tiba.

Shin Dae-ryuk (Kim Do-hoon). Artis pembuat seri hits Pomme menggangap Ma-eun sebagai saudara. Awalnya Pria ini membenci Ma-eun yang selalu bicara blak-blakan. Meski pahit, ternyata omongan Ma-eun betul semua. Bahkan tunangannya nurut banget sama Ma-eun. Kalau sedang bertengkar, hanya Ma-eun yang bisa menjinakkan hati tunangannya.

Ahn Gyu-jin (Hwang Hee) adalah komikus pemula. Pria muda ini ditemukan dalam ajang kompetisi webtoon. Gyu-jin artis webtoon pertama yang diorbitkan Ma-eun. Gyu-jin ini punya masalah psikis yang komplek. Ma-eun bukan sekedar mengurusi karyanya tapi juga mencari jalan untuk menyembuhkan luka psikisnya. Gyu-jin menyebut Ma-eun sebagai Ibu Peri.

Ma-eun dan Jun-yeong

Goo Jun-yeong (Nam Yoon-soo) rekan sesama pegawai baru di Divisi Webtoon. Bedanya Jun-yeong lulus dengan nilai tertinggi saat perekrutan. Pria muda ini langsung jadi pegawai tetap, yang ditugaskan langsung oleh kantor pusat. Seorang yang nyaris sempurna. Pinter, ganteng, serba bisa dan lulusan universitas luar negeri.

Goo Jun-yeong sebenarnya mendapatkan misi tersembunyi dari Direktur Heo Gwan-yeong (Ha Do-kwon). Tugas Jun-yeong untuk menghancurkan Divisi Webtoon dari dalam. Sayang, pria muda ini sangat tertarik dengan kecintaan para produser pada komik. Dia melihat langsung bagaimana jungkir balik para produser untuk 'menghidupkan' komik.

Komik bukan sekedar gambar. Ada banyak kehidupan yang dilibatkan dalam setiap goresan komik. Jun-yeong yang tidak suka komik mulai belajar banyak pada Ma-eun. Gadis ini sebenarnya adalah seorang book reviewer. Dia belajar dan memahami kehidupan dari komik yang dibacanya. Ada berbagai tema komik yang menarik. Bahkan ada artis webtoon yang membuat komik traveling karena dia sebagai travel blogger

Kedua insan ini mulai menjalin hubungan lebih dekat gara-gara komik. Jun-yeong mulai tidak patuh pada Direktur Heo. Pikirannya simple saja. Kalau sampai Divisi Webtoon bubar, Dia tidak bisa sering bertemu Ma-eun lagi. Padahal bibit cinta mulai tumbuh di hati pria muda ini.

Hingga suatu saat, Jun-yeong menemukan fakta Direktur Heo salah satu penyebab Kakaknya meninggal. Jun-yeong langsung 'balik badan' untuk mengungkap bukti kejahatan Direktur Heo.

Kakak Jun-yeong, Goo Ae-ri (Im Sun-woo) seorang produser webtoon semasa hidupnya. Ae-ri bekerja di Ginggertoon. Ternyata seluruh produser di Divisi Webtoon Neon adalah para produser di Ginggertoon. Pemilik Ginggertoon adalah Pak Jang. Setelah bangkrut lalu dibeli oleh Neon dengan syarat semua pegawai harus tetap bekerja.

Jun-yeong semakin marah saat tahu kalau Direktur Heo yang sengaja membuat Ginggertoon bangkrut. Ae-ri meninggal tak lama setelah Ginggertoon bangkrut. 

Saat Ginggertoon dibeli Neon. Pak Jang diminta khusus untuk menjadi direkturnya. Pak Jang mengajukan syarat khusus, dia akan memperkerjakan produser dari Ginggertoon. Hal tersebut dilakukan karena Pak Jang merasa bersalah atas kematian Ae-ri.

Episode paling seru saat Pak Jang dan Direktur Heo 'perang'. Pak Jang menggunakan berbagai taktis strategis untuk mempertahankan Divisi Webtoon. Sebenarnya sih Pak Jang sedang memperjuangkan anak buahnya agar bisa terus bekerja. Kalau ingin menikmati keseruan drama ini langsung nonton sendiri aja. Tak asyik kalau banyak spoiler di sini.

Komentar