Nasi Madura Bu Dewi Surabaya Barat

nasi madura bu dewi surabaya
Lahan parkir luas

Saya kok mendadak jadi kangen ingin ke Madura. Sudah lama sekali tidak jalan-jalan ke Madura. Terakhir ke Sumenep tahun 2018. Sampai saat ini, belum menginjakkan kaki lagi ke Madura. Rasanya ingin jalan-jalan ke Pantai plus makan Nasi Madura. Duh terbayang Nasi Madura yang lezat dan pedas. Saya mau ngerayu Suami kok ya tidak tega. Beliau lagi sibuk berat.

"Aku kok mendadak pengen makan Nasi Madura, ya." Loh lah kok nyambung, "Yuk ke Bu Dewi." ajak Suami tiba-tiba.

"Ayok, lah." jawab Saya cepat.

Tak apa wis makan Nasi Madura dulu. Buat obat kangen. Makan Nasi Madura rasanya sama seperti wisata Madura. Saya dulu pertama kali makan Nasi Madura di daerah Bangkalan. Waktu itu pakai nasi jagung. Bukan nasi putih. Saya pun jatuh cinta pada makanan ini sejak suapan pertama. 

nasi campur enak murah surabaya
Seporsi paket campur nasi madura 

Nasi Madura Bu Dewi

Kalau nasi Madura di Depot Bu Dewi ini berbeda. Pakai nasi putih biasa. Nasinya punel dan harum. Biasanya nasi Madura khasnya adalah nasi putih yang keras. Khas nasi daerah pesisiran Pantai. Mungkin penyesuaian dengan selera masyarakat Surabaya yang beragam. Saya tahu Nasi Madura pertama kali waktu blogwalking ke para travel blogger, yang mengulas tentang makanna ini. 

Ciri khas nasi Madura adalah lauk yang banyak dan nasi dengan porsi besar. Kalau urusan yang satu ini tetap sama. Saya beli selalu dibawa pulang untuk makan di rumah. Satu porsi, saya makan dua kali. Meski minta nasi separuh tetap saja, porsi nasinya banyak.    

Dalam satu porsi ada beberapa lauk, antara lain babat goreng, cumi bumbu hitam, tongkol dan tahu bumbu merah, udang tepung, telur bumbu bali dan serundeng. Tiap item lauk ini tidak dalam porsi sedikit pula. Menu seperti ini diberi nama paket nasi Madura campur. 

Menu yang ada di sini beragam. Tidak hanya Nasi Madura dengan lauk lengkap. Ada menu satu lauk untuk per-porsi. Nasi cumi hitam, nasi tongkol, nasi udang, nasi paru, nasi empal atau nasi telur bumbu bali. Khusus untuk paru dan empal digoreng kering. Kalau mau pesan lauk saja tanpa nasi juga bisa.  

nasi madura surabaya bayar
Area makan di tempat

Depot masakan nasi Madura kalau tidak ada Bebek tidak lengkap. Bu Dewi juga menyediakan nasi bebek dan nasi ayam dengan bumbu khas Madura. Harga masakan di sini Rp 18.000 - Rp 26.000. Tidak mahal kalau menurut saya. Jika melihat porsinya yang besar. 

Perlu diingat bahwa sambel di sini luar biasa pedesnya. Sambalnya menggunakan sambal bawang khas Madura. Untunglah, saya kalau beli selalu dibawa pulang, sambal dikemas terpisah. Paling bahaya kalau pas makan di sini. Sambal terkadang tidak terlihat. Bercampur dengan tongkol atau bumbu merah. Terkadang tertutup paru goreng.

Sebenarnya tongkol bumbu merah rasanya sudah pedas. Saya biasanya tidak pakai sambal tambahan. Pakai bumbu tongkol saja sudah terasa pedas. Bagi Anda yang sangat menyukai pedas, langsung pakai sambal bawang. Rasakan sensasi pedasnya.

Pada bagian belakang tempat penjualan ada dapur luas dengan banyak orang. Masakan di sini sellau fresh. Setiap kali stock makanan mulai menipis crew di dapur segera masak lagi. Seringkali masakan dihidangkan dalam kondisi panas baru selesai dimasak.   


Lokasi 

Depot Bu Dewi ini lokasinya di Perumahan Wiyung Brantas Permai gang 2 no. 65 Wiyung - Surabaya Barat.

Sebelum Kantor Brantas Hilir daerah Wiyung ada jalan masuk di sebelah sungai. Lurus saja masuk. Setelah Masjid besar di sebelah kanan, ada pintu gerbang Perumahan Wiyung Brantas Permai. Tak jauh dari sini lokasi Dapur Bu Dewi. Tempatnya di sebelah kanan jalan. Papan petunjuk dan banner dominan warna merah.

Lokasi Dapur Bu Dewi ini banyak perkantoran. Saat jam makan siang biasanya pengunjungnya ramai. Selain itu banyak ojek online yang antri pesanan. Dapur Bu Dewi buka mulai jam 8.00 sampai jam 19.00. Lebih baik datang saat diluar jam makan siang atau makan sore. Tidak perlu antri lama. 

Tempat Dapur Bu Dewi ini sebenarnya luas tapi area untuk makan tidak terlalu banyak. Hanya ada beberapa set meja kursi di sebelah kanan. Kursi dan mejanya bentuk panjang. Bisa muat banyak. Kalau datang hanya berdua ini yang agak tidak nyaman. Pengunjung harus berbagi meja kursi dengan pengunjung yang lain saat banyak pembeli. 


Kalau beli untuk dibawa pulang, tersedia area di sebelah kiri. Depan kasir. Tersedia kursi panjang untuk tempat duduk saat menunggu. Plus air mineral galon dan gelas plastik sekali pakai. Meski atri lama tak akan terasa capek.  

Konsep tempat makan ini adalah semi outdoor. Bagian pintu depan terbuka lebar. Sementara pada bagian tempat makan di sebelah kanan ada jendela dari kisi-kisi kayu. Angin leluasa masuk dan keluar. LIngkungan sekitar Dapur Bu Dewi masih ilalang. Jadi banyak angin yang leluasa masuk ke tempat ini. 

Satu lagi yang saya suka dari tempat ini adalah tempat parkir luas. Saya paling tidak suka datang di suatu tempat yang ramai dan susah parkir kendaraan. Belum masuk sudah bete duluan. Memang tidak ada prnjaga parkir di sini. Mobil dan sepeda motor bisa parkir di mana saja. Meski begitu para pelanggan sudah tahu diri. Motor akan di pinggirkan ke sisi paling kiri atau depan pintu masuk.

Oh ya. Kalau mau pesan banyak untuk dibawa pulang. Lebih dari 5 bungkus. Lebih baik WA atau telephon terlebih dahulu ke nomer 0813-3020-9696. Biar tak perlu menunggu lama. Pas datang pesanan sudah siap dan tinggal bayar. 

Buat yang kangen Nasi Madura di wilayah Surabaya Barat. Silahkan datang ke Dapur Bu Dewi. Kalau sampai ketagihan. Saya tidak tanggung jawab.     

 

  

Komentar