Fungsi Seling Baja untuk Berbagai Bidang Pekerjaan


Pada pekerjaan tertentu membutuhkan bermacam-macam peralatan untuk mendukung kemudahan dan kecepatan selesainya suatu proyek. Benda penting dalam industri, perkapalan dan perikanan, hingga perminyakan salah satunya adalah seling baja. Alat ini juga dikenal sebagai sling kawat atau wire rope dimana mempunyai kegunaan yang beragam.

Apa Saja Kegunaan dari Alat Sling Baja/Kawat untuk Berbagai Jenis Pekerjaan

Seperti namanya, sling kawat terbuat dari material baja yang mempunyai fungsi umum sebagai pengangkat maupun penarik benda-benda berat. Benda-benda dengan daya atau bobot besar tersebut bisa diangkat dengan baik tanpa ada masalah sampai kerusakan, tentu membutuhkan peralatan khusus yang tepat. Dalam beberapa pekerjaan, seling baja memiliki fungsi seperti berikut.

1. Bidang Perkapalan

Pada dunia industri perkapalan, tali berbahan baja yang kokoh dan kuat ini mempunyai kegunaan sangat penting. Pengaplikasiannya dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan masing-masing pengguna. Salah satu yang paling sering diterapkan adalah sebagai penarik untuk bisa menambat pada galangan atau dermaga. Dengan demikian, mampu tertarik secara sempurna. Tidak hanya itu saja, dalam bidang perkapalan, material tali baja tersebut juga diperlukan untuk membantu mengoperasikan mesin peti kontainer. Dalam hal ini, wire rope akan diletakkan pada sebuah crane. Fungsi lainnya yaitu mengikat berbagai jenis barang-barang berbobot berat dengan ukuran besar di kapal tongkang.

2. Bidang Konstruksi

Dalam dunia pembangunan, wire rope juga memegang peranan penting dimana fungsinya berbagai macam untuk bisa membantu menyelesaikan pekerjaan lebih mudah dan cepat. Sebagai contoh, untuk pembangunan sebuah gedung bertingkat-tingkat, maka supaya bisa menaikkan material, membutuhkan lift. Lift ini memerlukan sling baja supaya mampu naik turun dengan baik. Contoh penggunaan lain di industri konstruksi adalah membuat pekerjaan jembatan. Penghubung dua area ini akan membutuhkan wire rope supaya mampu menghasilkan bangunan kokoh. Pembuatan paku bumi juga tidak luput dari sling kawat.

3. Bidang Gas dan Minyak

Fungsi dari sling kawat yang mempunyai material baja kokoh ini diperlukan pada pekerjaan di dunia perminyakan dan gas. Untuk pekerjaan pengeboran, kawat menjadi alat untuk mampu melakukan drilling line secara baik sehingga hasilnya maksimal. Proses pengeboran yang sangat sulit dimana akan menggunakan berbagai peralatan besar, akan dibantu menjadi lebih ringan dengan adanya seling kawat. Kegiatan eksplorasi dan eksploitasi sumber gas serta kilang minyak menjadi lebih cepat.

4. Bidang Perikanan

Ikan menjadi salah satu sumber makanan besar di Indonesia. Oleh sebab itu, nelayan dalam pekerjaannya, membutuhkan peralatan khusus supaya mampu menarik ikan dalam jumlah sangat besar. Nelayan-nelayan berkapal besar, ketika mengangkat jala akan semakin dimudahkan dengan adanya seling baja tersebut. Jala yang dipakai oleh nelayan umumnya mempunyai ukuran beragam mulai dari kecil, sedang, sampai paling besar. Ketika hasil tangkapan sedang bagus atau banyak dimana biasanya bisa mencapai nilai berton-ton, peralatan sling baja akan memaksimalkan pengangkatan jala secara sempurna.

5. Bidang Telekomunikasi

Bagi sebagian dari Anda mungkin merasa bingung, apa gunanya alat ini di pekerjaan telekomunikasi. Tower yang dipakai sebagai pemancar mempunyai fungsi sebagai pengirim sinyal. Itu dapat bekerja dengan baik karena adanya wire rope. Kegunaannya adalah sebagai penstabil antenna di tower tersebut. Apabila terdapat stabilizer yang baik, tentu sinyal bisa diterima oleh perangkat-perangkat di area jangkauannya. Dengan begitu, masyarakat dapat menikmati kemudahan melakukan komunikasi secara lancar tanpa gangguan.

Jika Anda membutuhkan produk seling baja terbaik dengan bahan bermutu, maka bisa memilih asmarines.com. Ini adalah perusahaan terpercaya penyedia peralatan berbagai bidang industri. Kunjungi situsnya untuk melihat kumpulan produk serta harganya.

Komentar

  1. membaca ini aku jadi ingat pak suamik yang begitu mahir memperbaiki peralatan yang rusak. Btw, makasi mak untuk infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak. Kalau Pak suami emang paham banget. Kita juga lah paham sedikit hehe.

      Hapus
  2. Buat usaha biar makin dipercaya sama pelanggan maka harus pilih baja berkualitas baik dan tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mpok. Wajib pakai Baja yang kualitasnya bagus.

      Hapus
  3. Ternyata wire rope punya kegunaan beragam yah. Ekspolitasi sumber gas di kilang minyak jadi lebih mudah menggunakan seling kawat ini ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah aku baru tau ternyata sling Baja ini mempunyai beberapa kegunaan di berbagai industri yaa..

      Hapus
    2. Mbak Lintang: iya Mbak pekerjaan di pertambangan bisa jauh lebih mudah dan lebih cepat pengerjaannya.

      Mbak Nunung: iya Mbak banyak banget kegunaannya

      Hapus
  4. Makasih banyak atas informasinya jadi tahu lebih banyak tentang fungsi sling baja di berbagai bidang pekerjaan nih, ternyata banyak juga manfaatnya yaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak. Buat kita emang jarang lihat padahal sering banget dipakai dan seliweran di depan mata hehe.

      Hapus
  5. Thanks info nya, jadi nambah wawasan baru nih tentang baja yang sebelumnya beneran tidak paham heheh. Ternyata manfaatnya banyak sekali yah untuk bidang industri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak. Aku juga jadi lebih paham dengan dunia baja.

      Hapus
  6. Fungsinya bejibun ya mba
    Apalagi klo di kota² nih, urgent bgt pastinya
    Makasi infonya mba

    BalasHapus
  7. Ternyata wire rope memiliki fungsi penting. Yang paling utama wire rope berperan penting dalam berbagai bidang kehidupan

    BalasHapus
  8. Kakakku kerja di bidang pembangunan. Kadang lihat sih seling baja ini karena kan memang dibutuhkan buat angkut barang berat. Jadi gak manual kerjanya

    BalasHapus
  9. Untung ada fotonya, jadi kebayang kayak gimana tuh yang namanya Seling Baja. Hahahah. Kalau suami saya sih, pasti tahu yakk.. istrinya nih yang gak tahu hahaha.

    BalasHapus
  10. Masih agak bingung yg mana sling baja, tp emang kyknya buat yang angkat2 barang berat di pelabuhan2 itu kyknya ya mbak? Sangat membantu banget nih utk mempermudah pekerjaan di bidang konstruksi jg kyknya

    BalasHapus
  11. Bentuknya unik banget ya seling baja itu. Dan manfaatnya banyak banget untuk pembangunan.

    BalasHapus
  12. Aku kenal alat ini karena suami kerjaannya di konstruksi, banyak kegunaannya untuk pembangunan. Di rumah juga ada untuk menahan dak atap teras

    BalasHapus
  13. Jujur, aku baca ini dan baru tahu tentang sling baja, termasuk fungsinya. Sekarang memang pembangunan rumah kontruksinya banyak menggunakan bahan baja ya, Mba

    BalasHapus
  14. Banyak sekali kegunaan sling baja yaa..
    Yang aku tau sling baja biasa buat syuting film laga gitu gak, sih..?
    Sebagai alat pengaman.

    Dengan peruntukkannya, sling baja bisa diperoleh dengan mudah di asmarines.com.

    BalasHapus
  15. sling baja itu yang pengait gitu bukan sih ka ? jadi penasaran kaya gimana bentuknya membaca manfaatnya banyak banget ya

    BalasHapus
  16. Jadi ini tuh kabel yan gterbuat dari baja gitu ya mak, fungsinya itu pengait kah ? tapi pasti banyak yang tipe lain sih soalnya bisa dibuat konstruksi juga, kalau fungsinya seperti itu emang harus materi yang bagus biar safety, gak ganggu operasional dan tahan lama.

    BalasHapus
  17. Kini sling baja banyak dipake ya Mba bisa buat apa aja yang seperti mba jabarkan.. MasyaAllah membuka wawasan makasih Mba.

    BalasHapus
  18. jadi bertambah pengetahuanku tentang perbajaan mbak, aku cuma tahu atap aja yang sekarang sudah banyak pakai baja ringan, ternyata baja bisa digunakan diberbagai kebutuhan ya, tergantung ketebalan kali yaa apalagi kalau untuk konstruksi kan

    BalasHapus
  19. Industri selling baja sudah banyak ya sekarang. Harus disertai pengetahuan soal baja nih agar bisa paham. Informasi di artikel ini bermanfaat banget buat nambah wawasan.

    BalasHapus
  20. Aku awam banget soal konstruksi dan baru tau ternyata selling baja ini banyak banget ya fungsinya. Ga hanya untuk satu industri aja, tapi dari perkapalan sampai telekomunikasi.

    BalasHapus
  21. The man-to-machine ratio is the number of machines one personnel runs. There ought to be a super optimum time to dictate which tools the technical staff operates and at which intervals. Avoid idle occasions for each machines and RING DOORBELL CAMERAS operators for optimum productiveness.

    BalasHapus

Posting Komentar