Pusat Semanggi Surabaya di Surabaya Barat

Pecel Semanggi lebih dikenal dengan sebutan Semanggi Surabaya. Salah satu makanan khas Surabaya yang sempat hilang, kembali lagi hits sekarang.

Semanggi Surabaya
Semanggi Suroboyo penampakan memang mirip dengan pencel. Biasanya penjual juga membuat wadah berbentuk pincuk dari daun pisang. Hanya saja untuk sayuran didominasi dengan sayur semanggi. Ada kecambah, kangkung dan daun turi sebagai tambahan. 

Daun semanggi ini sejenis tanaman perdu yang banyak tumbuh di pematang sawah atau pinggir sungai dangkal. Daunnya kecil-kecil. Teksturnya sedikit kasar. Kalau sudah direbus rasanya seperti daun kenikir. 

Semanggi Suroboyo biasanya dikasih bumbu diatasnya. Bumbunya terdiri dari campuran ubi, kacang tanah, bawang merah, bawang putih dan petis. Ubi dikukus lalu dihaluskan. Biasanya cabai rawit dihaluskan terpisah. Jika pembeli ingin bumbu yang pedas barulah dicampur dengan cabai rawit.

Sebagai pelengkap adalah kerupuk puli warna kuning yang lebar. Kerupuk puli ini fungsi sebenarnya sebagai sendok. Tekstur kerupuk puli ini memang tebal. Saat bertemu dengan bumbu Semanggi akan menjadi lunak. Teksturnya pas saat dimakan.


Pusat Semanggi di Surabaya Barat
Biasanya penjual Semanggi Surabaya ini berjualan keliling di kampung-kampung. Kalau di daerah rumah saya masih ada penjual kelilingnya. Sayang, penjual semanggi semakin jarang di Surabaya.

Kebetulan di Surabaya Barat ada Sentra Kampung Semanggi Surabaya. Lokasinya di Jalan Raya Kendung. Daerah Sememi. Dekat dengan Babat Jerawat. Saya biasanya lewat Komplek Citraland UNESA. Ikuti jalan tembusan yang ke arah Babat Jerawat. Setelah Ruko Palma Galeria ada lampu merah lalu belok kanan. Saat masuk jalan ini sudah daerah Jalan Raya Kendung. Ada gang di sebelah kanan jalan dengan plang besar bertuliskan Kampung Semanggi Surabaya. Masuk saja ke gang ini.

Ada juga penjual Semanggi Surabaya di area Ruko Palma Galeria. Kalau dari arah UNESA lokasinya di sebelah kanan jalan. Setelah komplek Pelican Hill Rosewood maju pelan-pelan. Tak banyak penjual Semanggi Surabaya. Sekitar 2 atau 3 orang.

Paling rame saat Idul Fitri. Sepanjang Ruko Palma Galeria sampai lampu merah di sisi sebelah kanan Penjual Semanggi Surabaya berderet-deret. Terpal dan tikar warna-warni digelar. Siap menyambut para pecinta Semanggi Surabaya. Biasanya ramai mulai hari pertama lebaran sampai masa mudik lebaran usai.

Semanggi Surabaya yang paling enak sebelah mana? Enak semua. Pilih saja penjual yang paling sepi pembeli. Pasti rasanya enak sekali. Tidak percaya? Silahkan dicoba.

Komentar

  1. kayaknya belum pernah cobain semanggi. Pahit nggak ya?
    sering disebut sama sodara-sodara, tapi malah nggak nyobain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak pahit kok. Kayak kangkung rasanya. Hanya tekturnya lebih kasar. Yuk kapan-kapan dicobain

      Hapus

Posting Komentar