3 Kegiatan Seru Bersama Keluarga di Rumah


Masa isolasi mandiri ini memakan waktu yang panjang. Wajar bila anak-anak mulai bosan. butuh kreativitas untuk membuat mereka tetap betah di rumah. Berbagai kegiatan seru untuk anak-anak bisa dilakukan setiap hari.

Setiap hari? iya. Tentu saja ini membutuhkan pemikiran mendalam. Tidak perlu juga. Berikut ini ide dari saya untuk kegiatan seru bersama keluarga yang murah. Tidak memerlukan biaya atau aneka peralatan mahal.

1. Bermain Bersama Anak

Mumpung lagi di rumah saja. Bagi yang sudah mempunyai anak, manfaatkan waktu sebanyak-banyaknya bersama. Terutama buat para pekerja kantoran yang sebagian besar waktunya habis di luar rumah.

Tinggalkan gadget. Singkirkan laptop. Anak bangun tidur ada sekitar 12 jam dalam sehari. Manfaatkan waktu untuk menemani anak sepenuhnya. Caranya sederhana saja. Temani anak-anak selama bermain.

Kata menemani dan mengawasi ini berbeda arti ya. Kalau menemani artinya Anda ikut bermain bersama anak. Terlibat secara intens. Kalau mengawasi, Anda melihat anak bermain sambil mengerjakan yang lain. Harus dipahami di awal. Jangan sampai Anda salah persepsi dengan yang saya maksudkan di sini.

Kalau anak mau main bola ya ikut melempar atau menendang. Lari bersama. Kalau anak main masak-masakan, ikut juga masak. Bisa juga jadi pembeli. Anak main boneka ya hayatilah peran. Ikut masuklah ke imajinasi anak dan menelusuri dunia boneka bersama.

Anggap saja bermain dengan anak ini sebagai nostalgia masa kecil dulu. Siapa tahu Anda bisa mengajarkan berbagai trik permainana baru. Trik ini nantinya akan dipamerkan anak pada teman-temannya dengan bangga.

Anda pasti bangga juga. Selain itu kenangan bersama ini akan menjadi simpanan memori indah untuk anak. Kedekatan anak dan orang tua dalam bermain akan menumbuhkan emosi positif pada anak. Ada rasa aman dan nyaman pada diri, anak yang akan berpengaruh pada pertumbuhan psikologis saat remaja nanti.

2. Mengerjakan Pekerjaan Rumah Bersama

Sudah menjadi rahasia umum. Pekerjaan rumah tidak pernah ada habisnya. Kalau mau dituruti, waktu 24 jam tak akan cukup untuk mengerjakan semuanya. Capek? pastinya. Bagaimana kalau melibatkan anak dan suami untuk mengerjakan pekerjaan rumah? Boleh juga nih.

Anak-anak kan belajar online. Suami Work From Home (WFH). Iya memang sih. Anak-anak belajar online sekitar 2-3 jam saja. Itu sudah termasuk mengerjakan tugas. Sisa waktunya ngapain? Main, bikin keributan, main game online, nonton youtube atau televisi. Nah. Masih banyak waktu santai.

Anak-anak bisa dimintai tolong membantu pekerjaan Ibunya. Bisa disesuaikan dengan umur dan hobi anak masing-masing. Buat yang hobi bergerak kesana-kemari, bisa disuruh menyapu dan mengepel seluruh rumah. Kalau hobi bermain air, bisa cuci baju, bersihkan kamar mandi, cuci piring atau menyiram tanaman.

Buat anak yang sudah remaja bisa untuk masak atau setrika. Memang anak-anak mau disuruh? Eits, bukan disuruh tapi dimintai tolong. Kalau disuruh kan kesannya memerintah ya. Kalau minta tolong kan dengan lemah lembut bicaranya. Kalau anak-anak tidak mau bergerak bisa deh bicaranya sambil melotot sedikit. Anggap saja latihan akting sinetron hehe.

Kalau minta tolong suami kan bagaimana ya. Beliau kerja. Cari uang biar dapur tetap jalan terus kan? Meskipun sibuk kerja tapi tetap harus olahraga kan? Bangun pagi sebelum pegang laptop bisa lah menyapu atau mengepel sebentar.

Lumayan kan kalau nyapu atau ngepel seluruh rumah, badan bisa berkeringat. Sama dengan olah raga kan? Bukankah dianjurkan olah raga setiap hari. Untuk meningkatkan imun tubuh. Iya kan? iya-in saja deh. Kalau Ibu sudah bicara. Ibu-ibu mah maha benar hehe.

3. Bikin Permainan Seru

Pernah ikut outbound? atau pernah lihat berbagai game kocak di acara televisi?

Coba usung berbagai permainan seru tersebut di rumah. Ajak seluruh penghuni rumah untuk bermain. Bisa dicoba permainana yang paling sederhana. Tebak kata. Untuk menebak bisa dengan memperagakan kata tersebut.

Kalau anak-anak masih kecil gunakan hanya 1 atau 2 kata sederhana. Kalau anak-anak sudah remaja bisa mempergunakan 1 kalimat. Bisa juga pergunakan rangkaian kalimat yang konyol. Mungkin juga dengan rangkaian kata yang berima.

Libatkan anak-anak dan pasangan untuk menentukan kata atau kalimatnya. Rekan se-tim bisa diganti-ganti biar seru. Libatkan seluruh anggota keluarga untuk mengusulkan hukuman bagi yang kalah. Plus hadiah untuk pemenang. Tak perlu yang mahal-mahal. Bisa juga hanya sekedar mijitin yang menang selama 1 jam misalnya.

Satu lagi permainan yang seru buat anak adalah mencari harta karun. Tebar berbagai petunjuk di seluruh penjuru rumah. Permainaan ini bisa sampai seharian membuat anak-anak sibuk. Mereka akan penasaran untuk memecahkan berbagai teka-teki yang Anda berikan.

Seru kan? Apakah Anda akan mencoba ketiga kegiatan seru ini? atau mungkin Anda punya usul yang lainnya?





Foto: koleksi pribadi

Komentar