Sunday, 16 October 2016

Soto Segar Boyolali



Kami yang tinggal di Jawa Timur selama ini terbiasa dengan soto Lamongan atau soto Madura. Kuahnya berbumbu 'lengkap' dan berlemak. Pertama kali mencicipi soto versi Jawa Tengah terasa ringan melayang. Kuahnya bening, sedikit lemak dan berbumbu ringan. Kalau menurut saya pribadi rasanya mirip sop.

Nah, sewaktu mudik balik lebaran yang lalu, Suami mengambil jalan pintas lewat Boyolali. Sepanjang jalan Boyolali-Solo banyak banyak spanduk soto segar Boyolali. Lama-kelamaan, saya jadi penasaran. Kayak apa sih soto segar ini. Ya sudahlah, berhenti sejenak demi menuntaskan rasa penasaran ini.

Hmm... porsinya bikin galau nih. Separuh porsi soto Lamongan atau soto Madura. Mangkuknya juga imut. Ukuran porsinya kalau dibandingkan, dari porsi kecil sampai besar. Soto Kwali, Soto segar Boyolali dan soto Lamongan versi Jawa Timur.

Soto segar ini isinya sederhana. Nasi putih, Kecambah panjang dan seledri lalu disiram kuah. Sebagai pelengkap daging sapi rebus yang dipotong sedang. Kuahnya bening, tidak berwarna kuning dan bumbunya ringan mirip seperti kuah sop. Sama seperti kuah soto versi Jawa Tengah yang lain. Daging sapi yang mencuri perhatian. Empuk dan bumbunya meresap ke seluruh bagian daging. Nikmat banget digigit. Bikin nagih. Sayang, hanya dikasih 3 biji hehe.

Sebagai pendamping soto segar ada beberapa lauk pilihan yang sudah disediakan di meja. Pada setiap meja sudah disediakan deretan piring dengan tudung saji warna warni. Ada tempe mendoan, sate puyuh masak coklat, sate usus, sate jeroan (hati dan ampela), tahu tempe bacem. Silahkan pilih sesuai selera. Nikmat...

Harganya cukup murah. Soto segar saja tanpa tambahan lauk Rp 8.000,-/porsi. Lauk tambahan harganya beragam, Rp 1.000 - 3.000,00. Lumayan... murah dan enak. Kalau lewat Boyolali bisa mampir lagi, nih.

Foto: koleksi pribadi menggunakan Asus Zenfone4S


2 comments:

  1. Waw seger yah sotonya.
    Ternyata beberapa kota ada soto yang berbeda-beda.
    Kalau di Medan sini yang enak dan seger tentu soto medan.hehhee

    ReplyDelete
  2. Iya... banyak versi soto
    Huaaaa aku jadi penasaran pengen coba soto Medan
    Semoga suatu saat bisa ke Medan dan mencoba soto Medan. Aamiin

    ReplyDelete