Ibu Rumah Tangga Belajar di Fortune Indonesia

Mbak ada waktu? Mau tanya soal saham, nih.

Ada sebuah chat masuk dari seorang teman lama. Saya langsung garuk-garuk kepala yang mendadak gatal. Saya paling tidak paham soal yang satu ini. Saya segera balas.

Maaf Mbak, saya tidak paham soal saham. Aku forward ke Suami ya pertanyaan sampean.


Kebetulan Suami sedang di rumah. Saya tunjukkan pesan tersebut. Suami minta pertanyaan spesifik. Info tentang saham apa yang diperlukan. Ternyata teman lama ini masih awam tentang saham. Beliau ingin tahu bagaimana sih sistem saham ini. Suami langsung ketik-ketik di ponsel. Tak lama ada pesan masuk dari Suami.

"Kok, link." Saya langsung protes.
"Baca. Pahami dulu. Kalau dia ada yang gak paham ya kamu jelasin." ucap Suami kalem.
"Loh, kok jadi aku." kata saya sambil merengut.
"Ya iya lah. Jangan malas belajar. Ibu kan menteri keuangan dan ekonomi di rumah. Harus paham juga dengan perkembangan dunia ekonomi di luar sana. Lagian kan bisa buat bahan tulisan di blog. Lumayan, kan."
"Urusan saham ini njlimet, lho." Saya menghembuskan nafas panjang. Saya sudah buka link paling atas. 
"Kelihatannya saja. Kalau sering baca gampang kok. Sama kayak kamu belajar SEO atau resep masakan. Sudah ada rumus patennya."

Hem. Baik lah. Saya coba dulu. Suami saya memang sukanya gitu. Jika ada yang saya tanyakan, tidak langsung dijawab. Saya disuruh belajar dulu. Nanti kalau sudah belajar ada yang masih gak paham. Barulah mau jawab pertanyaan saya.

Kenapa Fortune Indonesia?

Saya masih baca link pertama dari Suami. Link dari majalah Fortune Indonesia. Link dari Suami langsung dari kategori market. Kategori ini berisi tentang berita pergerakan dan prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Bahasa yang dipergunakan mudah dipahami oleh saya yang awam soal istilah, sistem dan idiom ekonomi. Saya pikir bahasanya njlimet khas media ekonomi. Meski beritanya tentang berbagai berita terkini tentang saham tapi juga menyelipkan informasi dasar yang berguna bagi pembelajar pemula.

Setelah baca beberapa artikel di kategori market, refreshing sejenak. Saya sempat tergoda dengan artikel populer. Seru juga baca berbagai berita ekonomi. Saya baru tahu ternyata harga minyak yang sedang naik bisa berpengaruh pada inflasi Indonesia. Kok bisa ya? Jadi penasaran.

Ada juga artikel tentang pinjaman online yang sedang marak dibicarakan akhir-akhir ini. Ternyata memang benar ya. Jangan gampang berhutang pada pihak yang tidak jelas. Harus cari tahu sedetail mungkin perusahaan atau lembaga yang akan memberi hutang. Selain itu juga harus teliti membaca perjanjian hutang. Tentu saja juga cermat menghitung besaran bunga yang harus ditanggung. Jangan asal setuju saja. Butuh duit boleh tapi logika tetap harus jalan. Daripada menyesal belakangan.

Saya juga jadi kepincut belajar tentang dunia UMKM dan masalah ekspor impor. Ternyata banyak informasi baru. Ada beberapa tugas ponakan yang lalu dan baru saya tahu jawabannya setelah baca artikel di Fortune Indonesia. Sayang, saya dulu tak bisa bantu karena 'ketidaktahuan'. Benar kata suami, meski sudah jadi Ibu Rumah Tangga (IRT) tetap harus terus belajar banyak hal dan banyak membaca hal baru.

Bukan Hanya Berita Ekonomi

Saya jadi tergoda membaca berita di Fortune Indonesia. Berbagai artikel sudah dikelompokkan dalam beberapa kategori. Saya sebagai pembaca jadi lebih mudah membaca artikel sesuai dengan topik yang saya butuhkan. 

Ada banyak kategori berita ekonomi selain market, antara lain: business, finance dan sharia. Business berisi berita perkembangan bisnis, perusahaan, inovasi dan profil tokoh. Aneka cerita tentang kisah berbagai perusahaan dan pengusaha ada di sini. Saya bisa belajar banyak dari perjuangan dan perjalanan bisnis mereka.

Kalau ingin tahu berbagai berita terkini tentang ekonomi, kebijakan Bank Indonesia, pajak, perbankan dan asuransi ada di kategori finance. Sempat kesentil sama Suami seberapa waktu lalu kalau saya jangan cuma tahu gosip artis dan drama Korea. Sebagai istri pedagang harus tahu juga kondisi ekonomi Indonesia dan luar negeri. Ya saya tahu akan berimbas ke usaha Suami. Kalau kondisi ekonomi lagi gonjang-ganjing ini artinya doa buat Suami harus lebih kencang. Loh kok cuma doa. Iya. Saya nggak bisa ikut bantuin usaha Suami. Ilmu saya belum cukup.

Fortune Indonesia juga ada berbagai artikel dengan kategori Sharia. Di sini berkumpul semua bahasan tentang masalah syariah. Baik tentang berita ekonomi, investasi, asuransi, investasi dan perbankan. Saya jadi lebih paham lagi tentang berbagai konsep dan sistem syariah di Indonesia.

Bukan hanya berisi berita tentang ekonomi. Ada juga berbagai berita politik, kesehatan, industri, energi dan international. Semua itu bisa dibaca pada kategori news. Tenang saja meski bahasannya berat tapi enak dibaca dan dipahami. Tidak bikin pusing kepala.

Saya juga bisa belajar tentang gadget, software, AI, aplikasi dan berbagai teknologi terbaru. Katanya Ibu-Ibu tak boleh gaptek kan? Kalau anak menyimpan file 'berbahaya' yang di rename atau hide Ibu jangan sampai kecolongan. Ini nih salah satu kategori yang sering saya buka, yaitu kategori tech.

Satu lagi nih kategori ynag bikin saya sering sholawat kalau pas baca. Luxury . Artikel yang ada di kategori ini asli bikin ngiler. Ada berbagai berita tentang barang mewah, gadget terbaru, aneka tempat wisata hits, hotel berbintang dan kuliner lezat. Tak apalah saat ini hanya membaca. Siapa tahu nanti ada beneran tas Gucci di lemari atau Porsche listrik di garasi. Aamiin.

Ternyata seru juga baca di Fortune Indonesia. Saya bisa belajar banyak hal. Bisa buat nambah wawasan. Bisa nyambung kalau ngobrol soal ekonomi dan dunia usaha dengan suami. Kalau ada bahasan berita terkini di WAG, saya bisa komentar juga. Tentu saja komentar yang bukan yang asal. Lumayan berbobotlah komentarnya. Nggak bakal malu-maluin lah. Kan sudah baca Fortune Indonesia.

Komentar

  1. Sebagainseorang ibu memang dituntut serba tau dan serba bisaa karena anak2 pasti tanya apa2 ke ibunya dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak. Apalagi tugas anak-anak sekarang serba ajaib. Ibunya kalau nggak update berita bisa kelabakan

      Hapus
  2. ibu juga harus belajar keuangan ya

    BalasHapus
  3. Salah satu hal yang aku suka dari Fortune Indonesia itu, bahasa yang digunakan mudah dipahami, ga perlu google buat cari artinya. Top banget deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mbak. Lebih gampang dipahami artikelnya.

      Hapus
  4. Ibu: menteri segala urusan 😃

    BalasHapus
  5. Bener, bahasa di Fortune ini emang mudah dimengerti ya mbak. Jadi mudah dipahami oleh yang awam sekalipun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Bahasanya nggak bikin pusing kepala.

      Hapus
  6. Setuju, Mba. Asyik baca berita ekonomi dan bisnis di Fortune Indonesia. Berita tersaji sesuai kategori, jadi mudah dalam pencarian. Seperti mau cari seputar keuangan tinggal pilih kategori finansial. Pun, dengan teknologi karena ada kategorinya khusus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Kalau papas butuh tema tertentu lebih mudah carinya.

      Hapus
  7. bener, seorang ibu pun harus menambah wawasannya agar tidak terkukung dengan pola pemikiran yang ada di kepalanya saja :D

    BalasHapus
  8. Kok sama banget ya mbak. Sudah lima tahun lalu suami aktif inves saham, trus geret istrinya juga dong eh yang digeret nggak paham-paham. Jadi semua balik lagi di urus suami. Pas baca fortune baru ngeeh dikit-dikit jadi lumayan nyambung kalau ngobrol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss dulu ah kita. Sahma ini rumit banget menurutku.

      Hapus
  9. Tapi mba seringnya kalau pas butuh uang tuh logika nggak jalan kan, hiks. Makanya angka kriminalitas meningkat dan jadi celah lebar bagi pinjol bodong. Dan luckyly Fortune Indonesia ikut membahas ini meskipun media ini adalah media bisnis dan ekonomi dengan skala global ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga sih Mbak. Kalau kepepet butuh uang ya. Untunglah lebih banyak info tentang pinjol sekarang.

      Hapus
  10. Bener banget Mbak Ugik, bahasa ekonomi dan bisnis yang biasanya njlimet tapi dalam Fortune Indonesia bahasanya ringan ya, Mbak....mudah dipahami

    BalasHapus
  11. suka baca luxury di fortune, hihi

    BalasHapus
  12. Yeayyy... aku juga lagi suka baca Fortune Indonesia nih mba. Bahasanya mudah dipahami dan beritanya up to date. Gak malu-maluin lah ya kalo ngobrol ama pak cuami.

    BalasHapus
  13. Saya juga suka baca berita yang ringan tapi tetap sarat manfaat

    BalasHapus
  14. Pengen juga belajar saham. Jalan-jalan lagi deh ke web Fortune Indonesia. ^^

    BalasHapus

Posting Komentar