5 Jenis Jilbab Bikin Makin Cantik


Alhamdulillah semakin banyak pengguna jilbab saat ini. Berbagai kalangan. Anak-anak, remaja atau dewasa. Kalau dulu pemakai jilbab hanya dengan warna dan model monoton. Berbagai model dan corak warna bermunculan sekarang. 

Tidak ada lagi pembatasan usia dan model jilbab tertentu. Jilbab yang didesign untuk kalangan muda ternyata dipakai juga para orang tua. Begitupun sebaliknya. Tergantung selera saja. Urusan warna dan model jilbab bebas digunakan usia berapa pun. 

Jilbab atau Hijab

Pernah nggak bingung apa bedanya jilbab atau hijab?

Saya pernah mengalami. Saya bukan ahli bahasa Arab jadi saya searching dari berbagai sumber. Insyaa Allah yang saya tuliskan berikut ini dari sumber terpercaya kebenarannya.  

Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang Mukmin, "Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu agar lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. (Qur'an Surah Al-Ahzab : 59).

Arti kata jilbab dalam ayat ini adalah kain yang membungkus tubuh. Bisa diartikan sebagai kain penutup kepala dan penutup tubuh. Sedangkan arti kata hijab secara bahasa adalah penutup.

Secara istilah, makna hijab adalah sebagaimana dijelaskan Al Munawi berikut ini:

الحجاب: كل ما ستر المطلوب أو منع من الوصول إليه، ومنه قيل للستر حجاب لمنعه المشاهدة، وقيل للبواب حاجب لمنعه من الدخول. وأصله جسم حائل بين جسدين

“Hijab adalah segala hal yang menutupi sesuatu yang dituntut untuk ditutupi atau terlarang untuk menggapainya. Diantara penerapan maknanya, hijab dimaknai dengan as sitr (penutup), yaitu yang mengalangi sesuatu agar tidak bisa terlihat. Demikian juga al bawwab (pintu), disebut sebagai hijab karena menghalangi orang untuk masuk. Asal maknanya, hijab adalah entitas yang menjadi penghalang antara dua entitas lain” (At Tauqif ‘ala Muhimmat At Ta’arif, 1/136).

Arti kata hijab ternyata lebih luas lagi. Lebih ke penghalang mata yang menjadi pembatas. Untuk selanjutnya, saya akan menggunakan kata jilbab. Kata ini yang paling mendekati arti pada kegunaan atau fungsinya yaitu kain yang menutupi tubuh. Ada 5 jenis jilbab yang bisa digunakan dan bisa mempercantik para muslimah, yaitu:

1. Jilbab Instan

Jilbab ini bisa disebut juga jilbab jadi atau jilbab langsung. Jilbab jenis ini sudah dijahit rapi. Kita langsung pakai saja. Tersedia aneka model dan warna saat ini. Mau yang sederhana atau gaya mewah juga ada. Tersedia juga satu lapis kain jilbab atau dua bahkan 3 lapis kain.

Sebagian besar modelnya melingkar. Namun ada juga jenis pasmina instan. Bagi yang ingin menggunakan pasmina tapi malas ribet bisa jadi solusi ini. Kalau saya pas ingin pakai pasmina lebih suka pakai yang pasmina instan. Tinggal pakai, langsung masukkan ke kepala. Praktis seperti pakai jilbab instan.   

2. Segiempat

Jaman tahun 90an. Saat masa saya awal pakai jilbab. Jilbab instan jarang yang jual. Kalau pun ada modelnya biasa banget. Standar polos. Tanpa hiasan atau model yang bervariasi. Saya jadi lebih sering menggunakan jilbab segiempat. 

Sebagian besar jilbab koleksi saya model segiempat. Baik yang polos ataupun motif. Lebih banyak yang polos karena jilbab segiempat motif masih jarang. Sangat jauh berbeda dengan jaman sekarang. Motifnya bagus dan banyak pilihan warna.

Saat ini jilbab segiempat juga ada beberapa ukuran. 110x110cm, 130x130cm atau 150x150cm. Kalau jaman dulu jilbab segiempat yang dijual ukurnanya banyak yang 110x110cm. Kalau ingin yang lebih besar, saya biasanya beli kain lalu saya neci. 

Banyak orang yang malas pakai jilbab segiempat. Ribet. Butuh peniti atau jarum pentul. Padahal saat ini sudah ada jepit khusus sebagai pengganti peniti atau jarum pentul. Lebih mudah, cepat dan tidak merusak jilbab. Enaknya pakai jilbab segiempat bisa dibentuk aneka macam model. Tergantung mood dan kebutuhan kita. Satu jilbab bisa digunakan untuk acara santai atau resmi dengan 2 model jilbab yang berbeda. Praktis kan. Tak perlu beli banyak jilbab.


3. Segiempat Instan

Jilbab jenis segiempat instan ini solusi buat yang ingin pakai jilbab segiempat tapi malas ribet. Jilbab jenis ini pada bagian bawah dagu sudah dijahit rapi dan kuat. Bentuknya sudah segitiga. Ada juga yang sudah ada jahitan pet. Ini lebih praktis lagi. Tinggal pakai. Tambahkan bros. Selesai.

Kalau sayang beli jilbab yang baru. Anda bisa jahit sendiri jilbab segi empat koleksi Anda. Lebih enak ini. Ukurannya lebih pas. Masih malas pakai jilbab segiempat? Nggak lagi deh. Ada solusi dari segala masalah. Yang penting bisa tampil lebih cantik dengan jilbab andalan. 

4. Pet Antem

Pada jilbab instan terkadang ada yang membuat wajah bulat terlihat chubby. Bagi beberapa orang hal ini bisa mengurangi percaya diri. Bagaimana kalau ingin kelihatan lebih tirus? gampang. Sudah ada jilbab instan pakai pet antem (anti tembem). 

Saya masih takjub dengan penemuan pet antem ini. Kok bisa ya kepikiran. Masyaa Allah genius banget untuk penemunya. Sayang saya sampai sekarang tidak tahu siapa penemu pertama kali pet antem ini. Terima kasih untuk Anda yang sudah membuat penemuan ini. Bisa membuat kami kaum cubby jadi kelihatan tidak terlalu bulat pipinya 

5. Jilbab Masker

Masa pandemi membuat para designer dan pengusaha jilbab berinovasi. Mereka menciptakan jilbab masker. Jilbab yang sudah dilengkapi masker. Bahkan saat ini banyak penjual jilbab yang memberikan bonus masker. Ada yang menyatu dengan jilbabnya. Ada juga yang terpisah tetapi dengan warna dan motif yang sama dengan jilbabnya.

Inilah berbagai jenis jilbab yang bisa mempercantik para muslimah. Kalau saya selama ini beli jilbab selalu di RIUMMART. Banyak jenis jilbabnya. Ada berbagai model dan warna. Lengkap pula untuk anak-anak sampai nenek-nenek.   

  


Referensi tambahan : https://muslim.or.id/26725-makna-hijab-khimar-dan-jilbab.html

Foto : koleksi RIUMMART

Komentar

  1. Yang ngetren sekarang ini memang jilbab masker. Orang juga inovatif melihat peluang bisnis di tengah situasi sperti ini ya, Bu. Kalau aku pribadi, masih senang jilbab segi empat. Lebih nyaman untuk dipakai setiap hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bu. Maskernya dibikin cantik pula. Jilbab segi empat ini memang paling enak ya bu. Bisa dipakai gaya macem-macem pula.

      Hapus
  2. Waahh jilbab masker! praktis banget tuh Mba, cuman nggak enaknya kalau kita pakai pas lama gitu, maskernya nggak boleh dipake terus, kudu diganti hihihi.

    Kalau saya sebenarnya suka jilbab instan, tapi belum nemu yang saya suka dan nyaman yang digunakan, beberapa jenis yang instan, saya pakai sih enak dan praktis, tapi saya suka sebal liat tampang saya jadi kek nenek-nenek hahahaha.

    Akhirnya balik lagi ke jilbab segi 4 favorit saya, meski kainnya biasa, tapi nyaman dipakai oleh saya sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini nggak enaknya jilbab masker. Kalau keringetan di luar ruangan. Masak mau bawa jilbab baru di tas. Ini yang bikin aku nggak sreg.

      Sama. Aslinya aku juga suka pakai jilbab instan. Sudah banyak sekarang jilbab instan yang modelnya kekinian. koleksinya Riummart nggak bikin kayak nenek-nenek Mbak #eh gimana? gimana? hehe.

      Hapus
  3. Gara-gara suka inyip-intip model jilbab di marketplace, tiap buka apapun yang keluar selalu jilbab. Sampe mblenek haha

    Dari sekian model jilbab, saya tetap favorit kotak mbak. Udah kebiasaan dan tanpa daleman pun, tetap berdiri tegak.

    Sekarang trendnya kerudung slobokan yang pake tali. Di mana-mana orang pake begituan. Tapi enak sih, pas buat cepet2an, khimar seperti ini gak banyak ulah. Jadi pas ada teriakan paket, tinggal lari cepet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku selalu salut sama yang pakai jilbab segiempat tanpa daleman tapi masih tetap rapi dan tegak berdiri. Aku ora iso haha.

      Aku sering pakai yang slobokan Mbak. Pilih gampang e hehe.

      Hapus

Posting Komentar