Wednesday, 15 November 2017

Cantik, Sehat dan Bahagia bersama Viva Cosmetics

Kemasan Viva Queen nan elegan

Saya sudah akrab dengan Viva dari kecil. Peralatan dandan Ibu banyak yang menggunakan viva. Saya berkenalan pertama kali dengan pembersih wajah dan bedak juga dengan Viva. Tak terasa sudah 55 tahun kosmetik ini hadir di Indonesia. Saat ini bukan hanya wanita Indonesia saja yang dipercantik. Viva Cosmetics sudah merambah ke pasar luar negeri. Penjualannya tidak saja secara offline, namun bisa juga beli secara online di sini.

Kemaren, saya mendapat kesempatan hadir di Hall Vitapharm, yang berada di pabrik pembuatan Viva Cosmetics bersama beauty blongger Surabaya. Kami disambut dengan ramah oleh Bapak Danny Wibisono, marketing manager PT Vitapharm. Beliau menceritakan cikal bakal berdirinya PT Vitapharm sebagai produsen Viva Cosmetics. Pada mulanya pabrik pembuatan ada di Jalan Karet Surabaya lalu pindah ke Jalan Panjang Jiwo yang lebih luas hingga sekarang ini.

Kita juga diajak berkeliling untuk melihat pembuatan lipstik, bedak, lotion, quality control dan proses penyimpanan barang sebelum dikirim ke konsumen. Selama berkeliling di Pabrik, kami tidak diperkenankan untuk mengambil foto.

Untuk pembuatan lotion semuanya menggunakan mesin otomatis. Beberapa pekerja terlihat serius mengontrol selama proses produksi. Kalau di bagian produksi masih banyak tenaga manusia yang mengerjakan. Seneng banget melihat aneka lipstik beraneka warna. Rasanya pengen dicoba satu-satu haha.

Jalan-jalan kita berlanjut ke quality control (QC). Standar Viva Cosmetics sangat tinggi. Produk yang ada di tangan pelanggan diusahakan tanpa cacat sedikit pun. Mulai dari label, kemasan, isi, dan packaging sangat diperhatikan. Semua bagian tersebut ada QC tersendiri.

Waktu di bagian QC lipstik, kami melihat lipstik yang sengaja diberi beban untuk menguji kelenturannya. Sebagian besar dari rombongan melongo campur deg-degan. Kalau patah atau terlalu lembek akan di buang. Huaaa sayang banget.

Lokasi terakhir yang kita kunjungi adalah gudang penyimpanan. Ada dua area yaitu dingin dan suhu ruangan. Khusus lipstik dan pensil alis harus dimasukkan ke ruang dingin. Ruangan ini AC harus tetap menyala 24 jam. Hal ini dilakukan agar kualitas kedua barang tersebut tetap bagus seperti saat keluar dari ruang produksi.

tacap dulu biar tambah chantek :D


Puas keliling pabrik, kami kembali ke Hall Vitapharm. Saya kaget. Berbagai peralatan kosmetik lengkap tertata rapi di meja kami. Memang ada sesi beauty class tapi saya nggak nyangka akan menggunakan make up lengkap aneka warna. Kami diajari make up koreksi wajah. Cara memancungkan hidung, membuat pipi jadi tirus, mata lebih lebar dan banyak lagi. Kayak make up para artis gitu lah. Dandan lengkap itu ternyata seru juga. Lihat wajah kelihatan cantik rasanya jadi bahagia.

Produk Viva dari ujung rambut hingga ujung kaki.


Eh, kita juga diajari berbagai trik dan tips agar kulit wajah selalu sehat. Cantik aja kalau nggak sehat tentu nggak bikin bahagia, kan? Viva Cosmetics mempunyai rangkaian produk tidak hanya untuk mempercantik. Namun juga perawatan dari ujung rambut hingga ujung kaki agar wanita selalu sehat kulitnya. Nah pas kan. Sudah cantik, sehat pula. Bahagia lah jadinya.

games rias wajah dalam 10 menit


Disela-sela sesi acara awal hingga makan siang ada game seru. Merias wajah namun dengan peralatan make up yang harus rebutan dulu. Alhasil. Aneka model riasan tercipta dengan peralatan tak lengkap. Seru. Game yang menantang kreativitas dan imajinasi liar.

Setelah makan siang ilmu baru kembali hadir. Sesi workshop membuat foto yang eye catching di instagram bersama Mochamad Risky. Banyak pelajaran baru tentang membuat foto diri dan obyek di instagram. Ternyata berbeda dengan cara kita mengambil foto untuk kepentingan fotografi. Banyak trik dan tips dibagikan di sini.

praktek foto obyek oleh Ce Mindy

Kunci utama bikin foto yang bagus adalah pencahayaan. Sebisa mungkin jangan ada bayangan di foto kita agar terkesan profesional. Idealnya memang menggunakan lampu tambahan. Seperti di studio. Jangan hanya mengandalkan blits dari kamera. Tetapi kalau memang tidak punya cukup duit nggak perlu gesek kartu kredit. Kita bisa menggunakan lampu meja belajar yang bohlamnya berwarna putih. Bisa juga menggunakan bantuan styrofoam karena pantulan cahayanya lebih halus. Hindari juga penggunaan alumunium foil karena pantulan cahayanya lebih tajam. 

Saking asyiknya acara ini sampai molor 1 jam selesainya. Padahal masih banyak pertanyaan yang belum tuntas. Acara ini ditutup 'paksa' MC mbak Olivia eaaa. Ibu Anna, Kepala Unit Promosi Viva Cosmetics melepas kami dengan senyum hangat. Sampai jumpa... Semoga kita bisa berkumpul lagi di lain waktu.


Foto koleksi pribadi menggunakan Smartfren AndromaxE2

2 comments:

  1. Seru ya mbak bisa jalan-jalan plus dapat banyak ilmu.

    ReplyDelete
  2. Ugik uayuuuu. Manglingi pas didandani mbak sugi hartati

    ReplyDelete