Harga Rantai Motor di Planet Ban

harga rantai motor di planet ban


Jalan pagi kali ini, saya kesiangan. Sudah banyak kendaraan yang lalu lalang. Saya memilih berjalan di trotoar terus. Tidak berani turun ke pinggir jalan raya. Loh, tumben warung nasi uduk langganan masih sepi jam 7 begini. Ya sudahlah, beli sarapan dulu. Beberapa orang tampak mengerumuni sepeda motor di sebelah warung. Ternyata motor tersebut rantainya lepas. Motor berhenti tiba-tiba tadi. Alhamdulillah motor melaju pelan di pinggir jalan. Pengendara motor tidak jatuh. Tidak ada korban pengendara lain juga. 

Ternyata rantai motor mempunyai peran yang penting dalam keselamatan pengguna motor. Tidak terbayang bagaimana saat melaju kencang tiba-tiba rantai motor macet atau putus. Nauzubillah minzalik.

Fungsi rantai motor sangat penting pada sepeda motor. Rantai akan menghubungkan gir dengan roda belakang motor. Sehingga Roda belakang bisa berputar sebagai mana mestinya. Apa yang terjadi jika rantai putus atau macet. Roda belakang tidak akan bergerak. Motor akan berhenti mendadak. Pengendara motor bisa jatuh atau ditabrak pengendara kendaraan dari belakang karena berhenti mendadak.

Cara Merawat Rantai Motor
"Makanya Mas rantai motor juga harus dirawat. Jangan cuma mesin motornya dan rem saja. Merawat rantai motor itu hanya rajin dibersihkan. Cara membersihkan rantai motor gampang banget." ucap seorang Bapak setengah tua.

Bapak tersebut melanjutnya ceramahnya. Untung nasi uduk pesanan saya sudah selesai. Saya jadi ikut mendengarkan ceramah Bapak tersebut.  Bapak tersebut mengamati rantai motor. Rantai motor tersebut ternyata jarang dibersihkan, hanya dikasih oli bekas untuk perawatan. 

Ternyata penggunaan oli bekas akan bikin rantai motor mudah kotor. Cara membersihkan rantai cukup dibersihkan dengan air. Sekalian saat mencuci motor. Lalu dikeringkan dengan lap bersih. Pastikan kotoran disela-sela rantai bersih. Debu, lumpur atau pasir gampang menempel di rantai motor. Terutama pada musim hujan. Air Kotor atau lumpur di jalan otomatis akan menempel di rantai motor. 

Setelah rantai kering berikan pelumas khusus untuk rantai oli. Harga pelumas ini murah sekitar Rp 15.000. Hindari pemakaian oli bekas untuk melumasi rantai motor. Jika rantai motor tidak rajin dibersihkan akan cepat karatan. Jika rantai motor terdengar berdecit atau berdenting saat digunakan, ini berarti rantai sudah karatan. Segera mungkin diganti. Rantai bisa putus atau tiba-tiba tersendat. Tentu akan berbahaya jika hal ini terjadi saat motor melaju dengan kecepatan tinggi.

Rantai motor juga harus rajin dicek. Kalau kendor harus segera dikencangkan kembali. Jika rantai motor tidak segera dikencangkan akan tiba-tiba lepas. Kondisi ini tentu tidak diharapkan oleh pengendara motor saat melaju di jalan. Jika memang tidak bisa mengenyangkan sendiri bisa dibawa ke bengkel atau meminta bantuan orang yang sudah ahli. Kalau setelan rantai motor terlalu kencang juga berbahaya bagi pengendara.


harga rantai motor baru di planet ban


Harga Rantai Motor di Planet Ban

"Sampean beli rantai di Planet Ban situ, tuh. Harga rantai motor di sana gak mahal, kok." ucap Bapak Tua sambil menunjukkan Planet Ban di seberang jalan tidak jauh dari tempat kami berdiri.

"Loh, Planet Ban jual rantai motor sekarang?" kata di anak muda.

"Wooh ketinggalan jaman sampean. Service motor bisa di Planet Ban sekarang. Segala spare part juga ada."

Saya tersenyum simpul. Wah, si Mas ini kemana saja selama ini. Planet Ban sudah membuka layanan service motor dari tahun 2019. 

Ternyata saya baru tahu betapa pentingnya merawat rantai motor. Selain harus rajin dibersihkan, 'umur' pemakaian rantai juga harus diperhatikan. Jika sudah 15.000 km lebih baik rantai motor diganti dengan yang baru. Namun jika motor jarang digunakan, rantai akan lebih cepat berkarat. Lebih baik segera diganti saja jika rantai sudah berkarat. Rantai yang berkarat gampang putus.

Anda bisa ganti rantai motor di Planet Ban. Tersedia rantai motor tipe chain kits untuk motor karisma, supra dan new supra, revo, verza, jupiter Z dan MX new serta new vixion. Harga rantai motor tipe chain kits antara Rp 153.000 sampai Rp 245.000. Sedangkan khusus untuk Samarinda Rp 168.000 sampai Rp 269.000. Untuk biaya pemasangan rantai motor di Planet Ban gratis.

Bagaimana dengan rantai motor Anda? Apakah perlu untuk segera ganti? Segera datang ke Planet Ban terdekat di kota Anda.









Komentar

  1. Merawat rantai motor emang bagian yang penting banget. Jadi ingat adek juga pernah lalai merawatnya alhasil jadi banyak kerusakan lainnya yang harus diganti. Untung ada Planet ban ya mbak, ususan motor jadi terselesaikan

    BalasHapus
  2. Iya Mak. Kalau urusan perawatan motor kalau lalai biasanya memang malah merambat ke bagian motor yang lain.

    BalasHapus
  3. Lumayan lengkap emang yaa assecories Motor di Planet Ban, selain mereka menyediakan perawatan motor. Udah gitu Planet Ban ini ada di mana-mana jadi membantu banget para riders yang punya masalah dengan motor

    BalasHapus
  4. nah rantai motor ini juga wajib di cek kala servis bulanan ya, supaya performance motor kita tetap baik saat digunakan

    BalasHapus
  5. jadi langganan suami nih ke planet ban untuk cari aksesoris motor. ada perawatan motor juga jadi terbantu banget supaya performa motor tetap oke

    BalasHapus
  6. Karena aku juga punya motor (meski jarang dipakai), tapi cukup aware sih buat service berkala. Karena ya itu tadi, naudzubillah kalau kenapa-kenapa pas lagi jalan.

    BalasHapus
  7. Ohhh di Planet Ban ada rantai motor juga ya? beberapa kali kesana sih cuma buat ganti ban aja. Kayaknya kalau mau ganti rantai motor, mending di planet ban aja deh sudah terjamin :)

    BalasHapus
  8. Jadi diingatkan saya untuk tidak hanya merawat motor tapi rantai motor juga. Apalagi Planet Ban yang sudah membuka layanan service motor dari tahun 2019 juga ada jual rantai motor. Biaya pemasangan free pula...Cus ke Planet Ban saja

    BalasHapus
  9. Jadi ingat dengan adik ipar, rantai motornya jarang dibersihkan, hanya dikasih oli bekas atau minyak bekas untuk perawatan. Padahal penting sekali merawat rantai motor, ya.

    BalasHapus
  10. wah kapan ya planet ban ada di kotaku. jadi penasaran nih sama pelayanan dan sparepart yang disediakannya yang pastinya sangat berguna untuk merawat motor kita

    BalasHapus
  11. Huaa, iya bahayanya kalau luput dari perhatian, rantai motor yang putus atau macet bisa bisa membahayakan pengendara bahkan orang lain di jalan raya ya.
    Perempuan juga kayanya harus tau ini sih, soalnya yang jarang memperhatikan motor biasanya perempuan.

    BalasHapus
  12. Iya juga nih, aku auto mau cek rantai motor nanti siangan. Setelah baca artikel ini jadi makin yakin kalau rantai motor memang harus dan wajib dirawat supaya tetap aman dan menghindarikan dari kecelekaan-kecelakaan tak terduga. Apalagi beli rantainya di Planet Ban, udah paling bener sih karena mereka punya produo berkualitas banget

    BalasHapus
  13. Harus apik dan rutin soal ganti rantai motor. Malah kalo bisa dibuat jadwal kapan servisnya ya, biar gak kelupaan

    BalasHapus
  14. planet Ban super cihuyyy ya mb ❤️💯💪
    sangat bisa diandalkan untuk.urusan motor kita
    makasiii sharing nya yah

    BalasHapus
  15. Saya juga sering lihat lho mbak, orang-orang di sekitar rumah, sejak saya kecil biasanya juga melumasi rantai motor dengan oli bekas. Kirain emang standarnya gitu, ternyata ini hal yang salah ya

    BalasHapus
  16. Iya dulu bapakku suka "bawel" ngingetin buat memperhatikan rantai motor biar gak kejadian rantainya aus jd mogok deh di jalan.
    Ternyata disarankan kalau udah 15 rb km rantai diganti ya. Ooo Planet Ban juga menjjual rantai ya? Sekalian bisa minta digantiin ma teknisinya yaa.

    BalasHapus
  17. Bahaya juga ya kalau rantai motor lepas apalagi kalau sampau putus untuk keselamatan pengendaranya. Pentingnay merawat motor memang baik untuk keselamatan kita ya. sekarang bisa ya service di planet ban termasuk ganti rantai juga

    BalasHapus
  18. Sering aku lihat nih kasus rantai putus, bikin kaget pengendara lain juga dan bisa berbahaya. Pelumasnya murah padahal yah, semoga selalu berhati2 dalam berkendara ya

    BalasHapus
  19. Rantai motor termasuk komponen sepeda motor yang wajib rutin dirawat ya mbak
    Klo putus, bahaya juga

    BalasHapus
  20. Pas tanya di Planet Ban deket sini, lumayan terjangkau kok rantai motornya
    Harus ganti karena sudah berkurang fungsinya
    Makanya senang ada Planet Ban deket sini

    BalasHapus
  21. Lhoo berarti selama inii tips untuk mengolesi rantai motor dengan oli bekas tuh menyesatkan yaaa hehehe.. setau saya dulu ada beberapa teman yang ngasih tau begitu. Ternyata ada pengoles khusus untuk merawat rantai ban.

    BalasHapus
  22. Penting banget memerhatikan rantai motor yaa..
    Aku dulu tuh diingetin masku buat sering-sering kasih oli ke rantai. Karena dulu kalo hujan, aku suka menerjang badai gituu.. Jadi perawatan bulanan, tetep butuh ke bengkel Planet Ban sih yaa..

    BalasHapus
  23. Salah satu permasalah motorku sih ini, rantai motor. Dulu, karena acuh tak acuh, rantai sering terabaikan. Akibatnya ya pernah sekali mogok motornya gara-gara rantai yang macet. Malah pernah juga putus rantainya pas pake motor lama. Sejak saat itu jadi rutin dicek. Jika perlu ya ganti rantai ya. Pastinya, ke bengkel yang terpercaya kayak di Planet Ban untuk beli rantainya mah. Toh gak mahal ya.

    BalasHapus
  24. Semuanya ada di Planet Ban ya. Pokoknya kalo motor ada masalah, langsung bawa aja ke Planet Ban.

    BalasHapus

Posting Komentar