Thursday, 23 August 2018

Masjid Depan Pelabuhan Kamal Madura, Masjid Baitul Amal

masjid pelabuhan kamal madura

Dari pertama kali berkunjung ke sini, saya selalu menyebut masjid ini sebagai masjid Pelabuhan Kamal. Sebenarnya lokasi masjid ini tidak di dalam Pelabuhan Kamal Madura. Namun berada pas di depan pintu masuk dan keluar Pelabuhan Kamal. Mudah dikenali. Menara bercat hijau dan kuning terang akan langsung terlihat. Sebenarnya nama aslinya adalah Masjid Baitul Amal.

Masjid ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Dahulu kecil bangunannya. Sederhana. Hanya satu lantai. Sudah banyak berubah. Banyak renovasi yang dilakukan, yang tampak Masjid dua lantai berdiri megah sekarang. Dahulu, ada makam penduduk sekitar di sebelah kiri masjid. Pada saat perluasan masjid, lahan makam terpakai. Sudah banyak makam yang dipindahkan. Namun, masih ada beberapa nisan di pojok kiri halaman.

masjid pelabuhan kamal madura


Setelah sholat, saya paling suka duduk-duduk di teras lantai 2. Anginnya sejuk. Meski siang hari panas menyengat namun anginnya tetap sejuk. Kalau capek perjalanan dari Surabaya bisa istirahat di sini. Meluruskan punggung sejenak. Lebih sering sih ketiduran. Saking segarnya menikmati angin sepoi-sepoi. Tidak banyak pengunjung pada siang hari. Lebih tenang. Eh, iya. Meskipun di dalam masjid masih terasa sejuk. Banyak jendela terbuka di sekeliling dinding masjid. Jendelanya tinggi dan lebar. Sirkulasi udara bebas keluar masuk.

Satu lagi yang saya suka di masjid ini ada di dinding dekat tangga yang menuju tempat wudhu wanita. Ada lukisan timbul aneka tumbuhan. Lukisannya detail. Sederhana namun menawan. Secara keseluruhan interior masjid ini sederhana namun tetap elegan. Ciri khas interior Madura tetap ada namun tidak berlebihan.        

masjid pelabuhan kamal madura



Foto: koleksi pribadi


No comments:

Post a Comment