Nasi Penyetan Cak Zaenal

nasi penyet

Surabaya adalah surganya sego (nasi) penyetan atau sego sambel. Dari kali lima sampai depot hadir tersebar di seluruh penjuru Surabaya. Banyak warung kaki lima yang rasanya enak. Kalau ingin berburu kuliner sego sambel di Surabaya jangan pernah gengsi makan di kali lima. Apalagi kalau makan harus sambil doprok (duduk) di trotoar. Kalau masih pake gengsi dijamin bakal rugi besar.

Kenapa begitu? mayoritas sego sambel atau sego penyetan di Surabaya yang enak-enak justru jualan kali lima. Tenang. Meski kelas kaki lima. Banyak yang bersih tempat jualan dan sekitarnya. Sego sambel dan sego penyetan ini sama saja. Saudara kembar iki, rek. Sego plus lauk gorengan dikasih terong, tahu, tempe dan sambel yang pedes.

sego penyet surabaya
Bu Zaenal dan Pak Zaenal 

Salah satunya ini. Sego penyetan Cak Zaenal. Meski di banner tempat jualannya sejak dulu kala hanya tertulis penyetan Cak Zaenal. Saya langganan makan di sini sejak dulu kala. Jaman awal beliau buka. Begitu nyoba pertama, saya langsung setia susah pindah ke penyetan lain hehe.

Lokasinya ada di daerah Pasar Wiyung Surabaya. Dulu waktu awal buka, berupa warung kaki lima di depan Pasar Wiyung. Buka hanya sore sampai malam hari. Habis magrib baru buka. Isya sudah banyak yang antri. Sejak ada pelebaran jalan di depan Pasar Wiyung pindah ke sebelahnya Pasar Wiyung. Tempatnya sudah permanen. Berada di sebelah gang masuk ke Puskesmas Wiyung. Jam bukanya lebih panjang. Mulai jam 1 siang sampai jam 2 dini hari. 

Sambelnya yang bikin enak. Jaman masih warung kaki lima sambelnya selalu sambel dadakan. Maksudnya? langsung diuleg pas kita beli. Jadi bisa pesan banyak tomat atau minta dikurangi terasinya. Kalau sekarang, sambelnya sudah jadi. Enaknya sekarang ada beberapa macam sambal. Sambel terasi pedas atau manis, sambel bawang pedas, sambel kecap pedas dan sambel bebek tidak pedas. Sambel bebek sebenarnya adalah bumbu bebek yang berwarna hijau kental itu.

Satu lagi yang saya suka, lauknya selalu di goreng kering. Kalau makan ikan lele atau mujaer bisa tandas semua bagian. Hanya tinggal sisa duri tengah saja hehe. Ada tambahan menu tumis cumi hitam pedas sekarang. Nasi cumi ini juga enak. Cuminya empuk. Bumbunya merasuk dalam cumi dan kuahnya nikmat hingga tetes terakhir.

Wis Rek tak mangan sik. Selak sego karo lele e adem. Udan-udan ngene cuocok mangan sego sambel sing pedes hehe. (Udah ya, Rek tak makan dulu. Ntar nasi dan ikan lelenya keburu dingin. Hujan-hujan begini memang cocok kalau makan nasi sambel yang pedas hehe)  

Komentar