Friday, 11 December 2015

Serba Serbi Hari Belanja Online Nasional 2015

Hari Belanja Online Nasional atau #Harbolnas pertama kali diadakan pada 12 Desember 2012. Saat itu hanya diikuti tahun 2015 lebih semarak dan diskonnya lebih gila. Pertama kali diikuti oleh 7 partisipan e-commerce. Tahun 2015 diadakan tanggal 10-12 Desember dengan partisipasi 130 situs e-commerce

#Harbolnas pertama kali diadakan sebagai ajang pembelajaran pada masyarakat bahwa belanja online itu mudah, aman dan nyaman. Belanja dengan cara online terus berkembang dengan pesat. Sebagai salah satu industri kreatif yang juga mendapatkan perhatian besar dari pemerintah. 

Hari belanja sebenarnya sudah ada di beberapa negara lain. Misalnya di China, setiap tanggal 11 November diperingati sebagai Hari Belanja. Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Canada, Jepang ada Cyber Monday sebagai perayaan belanja online. Cyber Monday diilhami perayaan belanja Black Friday. Peritel Amerika selalu mengadakan promo dan diskon besar setiap hari jum’at setelah perayaan Thanksgiving. Hal itu dimaksudkan untuk menarik minat warga Amerika yang berbelanja untuk persiapan natal. 

Dari kemarin netizen sudah ramai tentang #Harbolnas. Kalau mau ikut perayaan belanja ini, ada baiknya Anda menyimak tips berikut ini:      

Pertama. Butuh atau ingin. Kalau melihat diskon gila-gilaan #Harbolnas Anda pasti ngiler. Sebelum belanja, please, tanya dulu pada diri sendiri. Barang yang mau dibeli memang dibutuhkan atau hanya ingin beli belaka. Kalau cuma ingin. Lebih baik JANGAN!. Masa mau jadi korban lapar mata. Jangan sampai barang yang kita beli terbengkalai di pojokan selama berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan. 

Kedua. Kartu kredit adalah alat pembelian bukan alat pembayaran. Cek dulu tagihan kartu kredit bulan ini. Kalau tagihan sudah mencapai 50% dari total pendapatan kita. Lebih baik tidak usah belanja. Jangan sampai bulan depan kelimpungan bayar cicilan. Apalagi sampai pinjam kanan kiri buat bayar kartu kredit. Amit-amit deh. 

Ketiga. Saldo tabungan menipis urungkan belanja. Eit, sebentar lagi dapat bonus dari kantor. Jadi bolehlah belanja. Eit, tunggu dulu. Tahun 2016 kenaikan kelas bersamaan dengan lebaran. Kemungkinan besar pengeluaran akan membengkak 2 atau 3 kali lipat dari tahun kemarin. Bagi yang tidak merayakan lebaran tetap kena imbas. Biasanya harga bahan pokok akan melonjak 2 kali lipat. Bagi Anda yang lajang mungkin bisa santai. Tapi Anda tak pernah tau kapan waktunya menikah. Lebih baik jangan dihabiskan semua bonus tahun ini. Tabung sebagian besar. Biaya nikah mahal. Lebih baik menabung dari sekarang :D 

Keempat. Situs e-commerce sudah disiapkan nyaris sesempurna mungkin dalam menghadapi #Harbolnas. Tapi kita tak pernah tahu seberapa banyak pengunjung yang mengakses suatu portal belanja. Kalau memang traffic sedang padat dan ada gejala transaksi gagal atau error. Lebih baik jangan batal belanja. Buka portal belanja yang lain. Kalau memang Anda ingin tetap belanja di situ. Masih ada waktu besok. Pilih waktu pagi hari atau malam hari sekiranya traffic pengunjung tidak tinggi. 


Selamat berbelanja dengan bijak, bukan karena lapar mata. 

1 comment: