Monday, 9 November 2015

Semanggi Surabaya

semanggi suroboyo
lontong balap wonokromo
di makan enak sekali
sayur semanggi krupuk puli bung beli

semanggi Suroboyo
lontong balap Wonokromo
dijual serta didukung
masuk kampung, keluar kampung
mari bung coba beli
(Lirik lagu keroncong Semanggi Suroboyo)

Kalau ke Surabaya tanpa berburu Semanggi Surabaya travelling Anda tidak akan lengkap.   Salah satu makanan langka di Surabaya. Sesuai dengan penggalan lirik lagu di atas. Semanggi Surabaya cuma ada di kampung-kampung. Penjual menjajakan keliling dengan menggendong rinjing (-bahasa jawa: wadah dari anyaman bambu yang biasanya digendong pada bagian punggung)

Daun semanggi banyak terdapat di pematang sawah atau di sungai kecil yang dangkal. Aslinya ini memang tanaman liar. Sama seperti tanaman kangkung sungai yang tumbuh sendiri. Oleh karena itu harganya murah. Meski murah namun kandungan vitamin dan kelezatnya tak kalah dengan sayuran mahal. Daunnya bercabang lima mirip dengan kartu remi keriting.

Semanggi Suroboyo itu makanan apa sih? sama seperti pecel. Hanya saja sayuran utamanya daun semanggi yang dihidangkan di pincuk daun pisang. Kadangkala ada rebusan kecambah panjang sebagai teman semanggi. Rebusan sayur disiram bumbu (semacam saus). Bumbu siram menggunakan bahan dasar ubi jalar atau telo (-bahasa Jawa). Teksturnya lebih lembut daripada bumbu pecel yang menggunakan bahan dasar kacang tanah. Rasa bumbu siram ini lebih manis. 

Bila pecel menggunakan peyek sebagai pelengkap. Semanggi menggunakan krupuk puli. Kerupuk ini bahan utamanya nasi. Kalau Anda makan semanggi Suroboyo lebih enak menggunakan kerupuk puli sebagai sendok. Rasanya jauh lebih nikmat. Perpaduan manis bumbu siram dengan asin kerupuk puli memberi sensasi tak terlupakan di lidah. Saya tidak bertanggung jawab kalau Anda ketagihan ketika mencoba.

Kalau ingin coba dimana tempatnya? memang sih biasanya kita jumpai pedagang keliling di Kampung-kampung. Namun bila Anda tak punya kenalan di Surabaya dan hanya tinggal di hotel beberapa hari tak usah kecewa. Anda masih tetap bisa menikmati makanan ini. Setiap hari minggu di kawasan Car Free Day jalan Darmo banyak penjual semanggi Suroboyo. Anda tinggal keliling saja di kawasan itu. Ada juga di daerah Surabaya Barat. Komplek Citraland di mansion paling belakang menuju arah Benowo. Penjual Semanggi Suroboyo berjejer di pinggir jalan depan ruko. Selamat berburu salah satu makanan langka nan lezat dari Surabaya.

Foto : koleksi pribadi menggunakan Asus Zenfone4. Foto diambil di Car Free Day kawasan Jalan Raya Darmo Surabaya
    

No comments:

Post a Comment