Tuesday, 22 September 2015

Taman Apsari Surabaya


Ini merupakan salah satu taman favorit saya. Letaknya strategis di tengah kota Surabaya. Berada tepat di depan gedung Grahadi Surabaya. Di sekeliling Taman Apsari ada banyak makanan. Sebelah kanan, ada kantin kantor pos yang terkenal dengan pangsit Jakarta dan Lontong balapnya yang uenak soro. Belakang dan sebelah kiri taman, banyak 
jajanan kaki lima, juga ada kedai kopi dan restoran. Setelah capek keliling taman, kita bisa langsung makan minum sampai kenyang.

Taman Apsari adalah salah satu taman kota warisan pemerintah Belanda, berdiri di area seluas 5.300 m2. Pada jaman Belanda terkenal dengan sebutan Kroesen Park atau Taman Simpang. Kroesen diambil dari J.C.Th Kroesen, salah satu residen Belanda di Surabaya (1888-1896). Dahulu, jalan tempat taman ini berada bernama Jalan Simpang, itulah sebabnya dikenal dengan nama Taman Simpang.

Oase di pusat kota Surabaya

Dahulu kala, Dirk Van Hogendrop, seorang Gezaghebber (penguasa tunggal) Belanda (1794-1798) memiliki kediaman resmi di dekat Jembatan Merah. Namun dia berkeinginan untuk tinggal di dekat tepi Kalimas, untuk memudahkan menjalankan tugas pemerintahan. Maka dibangunlah Gedung Grahadi sebagai tempat tinggal baru lengkap dengan taman indah di belakangnya, yang sekarang kita kenal sebagai Taman Apsari.

Anda pasti bertanya-tanya, kok bisa posisinya sekarang berubah. Pada awal pembangunannya, Gedung Grahadi menghadap Kalimas (utara). Tahun 1802, Gedung Grahadi berubah menghadap ke Selatan hingga saat ini. Begitulah sejarah Taman Apsari Surabaya yang saya baca disini.

Patung Gubernur Suryo

Salah satu taman kota yang cantik di Surabaya ini memiliki kurang lebih 20 jenis bunga. Dibagian sisi depan ada Patung Gubernur Suryo (Gubernur pertama Jawa Timur 1946-1948) tinggi menjulang. Di sebelah kiri dan kanan patung Gubernur Suryo aneka pohon dan bunga rimbun lengkap dengan beberapa tempat duduk yang bisa digunakan untuk santai. Jogging track menggelilingi taman ini. Sementara di belakang ada lapangan futsal.

Lapangan futsal


Siang hari pada hari tertentu, anak-anak SD Kaliasin berlatih marching band di sini. Kebetulan salah satu sekolah unggulan Surabaya ini hanya berjarak 200m dari Taman Apsari. Biasanya, Taman ini ramai pengunjung pada sabtu malam. Berbagai komunitas anak muda berkumpul di sini. 

Cukup lengkap kan fasilitasnya. Taman Apsari seperti oase di tengah keriuhan lalu lintas padat di Surabaya Pusat. Berada di dalamnya atau sekedar menatapnya dapat menyegarkan mata dan pikiran sejenak.  


Foto: koleksi pribadi menggunakan Asus Zenfone4

No comments:

Post a Comment