Skip to main content

Posts

Liburan Jelajah Nusantara Bersama Skyscanner Bikin Nyaman

Liburan. Kalau mendengar kata ini rasanya senang pakai banget. Persiapan buat liburan saja rasanya sudah senang. Berburu tiket, cari informasi tentang tempat tujuan, cari hotel, mempelajari berbagai moda transportasi selama di tempat tujuan, menyiapkan berbagai printilan yang harus dibawa dan juga bongkar pasang ransel atau koper karena overload. Hahaha. Andrenalin sudah terpacu. Apalagi kalau sudah berangkat. Wuiiih rasanya tak terkira.

Dulu. Jaman masih umur 20an atau saat belum menikah, liburan adalah petualangan. Hanya berbekal tiket, peta (duh, ketahuan tuwirnya *nyengir), ransel dengan isi sesedikit mungkin, sepatu kets dan sandal jepit langsung berangkat. Seringkali cari hotel seadanya atau sedapatnya. Lah wong cuma buat tidur malam dan mandi saja. Petualangan dari hari ke hari yang seru. Setiap liburan selalu dapat teman baru atau cerita yang seru. Lumayan bisa jadi amunisi tambahan buat ngisi blog.

Nah... setelah menikah beda lagi. Ada dua kepala yang akan liburan nih. Otomat…
Recent posts

Glowing Facial di Gloskin Surabaya Bikin Nagih

Setiap wanita selalu ingin tampil cantik. Aneka perawatan dilakukan. Dari ujung rambut hingga ujung kaki. Berbagai tempat perawatan wajah dan tubuh bermunculan. Berbagai paket perawatan ditawarkan. Kebetulan saya pemilih banget kalau soal perawatan wajah dan tubuh. Bukan berarti harus yang merk ternama. Namun harus aman baik treatment maupun produknya.

Sabtu kemaren, ada acara beauty talk bersama blogger Surabaya di Gloskin Aesthetic Clinic Surabaya cabang Mayjend Sungkono. Kami berdiskusi panjang lebar tentang kecantikan dan kesehatan. Pembicara pertama adalah Ibu Anna (Manager Gloskin untuk wilayah Jawa Timur). Sesi selanjutnya oleh dr Intan. Beliau memaparkan berbagai masalah kecantikan wanita dan cara mengatasinya. Apa saja sih yang biasanya 'diributkan' para wanita ini? kulit yang kurang kinclong, kerutan yang muncul lebih dini, pipi atau tubuh yang 'berisi' atau keringat berlebih yang bikin ilfiil sendiri. Ada berbagai cara untuk mengatasi itu semua. Perawatan w…

Lumpia Basah atau Lumpia Goreng Sama Enaknya

Lumpia... lumpia... lumpia basah
Makanan lezat murah meriah
Dijual di pasar dan di sekolah
Sampai rumah ke rumah
(penggalan lirik lagu Lumpia vs Bakpia - Project Pop)

Sebelum lagu ini tenar. Lumpia sudah lebih dulu tenar. Makanan khas dari Semarang. Ada dua varian, lumpia kering dan lumpia basah. Lumpia kering digoreng. Sedangkan lumpia basah dikukus. Keduanya sama-sama enak. Tapi kalau saya lebih suka lumpia basah. Lembut kulitnya. Tapi sayang tidak bisa tahan. Maksimal 12 jam. Berbeda dengan lumpia goreng yang bisa bertahan hingga 24 jam.

Lumpia ini terkenal sebagai makanan khas dari Semarang. Namun tiongkok juga punya makanan model gini. Konon kabarnya, lumpia diperkenalkan oleh para pendatang dari Tiongkok yang tinggal di Semarang. Kalau versi Tiongkok, lumpia berisi rebung dan daging babi cincang. Bumbu isiannya lebih terasa asin gurih.

Setelah masuk Semarang ada perubahan untuk isi lumpia dan rasanya. Isi lumpia adalah rebung, telur orak-arik dan daging ayam atau udang yang dicinc…

Pentingnya Nutrisi Terbaik 1000 Hari Pertama Kehidupan

Pemerintah sedang melakukan program perbaikan gizi untuk anak balita. Tahun 2013, pemerintah Indonesia mencanangkan Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi dalam rangka 1000 Hari Pertama Kehidupan. Gerakan ini tidak saja melibatkan para aparatur negara, namun seluruh masyarakat Indonesia harus turut serta. Kalangan swasta diharapkan turut aktif andil di program ini. (Sumber: www.bappenas.go.id)

Untuk menindaklanjuti anjuran pemerintah ini, Sarihusada berkomitmen untuk turut serta. Melalui komunitas NUB (Nutrisi Untuk Bangsa) menyelenggarakan acara diskusi tentang kesehatan dan nutrisi di berbagai kota. Salah satunya di Surabaya pada tanggal 3 Maret 2018 di Bangi Kopitiam. Meski hujan deras mengguyur Surabaya sejak pagi, namun sahabat NUB banyak yang hadir sore itu.

 Sesi tanya jawab dengan dr Nur dan Ibu bidan Atik

Sambutan pertama disampaikan oleh Pak Arif Mujahidin, communication directur Danone Indonesia. Beliau mengemukakan NUB akan selalu berperan mendampingi keluarga Indones…

Kalkulator CASIO Ternyata Bisa Jadi Mood Booster Efektif

Sebelum memutuskan untuk bekerja di rumah, saya sudah membaca dan memahami berbagai tip trik dan teori yang lengkap. Setelah dua bulan, saya sadar ternyata tak semudah teori yang ada. Bekerja sendiri di rumah jauh lebih menantang dari pada bekerja di kantor. Terutama urusan manajemen waktu. Satu ini nih yang butuh tekad kuat dan disiplin tinggi.
Atmosfer kantor dan rumah kan beda. Kalau di kantor sudah terkondisi untuk bekerja. Kalau di rumah? ahay. Persepsi dalam otak sudah terpatri rumah adalah tempat buat istirahat setelah bekerja. Pada awalnya, saya terbawa hawa santai. Atmosfernya istirahat. Rebahan sambil nonton film korea, makan sambil ngobrol berlama-lama atau baca buku sambil tiduran. Segala aktivitas yang biasa saya kerjakan di rumah lah pokoknya. Apalagi dengan pakai daster atau kaos oblong sriwing-sriwing. Hemm… Susah sekali untuk bisa konsentrasi bekerja.

Mulailah saya gerilya. Tenggok kanan kiri. Bertanya pada teman-teman yang sudah bekerja di rumah selama bertahun-tahu…

Minute Maid Nutriforce Menyelenggarakan Aksi Ibu Peduli Nutrisi

Berdasarkan penelitian kesehatan dasar 2013 mengungkapkan 26,4% anak usia 5-12 tahun menderita anemia. Anak-anak usia 5-12 tahun dalam masa pertumbuhan. Otomatis kebutuhan akan vitamin dan mineral juga cukup banyak. Kebutuhan minimal 10mg zat besi dan 11mg zink tidak terpenuhi dengan baik. Saat ini juga berkembang fenomena anak makan kenyang bukan makan sehat. Anak-anak cenderung makan apa yang dia suka saja. Kebanyakan anak-anak lebih menyukai makanan instan dan goreng-gorengan. Banyak juga anak-anak yang tidak suka makan sayur dan buah.

Melihat fenomena yang cukup memprihatinkan ini. Minute Maid Nutriforce menyelenggarakan Aksi Ibu Peduli Nutrisi. Acara ini diadakan di Jakarta, Surabaya dan Makasar. Minute Maid Nutriforce mengajak para ahli gizi turun langsung ke kampung-kampung. Mereka memberi pengarahan tentang pentingnya pemenuhan kebutuhan harian anak. Khususnya pemenuhan zat besi untuk anak usia sekolah.

Pada press conference tanggal 26 Februari 2018 di Noach Cafe Surabaya men…

Nasi Campur ala Bangkalan Madura

Saya bertemu nasi campur ini secara tidak sengaja. Lebaran tahun lalu, saya dan keluarga melakukan perjalanan ke Sumenep. Sengaja berangkat pagi-pagi. Biar tidak terjebak macet 'Pasar tumpah'. Surabaya ke Sumenep lumayan jauh. Sekitar empat jam perjalanan menggunakan mobil pribadi.

Perjalanan ini lewat jembatan Suramadu, agar cepat dan langsung masuk ke kota Bangkalan. Rencana kami memang akan sarapan dulu di Bangkalan. Ternyata masih banyak tempat makan yang tutup. Mungkin masih terlalu pagi. Untunglah ada satu depot makan di sebelah kanan jalan yang buka. Ramai kendaraan yang parkir di depannya. Ya sudahlah, berhenti di sini saja. Daripada nanti terus malah gak ketemu tempat makan yang buka.

Hanya tersedia tiga menu makanan di sini. Nasi rawon, nasi sate dan nasi campur. Berhubung kemaren sudah makan nasi rawon, maka kami memilih nasi sate dan nasi campur. Selama ini selalu mencicipi sate Madura ala Surabaya. Kalau sate Madura ala Bangkalan belum pernah hehe. Kalau nasi cam…

Martabak Mie Jaman SD

Jaman saya sekolah dasar tahun 80-an. Di setiap depan sekolah selalu ada jajanan ini. Jajanan favorit hampir semua anak-anak. Murah, enak dan mengenyangkan. Cocok dimakan pas jam istirahat atau pulang sekolah. Terutama pulang sekolah. Ini jam kritis perut lapar.

Ternyata, sampai sekarang jajanan ini masih ada. Namun bedanya, sudah tidak ada lagi penjual martabak mie di depan sekolah. Malah adanya di penjual gorengan di kampung atau pinggir jalan. Mulai agak susah sih mencari makanan ini. Perlu mata yang jeli kalau pas lewat penjual gorengan.

Jajanan ini sederhana dalam bahan maupun penyajiannya. Kulit martabak terbuat dari adonan terigu kalis yang ditipiskan. Biasanya adonana kulit ini ditipiskan dengan menggunakan pantat piring seng. Lalu diisi dengan mie bihun goreng. Setelah cukup isinya, kulit ditutup rapat lalu digoreng. Angkat segera setelah berwarna keemasan. Gitu saja.

Untuk isian serupa dengan isian pastel. Mie bihun goreng ditambah irisan tipis wortel. Ada juga yang hanya b…

Lontong Kupang Surabaya

Ada simpang siur berita tentang asal muasal makanan tradisional Lontong Kupang. Konon kabarnya, makanan ini asli dari Surabaya. Ada lagi yang menyebut kalau aslinya dari Sidoarjo. Kalau saya sih tak mempermasalahkan hal ini. Surabaya dan Sidoarjo dekat jaraknya. Penjual lontong kupang ada banyak baik di Surabaya ataupun Sidoarjo. Sentra makanan khusus lontong kupang ada di Sidoarjo.

Kalau saya memakai judul lontong kupang Surabaya. Ada alasannya. Sependek pengetahuan saya, tempat pengepul terbesar kerang sebagai  bahan baku utama kupang lontong ada di daerah Kenjeran. Bahan baku utama? ya. Kupang ini adalah sejenis kerang laut yang ukurannya kecil. Kira-kira kurang dari 1 cm. Kerang-kerang kecil ini biasanya hidup di daerah laut dangkal. Makhluk laut kecil ini banyak yang bermukim di daerah Pantai Kenjeran.

Sebenarnya apa sih lontong kupang? Begini ritual pembuatannya. Bumbu petis yang diuleg dengan cabai dan bawang putih goreng. Lalu lontong dipotong-potong. Kemudian kerang berbumbu…

Sop Kembang Tahu atau Sop Penganten

Saya ketemu makanan ini di sebuah resepsi pernikahan di Solo. Salah satu hidangan tradisional daerah Solo. Biasanya hidangan ini dihadirkan sebagai hidangan pembuka di pernikahan traditional adat Solo. Ini lah kenapa makanan ini lebih dikenal dengan nama sop penganten. Meski saya sudah sering ke Solo namun baru kali ini bertemu masakan ini.

Sop penganten ini berupa daging cincang berbumbu yang diletakkan di tengah kulit pangsit besar. Diatasnya ada jamur kuping dan wortel yang dicincang halus, kacang polong, jagung manis dan irisan tipis bakso atau sosis. Kemudian disiram kuah sop bening.

Untuk rasa, sama seperti sop khas Jawa Tengah. Kuahnya bening. Bumbunya sangat ringan. Merica terasa tipis dilidah. Beda sama masakan Suroboyo yo rek. Jangan kaget kalau makan sop ini. Namun untuk isiannya terasa gurih bumbunya. Bahkan kulit pangsitnya juga terasa berbumbu.

Sop penganten ini cocok sebagai hidangan pembuka. Segar dan hangat. Menghangatkan perut. Selain itu cukup mengganjal perut samb…

Mendoan yang Selalu Bikin Kangen

Saya pertama kali kenal makanan ini ketika pertama kali datang ke Jogjakarta jaman masih kuliah. Pertama kali datang di stasiun Lempuyangan dalam kondisi kelaparan. Seorang teman tiba-tiba datang sambil membawa bungkusan daun pisang. Ternyata isinya tempe goreng yang masih hangat. Namanya mendoan.

Saat itu saya merasa ini adalah tempe goreng yang paling nikmat sedunia *nyengir. Mungkin itu efek kelaparan. Eh, ternyata tidak. Setelah itu saya makan mendoan ya tetap enak. Berkali-kali makan meski dalam kondisi tidak kelaparan ya tetap enak. Sejak Saat itu setiap saya ke Jawa Tengah selalu berburu mendoan.

Apa sih mendoan itu? Pada penampakannya, mendoan adalah Tempe goreng tepung. Tempe yang di goreng dengan tepung. Atau ada juga yang menyebut tempe goreng selimut. Namun ada perbedaannya. Biasanya kan digoreng garing. Kalau mendoan digoreng setengah mateng. Jadi tepungnya masih kelihatan putih.

Apa tempenya mateng? Tenth saja. Ini rahasianya. Tempenya berbeda dengan tempe goreng biasa.…

Putu Ayu Jajanan Tradisional nan Lezat

Bagi yang tinggal di Surabaya tidak akan asing dengan makanan ini. Jajanan tradisional yang banyak bertebaran di Surabaya. Biasanya dijajakan berkeliling di kampung-kampung. Jaman saya masih kecil, Bapak penjual berkeliling sambil memanggul segala perlengkapan putu. Seperti Bapak penjual rangin. Alat yang digunakan untuk memanggul adalah bilah bambu panjang yang kuat dan lentur.

Sekarang berbeda. Bapak penjual putu menggunakan gerobak sepeda. Area penjualan bisa lebih luas lagi. Ada ciri khas pedagang yang menjual putu ini. Selalu ada bunyi siulan tuuuuu yang melengking. Bunyi ini keluar dari cetakan bambu yang terkena uap panas. Cetakan bundar lonjong ini yang biasanya digunakan untuk membuat putu. Jadi gampang e, rek. Kalau ada penjual keliling ada bunyi tuuuuuu tiada henti. Ya itulah penjual putu.

Dari dulu saya tahunya jajanan ini namanya putu. Kemungkinan diambil dari bunyi tuuuuu dari cetakan bambu. Tapi nggak tahu asal kata 'pu' darimana. Sekarang, juga ada tambahan …

Cheese Egg Cake yang Enak Banget

Pas lagi hujan-hujan. Pas lapar dan sudah mengarah ke kelaparan. Pas malas makan nasi. Pas Mamas Go-jek datang ngantar makanan. Pas dibuka. Bau keju langsung menguar. Pas... ada cheese egg cake dari Rumah Keju Naobie. Duuuh pengen rasanya tak cium-cium cake mungil-mungil ini. Engkau penyelamat perutku...Halah. Mulai lebay. Hehe

Alhamdulillah... rejeki di kala hujan. Berawal ketika saya ikut suatu lomba di sebuah komunitas bloger. Kebetulan hadiahnya lebih banyak dari peserta yang ikut. Ya sudahlah. Akhirnya kita undi hadiahnya dibagi rata. Saya dapat dua hadiah. Salah satunya pastry dari Mbak Vicky. Cuma waktu itu nggak tahu pastry berupa apa. Saya cuma ditanya Mbak Vicky alamat rumah.

Dan... cheese egg cake yang datang. Bagi saya pecinta keju ini rejeki nomplok. Saya langsung WA Mbak Vicky terima kasih banget. Kayaknya beliau juga nggak nyangka kalau saya pecinta keju hihi.


Ya sudah. Saya mau bahas cheese egg cake ya... Saya dapat dua kotak. Tiap kotak berisi 6. Ada dua rasa ini ful…

365 Cerita dan Aktivitas Penuntun Akhlak Islami

Judul Buku : 365 Cerita dan Aktivitas Penuntun Akhlak Islami
Pengarang : Dian K dan Tethy Ezokanzo
Ilustrator : Doni Rakhman
Penerbit : Qibla BIP Gramedia
Tahun : 2018, cetakan pertama

Dari pertama lihat buku ini saya memendam hasrat. Semoga bisa punya buku yang tergolong paket lengkap ini. Ilustrasinya juga cakep-cakep. Nggak ngebosenin. Saya yang sudah tuwir aja suka pake banget. Apalagi anak-anak.

Buku ini berisi cerita setiap hari selama 365 hari. Setahun. Setiap bulan ada tema besarnya. Januari tentang akhlak baik. Februari tentang keimanan. Maret tentang saling menyayangi. Kalau April? beli bukunya sendiri. Semua temanya menarik sampai bulan Desember. Nggak seru kalau semua saya ceritakan di sini hehe.


Pada setiap bulan ada cerita menarik yang berbeda setiap harinya. Banyak cerita menarik yang seru-seru. Ada komik, cerita pendek, kisah para khilafah dan sahabat-sahabat Nabi Muhammad Shalallahu Allaihi Wassalam, pantun, sajak, hadist, ayat dan doa pendek yang mudah dihapal anak-…

Hidup Sehat itu Mudah Dengan Dokterbabe Dot Com

Mungkin kita pernah dengar celetukan orang sakit jaman sekarang kok aneh-aneh. Usia pengidap penyakit menahun ada beberapa yang semakin muda usianya. Pengidap stroke dahulu berumur diatas 50 tahun. Sekarang? Ada beberapa pasien yang berusia akhir 30 tahunan atau awal 40 tahunan sudah mengalami stroke. Begitu juga dengan penyakit jantung ataupun kanker. Semakin banyak yang masih berusia muda.
Ngeri? pasti. Hal ini juga bisa dijadikan peringatan untuk kita agar lebih memperhatikan kesehatan diri sendiri dan keluarga. Berbagai langkah pencegahan sebelum penyakit datang harus dilakukan sedini mungkin. Hidup sehat itu mudah. Untunglah, kita hidup dijaman internet saat ini. Berbagai informasi tentang kesehatan, penyakit, dan berbagai hal tentang dunia kesehatan sudah banyak beredar. Hanya tinggal ketik info yang dibutuhkan lalu klik. Muncul semua informasi mengenai hal tersebut.
Namun… ini yang perlu diperhatikan. Tidak semua informasi yang beredar di internet itu benar adanya. Banyak juga…