Review Drama Korea The World of The Married

review drama korea the world of the merried

Pada awalnya, saya males melihat drama ini. Beberapa teman yang sudah menonton berkomentar negatif. Bukan tentang isi dramanya tapi lebih ke emosi negatif yang timbul selama menonton. Duh males deh hari gini nonton orang marah-marah atau bertengkar. Lebih baik nonton yang lucu-lucu.

Ternyata drama ini tayang di TransTV. Mertua rajin nonton, saya jadi tergoda. Nonton juga akhirnya. Ternyata drama ini bukan melulu tentang perselingkuhan. Ini drama tentang mekanisme survival manusia dengan segala masalah kehidupannya. Lengkap dari berbagai sisi. Latar psikologis dijadikan pondasi cerita yang membuat drama ini lebih manusiawi.

WARNING
Bagi para lajang, para lajang yang akan menikah atau bagi yang baru menikah terutama para remaja DILARANG MENONTON DRAMA INI. Hanya para wanita atau pria yang sudah menikah diatas 1 tahun saja yang boleh menonton.


Mekanisme Survival

Saya akan bercerita tentang tokoh utamanya dr Ji Sun Woo (Kim Hee ae). Seorang wakil direktur di Rumah Sakit Family Love, Gosan. Kota kecil yang asri. Karir yang cemerlang, suami penyayang dan  anak yang baik. Karir mapan. Keluarga bahagia. Lengkap sudah kebahagiannya.

Namun Sun Woo akhirnya mengetahui kalau suaminya berselingkuh. Wanita ini tidak hanya diselingkuhi. Tabungannya dikuras, rumah digadaikan dan asuransi pendidikan anaknya juga dihabiskan oleh suaminya. Marah diselingkuhi. Pasti. Namun yang bikin dia sangat marah adalah uangnya yang habis. Apalagi suaminya mengambil pinjaman tanpa sepengetahuannya pula.

Sun Woo langsung berfikir bagaimana nanti masa depan anaknya, Lee Joon Yeong (Jeon Jin Seo). Anak lelaki ini masih SD, masih butuh banyak biaya hingga kuliah nanti. Sementara tabungan habis dan hutang menumpuk.

Wajar wanita ini marah. Dia adalah tulang punggung keluarga. Banting tulang untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan menyokong perusahaan film suaminya. Lee Tae Oh (Park Hae Joon) adalah sutradara film yang masih merintis karir. Seluruh operasional perusahaan film ditanggung Sun Woo juga.

review drama korea the world of the merried


Sun Woo sudah tidak peduli soal perselingkuhan. Dia hanya ingin seluruh hartanya kembali. Bukan karena dia serakah namun demi masa depan Joon Yeong. Strategi disusun dengan cermat oleh sang pengacara. Sun Woo diminta untuk berpura-pura tidak mengetahui perselingkuhannya. Nanti Tae Oh akan langsung dipukul telak di pengadilan perceraian.

Namun sayang semua rencana yang sudah tersusun rapi hancur berantakan karena Yeo Da kyung (Han So hee) mendatangi Sun Woo. Mana si Do kyung sengaja cari perkara lagi. Selingkuhan Tae Oh ini datang ke tempat praktek Sun Woo. Baru ketahuan kalau Do Kyung hamil. Hancur sudah benteng kesabaran Sun Woo.

Kemarahan yang sudah dipendam sekian lama meledak. Tae oh yang tahu kalau istrinya menggugat cerai marah besar. Lelaki ini berjuang agar tetap survive. Dia butuh uang Sun Woo untuk mempertahankan perusahaannya. Dia juga tidak mau berpisah dari anaknya. Namun dia tidak mau berpisah dari selingkuhannya.

Tae Oh baru tahu kalau Do Kyung adalah anak Presiden Yeo, investor baru untuk film terbarunya. Konglomerat terpandang di kota Gosan. Kalau sampai Presiden Yeo tahu anaknya adalah pacar gelapnya. Hancur semua rencana-rencana filmnya.

Do Kyung tahu kalau Tae Oh sudah menikah. Gadis ini sudah terlanjur cinta. Dia ingin memiliki Tae oh, yang sudah berjanji akan bercerai dan menikahinya. Apalagi gadis ini sedang hamil. Do Kyung adalah putri tunggal yang terbiasa mendapatkan apa yang diinginkan. Dia ngotot ingin memiliki Tae Oh sepenuhnya.

Sun Woo, Tae Oh dan Do Kyung berjuang keras agar tetap survive. Meski mekanisme survival mereka sama tetapi ketiganya mempunyai kepentingan yang berbeda. Perjuangan mereka otomatis saling berbenturan satu sama lain.

Mereka bertiga tidak sadar kalau sebenarnya Joon Yeong juga sedang berjuang untuk survive. Anak kecil ini berjuang sendiri di tengah kebingungan melihat kedua orang tuanya yang berseteru. Anak ini berjuang sendiri memilah perasaan cinta dan benci.

Joon Yeong mempunyai hubungan yang sangat dengat dengan ayahnya. Selama ini ibunya sibuk bekerja. Anak ini lebih sering diasuh ayahnya. Di satu sisi dia sangat membenci ayahnya yang berselingkuh. Joon yeong melihat sendiri ayahnya sedang berduaan dengan Do kyung. Di sisi lain dia tak ingin terpisah dari Ayahnya.

review drama korea the world of the merried
      

Cinta dan Benci

Pada suatu hubungan perasaan cinta dan dan benci saling berkaitan. Saat mengumpulkan bukti perselingkuhan suaminya, Sun Woo dibantu oleh Min Hyun Seo (Shim Eun Woo). Hyun Seo adalah pasien Sun Woo. Perempuan muda ini menjadi korban kekerasan pacarnya. Hubungan dokter pasien ini semakin dekat setelah Sun Woo menyelamatkan Hyun Seo dari penganiayaan pacarnya.

Hyun Seo ini terikat dalam perasaan benci dan cinta yang komplek. Sun Woo membantu gadis muda ini untuk bisa lebih rasional dalam mencintai seseorang. Demi keselamatan jiwa tentunya. Sebenarnya Sun Woo ini sama saja dengan Hyun Seo.

Sun Woo benci setengah mati pada Tae Oh. Pria ini tidak saja menghancurkan hatinya namun juga hidup dan karirnya. Namun entah kenapa Sun Woo masih tetap mencintai. Bahkan dia tidak bisa berpaling ke lain hati meski sudah dua tahun bercerai. Padahal ada dr Kim yang menunggu dengan sabar. dr Kim mencintainya dengan tulus. Selalu siap sedia menolong dan menjaga Sun Woo kapan dan dimana saja.

Sun woo selalu menyangkal kalau dia masih mencintai Tae Oh pada semua orang di sekitarnya. Namun dalam diam, wanita ini mengakui masih mencintai suaminya. Bukan hanya sekedar mencintai namun juga karena faktor kasihan. Tae Oh tahu betul kalau mantan istrinya ini masih mencintainya. Dimanfaatkan lah keadaan ini untuk memanipulasi Sun Woo.

Sebenarnya sama saja. Tae Oh juga masih mencintai mantan instrinya. Tae Oh cinta pada Do Kyung. Namun cintanya masih lebih besar pada Sun Woo. Apalagi lelaki ini sangat sayang pada anak satu-satunya. Tidak bisa dipungkiri jika berurusan dengan Joon Yeong pasti juga akan bertemu dengan Sun Woo.

Ada satu lagi pasangan yang terlilit hubungan cinta dan benci, yaitu Go Ye Rim (Park Sun young) dan Son Je Hyuk (Kim Young Min). Je Hyuk ini ketahuan selingkuh beberapa kali. Bahkan selingkuh dengan Sun Woo. Tetangga depan rumah sekaligus teman dekat Ye Rim. Meski Sun Woo hanya sekali mau diajak kencan itu pun karena wanita ini ingin mendapatkan bukti transaksi keuangan Tae Oh.

Tetap saja. Apapun alasannya, yang namanya selingkuh ya selingkuh. Titik. Ye Rim memaafkan Je Hyuk. Wanita cantik ini seakan tidak peduli dengan segala perilaku suaminya. Dia hanya menginginkan pernikahan mereka tetap utuh. Ada banyak ketakutan pada Ye Rim jika mereka berpisah. Ye rim tidak bekerja, belum punya anak dan Ye Rim berasal dari keluarga terpandang di Seoul.

Dari semua alasan tersebut, sebenarnya karena Ye Rim terjebak dalam cinta dan benci. Bisa dikatakan juga ada faktor kasihan yang mendasarinya. Meski sempat bercerai, Ye Rim mau rujuk kembali. Memang Ye Rim masih mencintai mantan suaminya.

review drama korea the world of the merried


Ikhlas Melepaskan

Saat sudah rujuk ini cinta Ye Rim kembali teruji. Rasa cinta inilah yang membuatnya selalu curiga kalau Je Hyuk selingkuh lagi. Pikiran-pikiran tersebut terus menghantuinya. Setiap kali Je Hyuk pulang malam atau menerima telepon, Ye Rim selalu berburuk sangka.

Dirinya selalu gelisah. Kecurigaan akan adanya perempuan lain susah lepas dari pikiran. Hidupnya jadi tidak tenang. Ye Rim akhirnya memutuskan untuk berpisah dari Je Hyuk. Wanita cantik ini pindah ke Seoul dan membuka sebuah cafe.

Hal yang sama juga terjadi pada Hyun Seo. Meski wanita muda ini masih mencintai pacarnya namun menolak untuk kembali. Pacarnya, Park In Kyu menganiaya dirinya lagi. Meski babak belur, Hyun Seo bersikukuh menolak kembali ke pelukan In Kyu. Dia memilih pergi. In Kyu yang patah hati memilih bunuh diri.

Bagaimana dengan Sun Woo? Dokter cantik ini memilih melepaskan Tae Oh sepenuhnya. Dia menghilangkan seluruh cintanya. Keputusan ini diambil setelah kehilangan anak lelaki kesayangannya.

Joon Young sangat kecewa dengan sikap Ibunya yang masih mencintai sang Ayah. Anak lelaki ini inggin Ibunya bersikap tegas. Joon Young tahu betul Ayahnya sudah menghancurkan hidup mereka. Anak lelaki ini hanya ingin Ibunya hidup bahagia.

Sikap Sun Woo yang terang-terangan masih mencintai Tae Oh membuat Joon Young marah besar. Remaja pria ini memutuskan untuk pergi. Dia tak kembali ke rumah. Kepergian Joon Young inilah yang menyadarkan Sun Woo sepenuhnya. Ada cinta lain yang harus dia perjuangankan. Cinta anaknya yang berusaha keras melindungi dan membuatnya bahagia.

Saya kaget dengan akhir drama ini. Do Kyung ternyata memutuskan untuk melepaskan Tae Oh. Presiden Yeo memboyong keluarganya pergi dari Gosan. Sementara Tae Oh harus berjuang sendiri membangun karirnya kembali. Tidak ada lagi sandaran wanita kaya.

Meski saya sebenarnya kurang puas dengan jalan hidup Tae Oh yang rasanya enak benar setelah menghancurkan hidup Sun Woo. Saat melihat episode terakhir ya sudahlah. Biarkan Tae Oh belajar hidup sengsara. Tidak menadahkan tangan terus.

Saat melihat episode terakhir paling bahagia pas adegan Joon Young kembali ke rumah. Saya ikut bahagia. Akhirnya hidup Sun Woo bahagia anak kesayangannya kembali.

Tak heran kalau banyak penonton yang kecanduan dengan drama ini. Mulai episode awal hingga akhir mengaduk-aduk emosi. Antara sedih, gemas, marah, bahagia, lucu campur aduk. Perubahan emosi cepat sekali dalam satu screen.

Adegan favorit saya saat Lee Joon Young ditegur oleh Yoon No Eul. Gadis cantik ini meminta Joon Young jangan bikin ulah. Dia tak mau anak-anak orang tua tunggal akan mendapat label negatif juga hanya karena ulah satu orang.

Dialognya bagus banget. Pesannya mengena. Ini bisa menjadi pelajaran bagi anak-anak korban broken home agar tidak menyalahkan keadaan dan merusak dirinya sendiri. Satu hal lagi. Para peselingkuh atau yang niat mau berselingkuh wajib menonton drama ini. Semoga jadi sadar semua. Selingkuh itu mudah namun efeknya merembet di kehidupan banyak orang di sekitar Anda.



Foto koleksi: JTBC Studios



Baca Juga :

Review Drama Korea Money Game, Masalah Krisis Ekonomi Korea yang Seru

Review Drama Korea Goblin, The Lonely and Great God

Review Drama Korea Black Dog, Serunya Dunia Sekolah yang Penuh Konflik

Komentar