Sabtu, 23 Maret 2019

Pilih Reksa Dana Saham atau Reksa Dana Campuran?

Reksa Dana adalah dunia baru bagi saya. Selama ini urusan investasi yang saya pahami hanya sebatas properti dan emas. Jujur. Dahulu saya takut kalau sudah urusan Reksa Dana, saham, obligasi dan aneka ragam investasi 'tak berwujud'. Banyak berita investasi bodong yang berseliweran. Ini yang bikin saya takut.

Kebetulan bisa dapat undangan untuk hadir di rangkaian #KopdarInvestarianMAMI. Acara ini memberikan wawasan baru tentang investasi Reksa Dana. Ternyata memang benar ada banyak investasi Reksa Dana bodong. Namun banyak juga yang beneran.

tips memilih reksa dana saham


Pada Kopdar Investarian ke 4 tanggal 17 Maret 2019 di Surabaya kali ini membahas tentang Reksa Dana Saham dan Reksa Dana Campuran. Materi pada acara #InvestarianSUB4 dibawakan oleh Pak Legowo Kusumonegoro (Pak Lek) dan Ibu Eveline.

Sebelumya, saya sudah mengulas tentang Reksa Dana Pasar UangReksa Dana Pendapatan Tetap dan Reksa Dana Syariah. Pada kesempatan kali ini, saya akan bercerita tentang Reksa Dana Saham dan Reksa Dana Campuran.  

Reksa Dana Saham
Reksa Dana Saham keuntungannya paling besar dibandingkan dengan Reksa Dana jenis lain. Namun perlu diingat kalau keuntungan besar ini diikuti dengan resiko yang besar juga. Kalau nilai saham turun otomatis keuntungan yang didapat akan sedikit. Kemungkinan terburuk, tidak akan mendapat keuntungan sama sekali. 

Kenapa begitu? Kalau saham ini modalnya kan patungan. Ada banyak orang selain kita yang membeli saham suatu perusahaan. Nanti kalau ada keuntungan juga harus dibagi rata dengan para pemilik saham lain. Pembagian keuntungan ini berdasarkan besar saham yang dimiliki per-orang.  

Reksa Dana Saham minimal 80% dana harus diinvestasikan ke saham. Meski nilai saham sedang turun di suatu wilayah karena faktor eksternal. Ya harus tetap diinvestasikan 80% ke saham. Manager Investasi yang akan mengatur strateginya. Transaksi saham ini kan global. Bila nilai saham di suatu wilayah turun, bisa dialihkan ke wilayah lain yang nilai saham tetap bagus.

tips memilih reksa dana campuran
Pak Lek

Inilah pentingnya memilih perusahaan Reksa Dana yang terpercaya. Pemilihan perusahaan saham untuk berinvestasi sepenuhnya dilakukan oleh Manager Investasi. Segala proses pengawasan dan analisa saham akan dilakukan oleh Manager Investasi.

Jangan kaget. Fluktuasi Reksa Dana sangat dinamis. Hal ini akan berpengaruh juga pada nilai unit yang dimiliki. Ada kalanya nilai unit tinggi mungkin lain waktu turun. Tidak usah panik. Kalau nilai unit turun biarkan saja. Nanti akan naik lagi. Suatu hal yang wajar kalau nilai unit naik turun.

Investasi di Reksa Dana Saham lebih cocok untuk investasi jangka panjang yaitu lebih dari 7 tahun. Bisa juga untuk pengganti dana pensiun. Apabila waktu pensiun lebih dari 10 tahun.

Kalau di MAMI, pemilihan perusahaan saham akan diteliti kredibilitasnya lebih dahulu sebelum berinvestasi ke sana. Saat ini, ada 619 perusahaan yang masuk ke bursa saham. Dari 619 perusahaan saham ini disaring lagi dan dipilih 150 perusahaan saham yang paling bagus. Lalu disaring lagi menjadi 75 perusahaan saham. Nah, 75 ini yang akan dipantau terus oleh manager investarian MAMI. Reksa Dana para nasabah akan dibelikan saham pada 75 perusahaan ini.

tips memilih reksa dana saham
Ibu Eveline

Manager Investasi MAMI mempunyai tim analis yang tugasnya meneliti suatu perusahaan apakah mempunyai resiko tinggi, sedang atau rendah. Tim analis ini akan menggali informasi dari berbagai pihak dan juga mempelajari berbagai aspek, yang kemungkinan mencurigakan. Tim ini juga akan menyelidiki bila ada transaksi perusahaan saham yang dianggap mencurigakan.

Ini yang konvensional. Bagaimana dengan Reksa Dana Saham Syariah yang ada di MAMI?Perusahaan yang sahamnya masuk ke Bursa Efek Syariah sekitar 150 perusahaan saham saja. MAMI memilah pilah hanya perusahaan saham yang punya kredibilitas baik saja. MAMI mempunya 3 ahli khusus investasi saham syariah sebagai pengawas khusus, yang langsung mengawasi investasi Reksa Dana Syariah.

Reksa Dana Campuran
Nah sekarang, masuk ke pembahasan Reksa Dana Campuran. Reksa Dana Campuran ini merujuk pada 'tempat' investasinya. Ada dua 'tempat' untuk investasi di Reksa Dana jenis ini, yaitu di saham dan obligasi.

Obligasi ini apa sih? Obligasi adalah surat utang jangka panjang yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan kepada pemegang obligasi. Nanti akan ada imbal hasil berupa uang yang dipinjamkan beserta bunga yang telah dijanjikan (kupon obligasi).

Porsi investasi untuk saham dan obligasi lebih berimbang. Komposisi biasanya 50% saham dan 50% pendapatan tetap. Namun ada juga yang dominan di salah satunya. 60% saham dan 40% obligasi dan atau sebaliknya. Ini tergantung dari kebijakan Manager Investasi.

Racikan komposisi Reksa Dana Campuran harus ditentukan pada awal kontrak investasi antara nasabah dan perusahaan investasi. Tidak boleh berubah-ubah. Kontrak ini berlaku selama nasabah tidak mencairkan seluruh unitnya. Manager Investasi tidak bisa seenaknya merubah komposisi investasi saham dan obligasi.

Reksa Dana Campuran cocok untuk investasi jangka menengah 5-10 tahun. Pembelian Reksa Dana Campuran minimal Rp 100.000. Hasil investasi jenis ini tergantung komposisi saham dan obligasi. Kalau komposisi saham lebih besar, hasilnya mendekati tingginya Reksa Dana Saham. Namun jika komposisi obligasi lebih besar hasilnya mendekati Reksa Dana Pendapatan Tetap.

tips memilih reksa dana campuran
Halaman depan KlikMAMI


Pacu Diawal, Rem Mendekati Akhir
Ini adalah prisip dasar berinvestasi. Hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisi resiko dan mendapatkan hasil akhir sesuai yang diinginkan. Sebelum melakukan investasi di Reksa Dana lebih baik rencakanan dulu berapa lama investasi nantinya akan dicairkan. Kita bisa merubah atau mengalihkan jenis reksadana yang akan dibeli.

Contoh kasus, nih ya. Beli Reksa Dana untuk biaya anak masuk kuliah. Reksa Dana rencananya akan dicairkan 10 tahun lagi. Saat awal, beli Reksa Dana Saham. Tahun ke 8 dialihkan ke Reksa Dana Pendapatan Tetap. Tahun ke 9 dialihkan ke Reksa Dana Pasar Uang.

Kenapa demikian? Rumusan pengalihan Reksa Dana ini sesuai dengan rumus pacu diawal, rem mendekati akhir. Reksa Dana Saham hasil investasinya paling tinggi. Namun resikonya juga paling besar. Kalau Reksa Dana Pendapatan Tetap hasilnya masih lumayan tinggi. Meski di bawah Reksa Dana Saham namun resikonya lebih kecil. Menjelang pencairan, lebih baik dialihkan ke Reksa Dana Pasar Uang. Hasil investasinya memang paling kecil namun relatif stabil. Resikonya juga paling kecil.

Rencana investasi ini sesuai teori ideal berinvestasi di Reksa Dana. Jika Anda berkeinginan investasi di Reksa Dana Saham hingga batas akhir pencairan untuk mengejar hasil yang besar. Ya nggak apa-apa. Banyak-banyak berdoa saja pas pencairan Reksa Dana nilai saham tidak turun.

Kalau jenis Reksa Dana beralih berkali-kali apa bisa? Bisa. Anda bisa menghubungi contact person sewaktu Anda beli Reksa Dana atau datang langsung ke perusahaan Reksa Dana tersebut. Kalau beli Reksa Dana di MAMI. Pengalihan jenis Reksa Dana ini bisa dilakukan secara online di KlikMAMI.

Pada bagian depan halaman KlikMAMI akan tertera nilai unit tiap-tiap jenis Reksa Dana. Bisa dijadikan perbandingan. Kita bisa tahu betul berapa nilai unit yang akan dibeli. Bisa kita hitung sendiri, berapa perkiraan unit yang akan kita dapatkan.

Apabila mengalihkan jenis Reksa Dana atau beli Reksa Dana, yang akan kita dapatkan adalah harga yang tertera di halaman depan KlikMAMI. Dengan catatan transaksi harus dilakukan sebelum jam 13.00 WIB. Jika lebih dari jam tersebut, kita akan mendapatkan nilai unit sesuai dengan harga keesokan harinya.

tips memilih reksa dana saham


Setelah transaksi dilakukan biasanya akan ada pihak KlikMAMI yang akan menghubungi untuk konfirmasi. Kita juga akan mendapat email mengenai detail transaksi yang sudah kita lakukan. Sebagai langkah pengamanan juga untuk nasabah.

Keterangan lengkap tentang jenis Reksa Dana yang akan kita beli juga ada lengkap. Tinggal klik tulisan 'Baca' berwarna hijau, yang ada di bagian paling kanan. Jadi nggak perlu lagi harus telefon atau email marketing Reksa Dana untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan.

Namun, bila sekiranya sudah dibaca dan dipahami namun masih belum dimengerti. Lebih baik segera hubungi agen Reksa Dana atau contact center. Untuk menghindari terjadinya penyesalan bila pencairan tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Mudah, kan? semua transaksi bisa dilakukan dengan smartphone atau laptop. Nggak pakai repot harus telephon atau datang ke kantor MAMI.     

tips memilih reksa dana campuran

Oh, iya ada info yang terlupa. Ini sebagai informasi tambahan saja. Jika pemilik account Reksa Dana meninggal dunia, maka ahli waris bisa mencairkan Reksa Dana dengan membawa surat-surat resmi yang menunjukkan bahwa benar ahli warisnya.

Kalau memang Reksa Dana akan diteruskan oleh ahli warisnya tidak apa-apa. Nanti akan ada perubahan data atau data tambahan. Kalau soal ini harus menghubungi contact center MAMI. Kalau buka website KlikMAMI lewat laptop tinggal klik tombol orange bertuliskan 'chat sama kita yuk' di bagian kanan bawah.

Bagaimana kalau seseorang membeli Reksa Dana MAMI tanpa memberitahu siapapun. Baik Keluarga atau teman dekatnya. Tidak ada ahli waris yang mengajukan klaim. Maka Reksa Dana tersebut tetap ada. Dana akan menggantung. Sesuai dengan ketentuan. Setelah 30 tahun, dana tersebut oleh Bank Kustodian akan diserahkan ke kas negara.

Mungkin bagi yang punya Reksa Dana sebagai simpanan rahasia, lebih baik beritahukan pada seseorang yang paling Anda percaya. Nggak perlu kasih tahu informasi lengkap. Hanya kasih tahu saja 'Aku punya Reksa Dana di sini. Nanti kalau aku meninggal silahkan diurus."

Buat jaga-jaga saja. Toh, tak ada yang tahu kapan kita akan meninggal. Siapa tahu Reksa Dana kita berguna untuk keperluan pasangan atau anak cucu.


Foto: koleksi pribadi, WAG MAMI Surabaya dan website KlikMAMI

50 komentar:

  1. Makasih infonya mbak. Reksadana itu banyak macamnya ya.

    BalasHapus
  2. Sama-sama, mbak. Iya banyak jenisnya tinggal pilih mana yang cocok buat kita

    BalasHapus
  3. Selama ini aku beli reksadana via Bank. Lewat aplikasi MAMI ini boleh dicoba karena online jadi mudah untuk atur sendiri ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Bisa atur sendiri. Beli, jual atau dialihkan. Bisa semuanya pakai aplikasi klikMAMI.

      Hapus
  4. Sekarang ada Reksa Dana campuran juga. Saya masih harus banyak cari tau tentang Reksa Dana, nih. Tetapi, sekarang kelihatannya prosesnya lebih mudah, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih mudah sekarang. Soalnya pakai aplikasi online. Tinggal klik klik saja di ponsel.

      Hapus
  5. Aku juga buka reksadana di manulife yang syariah kayaknya sih masuk kategori campuran. Nyicil dikit2 buat dana pensiun 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga ambil reksa dana syariah. Lebih tenang rasanya. Pensiun kudu fipersiapkan mulai sekarang ya mbak ya.

      Hapus
  6. Reksadana Manulife ini makin banyak ya jenisnya, saya jadi harus belajar banyak nih tentang investasi satu ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sat ini memang semakin banyak jenis reksa dana. Saya juga masih harus belajar banyak soal reksa dana, mbak.

      Hapus
  7. Kudu banyaaakkk belajar soal reksadana dan investasi lainnya ya.
    Apalagi sekarang lagi trennya FinTech nih
    --kindly visit my blog bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget, mbak. Kudu banyak belajar. Nggak boleh lagi buta soal investasi. Jamannya mak-mak nggak boleh males belajar ini.

      Hapus
  8. Kriteria pemilihan selain perusahaannya sehat, adakah pertimbangan lainnya kah, misalnya kehalalan dari produknya? Saya pernah menemani suami mempelajari saham-saham yang dijual dan selain memilih perusahaan yang sehat juga produknya halal atau tidak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau reksa dana syariah sudah pasti saham yang dijual halal semua jenis usaha atau produknya. Saya lebih sreg memilih reksa dana syariah karena faktor halal ini. Sebelum beli dipastikan aja ada Dewan Saham Khusus Syariah atau tidak kalau di perusahaan investasi reksa dana. Siapa saja orangnya di dewan tersebut. KIta jadi bisa lebih tennag kalau orang-orangnya termasuk yang amanah dalam pengelolaan saham.

      Hapus
  9. Lucu juga ya prinsipnya. Pacu di awal dan rem mendekati akhir. Terima kasih atas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelihatannya simple. Namun sangat bergunu buat yang butuh duit pas pencairan.

      Hapus
  10. Aku sekarang pake Reksa Dana Campuran dan pasar uang. Pilih investasi memang harus pinter-pinter. Kalau baru-baru aku cari yang risikonya ga terlalu tinggi. Maklum masih belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren. Sudah punya dua jenis reksa dana.

      Sama mbak. Aku juga masih belajar dan cuma berani pake Reksa Dana Pasar Uang.

      Hapus
  11. Aku juga punya investasi di Manulife ini buat reksa dana saham umum dan yang syariah. taroh aja sih biar ga diambil-ambil, untuk bekal masa depan. Nah soal invest di jenis-jenisnya aku belum ngulik lagi nih. Abis baca ini aku harus review ulang tujuanku dan posnya udah bener apa belum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada tujuan lebih enak ngaturnya. Lebih maksimal dapatnya pas pencairan. Uangnya mau digunakan untuk apa. Rencana mau dicairkan kapan. Biar makin mantap dapatnya.

      Hapus
  12. Saya masih awam untuk investasi seperti ini, biasanya invest cuma dalam bentuk barang saja. Menarik juga, cuma memang harus dibaca pelan-pelan dan banyak bertanya sama yang pengalaman dan sudah paham. Tfs mb...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak. Saya baru nggeh soal reksa dana setahun terakhir ini. Setelah banyak baca dan banyak tanya pada yang lebih paham ternyata tak terlalu belibet seperti bayangan saya sebelumnya. Mudah dan simple ternyata.

      Hapus
  13. Jujur saya belum punya investasi dana benigian sih selain memang belum punya dana lebih masih agak khawatir juga dengan investasi bodong. Tapi Reksadana ini sudah lama denger, mungkin bisa jadi pilihan dan terbukti nyata baik ya mbak. Btw, thanks sharingnya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Harus hati-hati kalau mau beli. Harus dibaca dan diteliti baik-baik. Daripada kena investasi bodong.

      Hapus
  14. Aku sama sekali Blum faham nih kak Reksadana jd tahu nih dn kpingin deh,, bisa jd pilihan lain ini buat invest

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Namun sebelum beli tetap harus dibaca dengan teliti. Biar nggak terjebak Reksa Dana bodong.

      Hapus
  15. Soal investasi apalagi reksadana aku memang lemh,belum betul2 belajar. Dan kayaknya bth banget,udah terasa kudu punya simpanan biar bisa ngerem kebutuhan. Ya semoga bisa segera memilih salah satu bentuk investasi ini deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga masih tahap belajar, mbak. Banyak-banyak belajar aja. Biar bisa mendeteksi mana investasi yang beneran, mana yang bohongan.

      Hapus
  16. Saya ngeblank sih kalo soal reksa dana. Tapi dari tulisan ini jadi tau dikit2. Ternyata konvensional sama syariah berbeda cukup signifikan ya proses pemilihan kredibilitas perusahaan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Kalau syariah banyak sekali syarat yang harus dipenuhi. Ketat banget juga aturannya. Soalnya menyangkut kehalalan seluruh proses investasi mulai awal hingga akhir.

      Hapus
  17. Wah aku harus banyak belajar lagi nih tentang reksadana. Harus dipertimbangkan baik2 yah mana yang cocok untuk kita disesuaikan dengan kebutuhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari mbak, kita belajar bareng. Kalau investasi sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan lebih baik lagi. Biar bisa tepat sasaran.

      Hapus
  18. Temanku bilang investasi reksadana itu emang lebih menguntungkan. Tapi aku belum berani mulai. Tapi mulai tertarik setelah membaca tulisan ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lebih menguntungkan. Kalau mau coba sedikit aja dulu, mbak. Minimal pembelian reksa dana Rp 10.000. Kalau sudah mantap, bisa nambah beli lagi.

      Hapus
  19. Reksadana katanya lbh aman ya ga naik turun spt saham

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih aman. Namun perlu diperhatikan juga perusahaan reksa dana penjualnya.

      Hapus
  20. Aku juga udah lumayan lama ikutan RD tapi KlikMami ini lebih mudah untuk beli dan jualnya tinggal klik nggak perlu ke bank atau kantornya, tinggal kita disiplin aja ya belinya, pengen yang auto sebetulnya deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Kalau pengen coba langsung aja ke klikmami.com. Nggak perlu instal.

      Hapus
  21. Wah kebetulan emang lagi cari tahu tentang Reksa Dana mbak, ternyata banyak macamnya ya reksa dana itu, jadi dapat pencerahan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga artikel ini bermanfaat untuk mencerahkan terus. Aamiin

      Hapus
  22. Aku pilih saham langsung, hehe. Emang sedikit-sedikit perlu berinvestasi buat masa depan yang lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, langsung tembah hasil besar, nih. Semoga sukses terus, mbak.

      Hapus
  23. Aku belum kepikiran ke reksa dana dan saham2 itu belum berani hehehe,jadi emang butuh sih info2 seperti ini supaya lebih berani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak apa-apa, Mbak. Ngumpulin keberanian dulu sambil ngumpul informasi sebanyak-banyaknya.

      Hapus
  24. Tulisannya lengkap dan mencerahkan pembaca yang awam reksa dana kaya aku. Makasih ya. Selama ini aku investasi ke logam mulia, belum berani invest saham

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali. Investasi dua-duanya. Logam mulia dan reksa dana lebih mantap lagi hehe.

      Hapus
  25. Sekarang ini semakin banyak jenis investasi yang ditawarkan ya, jadi lebih mudah lagi kita memilih yang sesuai dengan kebutuhan kita ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget, Mbak. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan kita.

      Hapus
  26. Ini bacanya kudu pelan2 hihihi. Penasaran jg soalnya sama reksadana ini. Tengkyu penjelasannya mbk Ugik :D
    Wah kalau aku beli reksadana pastinya bakal kasi tau ke keluargaku haha biar gak sia2 invesnya gtu, kan niat inves emang buat anak cucu hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelan-pelan biar selamat hehe. Terima kasih kembali.

      Ada orang yang pengennya investasi diam-diam buat dana tak terduga. Keluarga nggak ada tahu. Memang lebih baik keluarga dikasih tahu biar bisa klaim kalau meninggal nanti.

      Hapus