Wisata Baturaden 2018, 5 Area Wisata dalam Satu Lokasi

Sebentar lagi puasa dan lanjut mudik lebaran. Biasanya, mudik sekalian jalan-jalan. Bagi yang mudik ke daerah Jawa tengah, Bagaimana kalau ke Baturaden?  Meski secara geografis tempat ini berada di Banyumas. Namun dekat juga dengan kota Purwokerto. Sekitar 15 km dari utara kota Purwokerto. Wisata Baturaden bisa menjadi alternatif liburan.

baturaden


Di Baturaden ada lokawisata Baturraden, yang berada di lereng Gunung Slamet. Lebih kurang 640m di atas permukaan laut. Meski lokasinya di lereng gunung namun transportasi ke Baturaden mudah. Baik dari Banyumas ataupun dari Purwokerto. Kalau saya lebih suka jalur dari Purwokerto, kalau dulu bisa ditempuh hanya 15 menit. Sekarang sekitar 20-30 menit.

Hampir seluruh lokasi wisata Baturaden berbukit-bukit. Udaranya sejuk. Angin berhembus semilir dari Gunung Slamet. Nikmat kalau ingin jalan-jalan ke seluruh area. Bagi yang ingin berkeliling ke sini, mohon siapkan sepatu yang nyaman. Sayang banget kalau sudah sampai sini tidak bisa puas menjelajah karena kaki sakit gara-gara salah sepatu.

baturaden


5 Area Wisata dalam Satu Tempat

Salah satu keuntungan jalan-jalan ke sini dalam satu lokasi ada beberapa tempat wisata. Jadi menghemat biaya dan waktu. Harga tiket masuk hingga Rp 14.000,-/orang. Nmaun nanti di dalam ada beberapa tempat wisata yang harus bayar lagi. Tenang. Cuma sedikit kok yang harus bayar. Masih banyak yang gratis. Berwisata di sini bisa dari pagi sampai sore keliling. Tergantung pada kekuatan kaki saja. Maklum kondisi geografis naik turun. Sama dengan tracking.

1. Teater Alam Baturaden.
Begitu masuk, langsung terlihat pesawat besar di sebelah kiri samping pintu masuk. Ini dia yang dimaksud teater alam atau bioskop pesawat. Sebuah pesawat Foxer 28 bekas milik Garuda Indonesia Airlines dirombak menjadi gedung bioskop mini. Jika ingin menikmati film di dalam pesawat bayar tiket masuk Rp 10.000,-/orang. Film yang diputar tentang aneka budaya Indonesia, peristiwa tsunami, Gunung Merapi meletus dan lain-lain. Diputar secara bergantian. Durasi film antara 15-20 menit.


wisata baturaden


2. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu.
Pitu dan Telu ini bahasa Jawa. Kalau diartikan dalam bahasa Indonesia, pitu adalah tujuh sedangkan telu adalah tiga. Pancuran ini juga dalam bahasa Jawa. Kalau diartikan secara bebas berarti air yang memancar. Kalau mau ke sini harus bayar lagi Rp 10.000,-/orang. Ada pemandian air panas yang mengandung belerang di area ini. Ada juga jasa pijat sulfur Rp 7.500,-/15 menit.

3. Kolam renang.
Area ini yang paling disukai anak anak-anak. Kolam renang yang luas dan bersih. Kalau musim liburan biasanya banyak pengunjung. Lebih baik orang tua mengawasi dengan ketat anak-anaknya. Area ini gratis. Selain itu juga ada area sepeda air. Bisa berkeliling kolam sambil naik sepeda. Lebih baik anak-anak didampingi orang dewasa jika naik wahana ini. Jangan biarkan anak-anak naik sendirian. Wahana ini juga gratis.


4. Taman Botani.
Dahulu ada kebun binatang dengan berbagai satwa unik, namun sekarang sudah tidak ada. Sebagai gantinya di area ini ada taman botani. Berbagai tanaman cantik hadir di sini. Ada juga tanaman obat-obatan herbal.

5. Studio 4 dimensi.
Konon katanya, lumayan seru film 4 dimensi di sini. Keasyikan keliling lokawisata Baturaden malah kelupaan mau ke sini. Sudah sore banget dan mau pulang baru ingat. Ya sudahlah. in syaa Allah lain waktu kalau ke sini lagi.

Selain 5 area wisata seru itu ada juga panggung budaya. Biasanya menampilkan ebeg atau kuda lumping, calung, musik kenthongan, dan musik tradisonal lainnya. Tidak ada jadwal tetap jam dan jenis tampilannya. Biasanya waktu liburan atau weekend. 




Transportasi Mudah ke Wisata Baturaden

Mohon maaf sebelumnya kalau saya share pengalaman hanya dari Purwokerto saja. Belum pernah lewat jalur Banyumas. Ada beberapa referensi di blog tetapi berhubung belum pernah coba, saya tidak berani nulis di sini.



Untuk ke Baturadden dari Purwokerto bisa menggunakan mobil pribadi atau naik kendaraan umum. Kalau mobil pribadi patokannya UNSOED. Dari sini ambil jalan lurus ke utara. Ada plang penunjuk arah. Ikuti saja jalan ini sampai ke terminal atas Baturaden. Sampai di sana ikuti saja papan penunjuk arah ke pintu masuk lokawisata Baturaden.

Kalau mau naik angkutan umum juga mudah. Dari terminal Purwokerto cari saja angkot atau bis yang menuju ke Baturaden. Turun di terminal bawah Baturaden. Dari sini bisa jalan kaki atau naik ojek atau numpak kendaraan terbuka yang menuju ke pintu gerbang Lokawisata Baturaden. Dari terminal bawah Baturaden sampai pintu gerbang sekitar 500m.
 
Buat yang mudik ke Jawa Tengah. Anda males kejebak macet di tempat-tempat wisata di Yogyakarta, Magelang, Solo dan sekitarnya? Bisa bergeser ke Puwokerto atau Purbalingga. Nggak kalah bagusnya tempat-tempat wisata di sana. 

Comments

Popular posts from this blog

Bebek Kayu Tangan Bratang Gede Surabaya

Belanja Kain Kiloan di Pasar Ampel Surabaya

Iwel-Iwel