Resoles Sahabat Setia Lumpia

resoles
Resoles versi Indonesia

Resoles (atau risoles) dan lumpia. Layaknya sahabat setia. Seiring sejalan. Se-wadah. Se-penggorengan. Se-penjual. All for one, one for all. Seperti itulah. Biasanya kalau ada pedagang yang berjualan resoles, di situ juga ada lumpia. Keduanya saling melengkapi satu sama yang lain. Kok melengkapi. Ya iyalah. Kalau lumpia dari kulitnya serba keras. Serba kriuk. Kalau resoles serba lembut.

Resoles merupakan dadar tepung berlapis tepung roti. Isiannya bermacam-macam, ada kentang tumbuk, wortel, daging cincang dan irisan telur rebus. Terkadang ada juga tambahan kacang polong. Ada juga yang isinya rogurt. Akhir-akhir ini sedang trend resoles mayo. Resoles dengan isi daging asap atau daging cincang, mayones dan irisan telur rebus. Bentuk resoles mirip dengan lumpia tapi lebih pendek. Ada juga yang berbentuk segitiga. Enak mana? enak semua kalau menurut saya.

Resoles ternyata mempunyai sejarah yang cukup panjang dan unik. Nama resoles berasal dari bahasa Belanda rissole. Konon makanan ini hadir Indonesia pada jaman penjajahan Belanda. Rissole biasanya dihidangkan sebagai teman minum teh para nyonya ataupun nonik Belanda. Namun tidak ada literatur yang menyebutkan rissole ini muncul di Belanda sejak tahun atau abad berapa. Saya sudah coba telusuri tetapi tidak ketemu. Saya justru ketemu sejarah resoles versi Negara Perancis.

Resoles versi Perancis sudah ada sejak abad 13. Kalau di Perancis namanya roinsolles, yang artinya menjadikan coklat. Pada awalnya, roinsolles ini pembuatannya seperti panekuk. Cara memasaknya sederhana, digoreng di penggorengan datar dengan menggunakan lemak sapi atau babi. Kemudian jajanan ini berkembang pembuatannya dengan dibungkus pastry gelembung dan diisi daging cincang. Resoles versi Perancis lebih beragam dalam hal rasa. Ada rasa asin dan manis. Untuk versi manis menggunakan gula halus yang ditaburkan diatas adonan. Setelah matang ditambah dengan saus buah diatasnya. Pembuatan roinsolles juga bervariasi. Selain digoreng ada juga yang di oven.

Selama ini saya belum pernah ketemu resoles manis dengan siraman saus buah. Hmm... jadi ingin coba bikin. Kayaknya enak, nih.    

Comments

  1. Cabe sama daun bawang sahabat setianya risoles dan lumpia��

    ReplyDelete
    Replies
    1. sahabat yang tak terpisahkan hehe

      Delete

Post a Comment

Popular Posts