THR Surabaya, Kenangan yang Terlupakan

thr surabaya

Satu lagi tempat wisata yang menjadi icon Surabaya. Taman Remaja Surabaya namun lebih terkenal dengan sebutan THR. Taman Hiburan Rakyat (THR) yang sebenarnya ada di area belakang. Merupakan komplek pertunjukan kesenian Ludruk, Wayang Orang dan ada gedung khusus untuk Srimulat. Namun banyak orang yang mengenal seluruh komplek hiburan ini sebagai THR. Kalau ditanya TRS banyak yang tidak tahu.

Tahun 80-an tempat ini menjadi pusat hiburan masyarakat Surabaya dan sekitarnya. Setiap sabtu minggu atau masa liburan selalu penuh pengunjung. Bagi yang pernah tinggal di Surabaya tahun 80-an banyak kenangan terpatri di sini.

thr surabaya Taman mini untuk anak-anak

Meski pamornya sudah mulai memudar saat ini. Namun THR masih setia menjadi tempat hiburan uwong Suroboyo. Meski sabtu minggu sudah tidak seramai dahulu. Namun masih ada beberapa pengunjung yang hadir di sini. Saat ini lebih banyak acara lomba dan pentas seni untuk anak-anak TK dan SD.

Saya terakhir ke sini SMP kelas 3. Tidak banyak perubahan. Aneka permainannya juga tetap sama. Ada penambahan panggung terbuka di bagian samping. Penjual makanan yang dulu terpusat sekarang tersebar di beberapa tempat. Namun berupa kios yang menjual minuman atau camilan saja.

thr surabaya
 Area taman lampion

Kebetulan saya ke sini untuk mengantar ponakan yang ikut lomba kreasi pakaian dari bahan daur ulang. Minggu pagi saya datang. Sore jam empat saya kembali. Saya dan suami sengaja berkeliling ke seluruh area THR. Mumpung masih pagi. Masih sepi. Sambil jalan berkeliling kami saling berbagi kenangan jaman masih kecil dulu. Kebetulan saya dan suami sering kesini kalau sabtu atau minggu. Kalau ada saudara yang datang dari luar kota pasti diajak ke sini.

thr surabaya

Permainan di area anak-anak masih ramai pengunjungnya. Sedangkan wahana permainan untuk remaja dan dewasa sedikit yang antri. Kalau sekarang yang dominan acara musik yang menyedot banyak penonton di sini. Dari mulai dangdut sampai aliran metal ada. Biasanya ada baliho besar di pintu masuk siapa saja dan kapan akan show di sini.

thr surabaya

Kalau mau ke sini transportasinya gampang. Dari terminal Joyoboyo naik bemo V (ve) langsung turun depannya. Bayar bemonya (angkot) 5.000 rupiah/orang. Lokasi THR persis di sebelah Hi-Tech Mall. Sangat mudah menuju ke sini.

Tiket masuk ke lokasi ini 15.000 rupiah/orang. Kalau mau beli tiket terusan juga bisa. Cukup membayar 50.000 rupiah/orang. Kalau masuk menggunakan tiket biasa ada beberapa permainan yang harus bayar lagi. Harga tiketnya 5.000 - 10.000 rupiah/orang.

Foto: koleksi pribadi menggunakan ASUS Zenfone5

Komentar