Sunday, 4 February 2018

Kebun Binatang Surabaya 2018 Berdandan Lebih Cantik

kebun binatang surabaya

Tahun lalu saya sengaja datang ke Kebun Binatang Surabaya untuk melepas rindu. Sekaligus penasaran dengan berbagai berita heboh di media. Tempat ini lebih kondang dengan sebutan KBS sejak dulu. Ternyata tempat ini sedang berbenah. Perbaikan di sana sini. Renovasi di beberapa bagian. Termasuk area aquarium. Area ini yang paling saya sukai sejak kecil.

Awal tahun 2018, seorang teman yang baru berkunjung ke KBS mengabarkan kalau area aquarium sudah dibuka. Uasyeeek. Langsung atur jadwal kosong sehari dan meluncur kesini. Sehari? Belajar dari pengalaman tahun lalu. Mengitari area seluas 15 hektar cukup bikin pegel kaki. Jalan-jalan di KBS cukup setengah hari. Sisa setengah hari lagi? untuk mengistirahatkan kaki yang njarem hehe. 

kebun binatang surabaya


Tiket masuk masih tetap 15.000 rupiah per orang. Saya datang kebetulan hari sabtu. Lumayan ramai. Banyak rombongan dengan seragam TK dan PAUD. Seru lihat aneka ekspresi anak-anak yang masuk ke sini. Pertama masuk waaa banyak perubahan. Lebih bersih dan asri dari tahun kemarin.

kebun binatang surabaya


Ada area baru khusus untuk foto. Dekat dengan kandang merak. Taman dan air terjun buatannya bagus. Banyak pengunjung yang foto di sini. Banyak bangku-bangku untuk istirahat sejenak. Alhamdulillah. Bisa lebih mudah mengistirahatkan kaki. Tempat istirahat ini dilengkapi dengan taman mini. Lebih nyaman istirahat sejenak sambil ngobrol-ngobrol.

Di sepanjang jalur utama ada banyak perubahan. Ada pagar dan taman mungil di depan kandang. Aneka bunga warna-warni memberikan kesan ceria tempat ini. Sepanjang jalan ini diberi gambar jejak kaki sesuai dengan kandang binatang terdekat. Anak-anak banyak yang berhenti dan menebak-tebak kaki binatang apa gerangan. Pohon-pohon rimbun tertata rapi. Jalan-jalan keliling tidak terasa panas.

kebun binatang surabaya


Saya langsung saja masuk ke area aquarium. Harga tiket masuk 10.000 rupiah/orang. Anak-anak bayar full. Tempatnya jadi cantik. Asri dan teduh dengan aneka tanaman. Begitu masuk ada area reptil di sebelah kiri. Area ini didominasi ular dan iguana. Gedung utama aquarium tetap sama. Ada area taman mini yang cantik di depannya.

Gedung utama dibagi dua bagian. Sebelah kanan area ikan tawar. Sedangkan kiri area ikan air laut. Koleksinya banyak. Seru... Banyak anak-anak yang mogok di sini, tidak mau diajak keluar hehe. Untuk ikan-ikan ukuran besar ada di kolam depan gedung. Kecuali anak hiu, ada di dalam area ikan laut. Keluar dari aquarium ini harus melewati jembatan di atas kandang buaya. Tenang. Jembatannya dari semen. Tapi ya tetap saja bagi saya bikin dag dig dug ngeri sedap.

kebun binatang surabaya

Ada beberapa perubahan di KBS. Area bermain anak dipindah dekat pintu keluar. Ada tambahan permainan outbound. Hadir juga animal show di dekat menara tingkat yang tinggi. Ada dua kali penampilan jam 11.00 WIB dan 13.00 WIB. Untuk naik unta keliling hanya sampai jam 12.00. Naik gajah keliling juga ada perubahan. Dahulu bisa naik gajah saja. Sekarang ada event breakfast with elephant. Naik gajah dan makan dalam satu paket 75.000 rupiah/orang. Kalau naik gajah saja nggak bisa. Ini yang bikin banyak orang tua dan anak-anak kecewa. Termasuk saya *nyengir.

kebun binatang surabaya Pintu masuk area Aquarium

Kebun Binatang Surabaya saat ini layaknya gadis remaja. Lagi seneng-senengnya dandan. Lebih cantik dan ngangenin. Jaman masih apa adanya saja masih banyak pengunjung yang datang. Gimana kalau sudah lebih cantik lagi. In syaa Allah akan lebih banyak lagi pengunjung yang datang. kalau mau datang ke sini lebih baik pagi. Jam 08.00 WIB sudah buka. Kalau pagi-pagi belum terlalu banyak pengunjungnya.

Sukses terus KBS. Semoga selalu lebih baik dan lebih baik terus dalam memanjakan pengunjung.

Foto : koleksi pribadi menggunakan Canon Powershot     

No comments:

Post a Comment