Skip to main content

Kebun Binatang Surabaya Berdandan Lebih Cantik


Tahun lalu saya sengaja datang ke Kebun Binatang Surabaya untuk melepas rindu. Sekaligus penasaran dengan berbagai berita heboh di media. Tempat ini lebih kondang dengan sebutan KBS sejak dulu. Ternyata tempat ini sedang berbenah. Perbaikan di sana sini. Renovasi di beberapa bagian. Termasuk area aquarium. Area ini yang paling saya sukai sejak kecil.

Awal tahun 2018, seorang teman yang baru berkunjung ke KBS mengabarkan kalau area aquarium sudah dibuka. Uasyeeek. Langsung atur jadwal kosong sehari dan meluncur kesini. Sehari? Belajar dari pengalaman tahun lalu. Mengitari area seluas 15 hektar cukup bikin pegel kaki. Jalan-jalan di KBS cukup setengah hari. Sisa setengah hari lagi? untuk mengistirahatkan kaki yang njarem hehe. 



Tiket masuk masih tetap 15.000 rupiah per orang. Saya datang kebetulan hari sabtu. Lumayan ramai. Banyak rombongan dengan seragam TK dan PAUD. Seru lihat aneka ekspresi anak-anak yang masuk ke sini. Pertama masuk waaa banyak perubahan. Lebih bersih dan asri dari tahun kemarin.



Ada area baru khusus untuk foto. Dekat dengan kandang merak. Taman dan air terjun buatannya bagus. Banyak pengunjung yang foto di sini. Banyak bangku-bangku untuk istirahat sejenak. Alhamdulillah. Bisa lebih mudah mengistirahatkan kaki. Tempat istirahat ini dilengkapi dengan taman mini. Lebih nyaman istirahat sejenak sambil ngobrol-ngobrol.

Di sepanjang jalur utama ada banyak perubahan. Ada pagar dan taman mungil di depan kandang. Aneka bunga warna-warni memberikan kesan ceria tempat ini. Sepanjang jalan ini diberi gambar jejak kaki sesuai dengan kandang binatang terdekat. Anak-anak banyak yang berhenti dan menebak-tebak kaki binatang apa gerangan. Pohon-pohon rimbun tertata rapi. Jalan-jalan keliling tidak terasa panas.



Saya langsung saja masuk ke area aquarium. Harga tiket masuk 10.000 rupiah/orang. Anak-anak bayar full. Tempatnya jadi cantik. Asri dan teduh dengan aneka tanaman. Begitu masuk ada area reptil di sebelah kiri. Area ini didominasi ular dan iguana. Gedung utama aquarium tetap sama. Ada area taman mini yang cantik di depannya.

Gedung utama dibagi dua bagian. Sebelah kanan area ikan tawar. Sedangkan kiri area ikan air laut. Koleksinya banyak. Seru... Banyak anak-anak yang mogok di sini, tidak mau diajak keluar hehe. Untuk ikan-ikan ukuran besar ada di kolam depan gedung. Kecuali anak hiu, ada di dalam area ikan laut. Keluar dari aquarium ini harus melewati jembatan di atas kandang buaya. Tenang. Jembatannya dari semen. Tapi ya tetap saja bagi saya bikin dag dig dug ngeri sedap.


Ada beberapa perubahan di KBS. Area bermain anak dipindah dekat pintu keluar. Ada tambahan permainan outbound. Hadir juga animal show di dekat menara tingkat yang tinggi. Ada dua kali penampilan jam 11.00 WIB dan 13.00 WIB. Untuk naik unta keliling hanya sampai jam 12.00. Naik gajah keliling juga ada perubahan. Dahulu bisa naik gajah saja. Sekarang ada event breakfast with elephant. Naik gajah dan makan dalam satu paket 75.000 rupiah/orang. Kalau naik gajah saja nggak bisa. Ini yang bikin banyak orang tua dan anak-anak kecewa. Termasuk saya *nyengir.

Pintu masuk area Aquarium

Kebun Binatang Surabaya saat ini layaknya gadis remaja. Lagi seneng-senengnya dandan. Lebih cantik dan ngangenin. Jaman masih apa adanya saja masih banyak pengunjung yang datang. Gimana kalau sudah lebih cantik lagi. In syaa Allah akan lebih banyak lagi pengunjung yang datang. kalau mau datang ke sini lebih baik pagi. Jam 08.00 WIB sudah buka. Kalau pagi-pagi belum terlalu banyak pengunjungnya.

Sukses terus KBS. Semoga selalu lebih baik dan lebih baik terus dalam memanjakan pengunjung.

Foto : koleksi pribadi menggunakan Canon Powershot A495    

Comments

Popular posts from this blog

Bebek Kayu Tangan Bratang Gede Surabaya

Bebek goreng kremes plus sambel pencit (mangga muda)
Kalau ke Surabaya tidak makan bebek rasanya kurang afdol. Satu lagi tempat makan olahan bebek goreng favorit saya. Bebek goreng kremes kayu tangan di Jalan Bratang Gede no. 68 Surabaya. tempat ini langganan saya sejak jaman masih kuliah. Sampai sekarang saya masih singgah ke sini.

Tersedia bebek goreng kremes dan bebek bakar. Saya lebih suka yang goreng kremes. Selain bebek empuk dan renyah. Biasanya saya makan plus tulangnya yang juga empuk. Kriuk-kriuk dikunyah. Sajian kremesnya ini yang bikin nagih. Kalau dimakan dengan nasi hangat dan sambel, sedap nian.

Satu lagi yang istimewa. Sambal pencit. Aslinya sambal bajak atau biasa disebut juga sambal matang yang dicampur dengan serutan mangga muda. Sensasi pedas asam ini yang membuat bebek kremes kayu tangan lebih segar.

Tempatnya tidak terlalu besar. Namun selalu ramai pengunjung. Nyempil diatara deretan toko dan aneka tempat makan di sepanjang jalan Bratang Gede. Interior tempatnya…

Iwel-Iwel

Iwel-iwel adalah makanan tradisional Indonesia yang beredar di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Makanan ini termasuk langka karena jarang ada di pasar tradisional atau lapak khusus jajanan pasar. Di Jawa Timur hanya muncul pada upacara tujuh bulanan ibu hamil, aqiqah dan selapanan bayi yang baru lahir. 
Konon, iwel-iwel sudah ada sejak jaman para wali. Berasal dari kata waliwalidayya. Penggalan dari doa untuk orang tua Rabbighfirlii waliwalidayya... Namun karena lidah orang Jawa susah melafalkan, jadinya iwel-iwel. Anak yang dalam kandungan atau yang sudah lahir diharapkan menjadi anak sholeh/sholehah dan selalu mendoakan orang tuanya. Wuih, hanya sebuah kue sederhana ternyata dalam banget filosofinya. 
Ada juga sejarah iwel-iwel versi lain. Iwel-iwel berasal dari bahasa jawa kemiwel. Dalam bahasa Indonesia berarti menggemaskan. Mungkin ini sebagai doa agar anak yang dikandung atau yang sudah lahir akan menjadi anak menggemaskan. Presentasi dari bayi yang sehat, normal tak kurang suatu apapu…

Belanja Kain Kiloan di Pasar Ampel Surabaya

Kawasan Ampel Surabaya selama ini identik dengan Masjid Ampel dan Sunan Ampel. Padahal disana ada wisata belanja dan wisata kuliner yang bikin ketagihan. Pasar Ampel berada di kawasan kampung Arab Surabaya Utara. Pasar ini berada di dalam gang-gang kecil yang ada di kawasan kampung Ampel. Antara toko dan rumah biasa bercampur jadi satu.
Pada awalnya hanya beberapa penjual makanan dan aneka toko yang menjual perlengkapan ibadah. Mereka berjualan untuk melayani kebutuhan yang beribadah di Masjid Ampel. Seiring perjalanan waktu, pengunjung masjid Ampel semakin banyak. Aneka barang dan makanan semakin beragam. Maka kampung Ampel menjelma menjadi pasar besar. 
Aneka jenis kuliner tersedia di sini. Masakan indonesia lengkap. Namun yang paling dominan adalah masakan timur tengah. Wajarlah, kampung kampung Ampel ini juga terkenal sebagai kampung Arab. Banyak tersedia nasi kebuli, nasi magali, kambing guling, lontong bumbu, pukis Ampel, uthuk-uthuk, kopi Arab, dan teh rempah. Lain waktu saya aka…