Wednesday, 28 February 2018

Kalkulator CASIO Ternyata Bisa Jadi Mood Booster Efektif


calculator casio

Sebelum memutuskan untuk bekerja di rumah, saya sudah membaca dan memahami berbagai tip trik dan teori yang lengkap. Setelah dua bulan, saya sadar ternyata tak semudah teori yang ada. Bekerja sendiri di rumah jauh lebih menantang dari pada bekerja di kantor. Terutama urusan manajemen waktu. Satu ini nih yang butuh tekad kuat dan disiplin tinggi.

Atmosfer kantor dan rumah kan beda. Kalau di kantor sudah terkondisi untuk bekerja. Kalau di rumah? ahay. Persepsi dalam otak sudah terpatri rumah adalah tempat buat istirahat setelah bekerja. Pada awalnya, saya terbawa hawa santai. Atmosfernya istirahat. Rebahan sambil nonton film korea, makan sambil ngobrol berlama-lama atau baca buku sambil tiduran. Segala aktivitas yang biasa saya kerjakan di rumah lah pokoknya. Apalagi dengan pakai daster atau kaos oblong sriwing-sriwing. Hemm… Susah sekali untuk bisa konsentrasi bekerja.

calculator casio

Mulailah saya gerilya. Tenggok kanan kiri. Bertanya pada teman-teman yang sudah bekerja di rumah selama bertahun-tahun. Saya puas-puaskan bertanya, sambil curhat aslinya. Beberapa teman menyebut bahwa kondisi di rumah harus dikondisikan seperti layaknya kantor. Biar dapat atmosfer bekerja di rumah. Untuk menata mindset juga agar sinyal yang sampai ke otak adalah bekerja bukan istirahat dan santai di rumah.

Baiklah. Saya mulai mengatur waktu. Sehabis sholat subuh langsung beresin urusan rumah. Mencuci pakaian, sambil setrika, masak, menyiapkan segala keperluan suami dan bersih-bersih rumah. Selesai semua. Saya langsung mandi. Daster dan kaos sriwing-sriwing harus ditanggalkan. Saya ganti kostum baju rumahan yang lebih rapi. Biasanya rok atau kulot dan kaos rumahan.
Harus diputuskan juga jam kerja yang sama seperti kerja di kantor. Akhirnya saya memilih jam kerja dari jam Sembilan pagi sampai jam empat sore. Jam sembilan teng saya sudah harus buka laptop. Ketika adzan dzuhur berkumandang adalah waktu istirahat sampai jam satu. Setelah itu lanjut kerja.

calculator casio

Waktu kerja yang sudah disiplin bikin kerja jadi nyaman. Eh tapi ya… yang namanya kerja di rumah itu tetap beda sama kerja di kantor. Apalagi kalau mood lagi nggak bagus. Kalau saya di kantor, biasanya nggodain teman kerja atau ngobrol sebentar. Lah kalau di rumah? kan sendirian. Biasanya sih saya muter musik. Dan… ini dia. Baru ketemu akhir-akhir ini. Ternyata, pernak-pernik unyu dan warna-warni yang ada di meja bisa jadi mood booster.

Saya biasanya cepat bad mood kalau sudah urusan hitung-menghitung. Bikin pembukuan kas, jurnal umum, pajak dan teman-temannya. Saya sekarang merangkap tiga pekerjaan sekaligus. Ngurusin admin suami, ngeblog dan jualan online. Kalau sudah waktunya hitung-menghitung kan butuh konsentrasi penuh tuh. Kalau meleng sedikit, alamat harus cek ricek hitungan sebelumnya lagi. Kuatir ada yang keliru ketik atau salah masukin angka. Nah, kalau berkali-kali harus meleng. Wuih. Rasanya ingin gigit meja saja haha. Konsentrasi amburadul. Mood berantakan. 
   
Untung saja ketemu sama CASIO colorful calculator. Ada banyak warna, bukan cuma hitam. Ada yang warna hijau. Asyik... Kalkulator #CASIOMyStyle saat ini hadir dengan aneka warna ceria. Ternyata nggak jenuh kalau harus menghitung lama. Mungkin efek warna kali, ya. Warna kesukaan bikin atmosfer happy. Mood yang jatuh berantakan cepet naik lagi.

calculator casio
Bisa untuk hitung pajak secara otomatis.

Ada tiga ukuran kecil, medium dan besar. Kalau saya lebih nyaman menggunakan yang ukuran besar. Lebih nyaman buat mata saya yang minus enam. Nyaman juga untuk jari saya yang endut. Jangan kuatir meski ukuran kecil namun angka tetap kelihatan besar. Begitu juga dengan tombolnya. Keypad juga nyaman, nggak bikin ujung jari tergelincir kalau dibuat menghitung cepat.

Selain tampilannya yang cakep kualitasnya juga bagus. Ada menu khusus yang bisa menghitung pajak secara otomatis. Sesuai dengan ketentuan pajak Indonesia. Meski begitu tetap saja harus di cek ricek lagi mungkin saja tangan salah pencet angka. Daripada nanti ada selisih dan jadi masalah di kantor pajak. Bagi Anda yang males ngitung pajak ya pake cara otomatis yang sudah ada di CASIO my style.

Dayanya juga tahan lama. Bisa mati sendiri. Kalkulator ini secara otomatis akan mati sekitar enam menit setelah pengoperasian tombol terakhir. Kalau harus berada di ruangan tertutup dalam jangka waktu lama tak usah kuatir. Kalkulator CASIO my style tetap bisa digunakan. Si cantik ini menggunakan dua sumber daya, sel matahari dan satu baterai gepeng. Nggak perlu bad mood kalau tiba-tiba kalkulator mati dikala asyik menghitung.

Cakep kan kalkulator ini? Kalau ingin punya kalkulator kayak gini gampang saja. Bisa beli secara online di situs matahari mall plus dapat diskon jika menggunakan kode promo CASIOBLOGUE83Z16. Yuk buruan, rasakan sendiri asyiknya menggunakan CASIO colorful calculator.

Foto: pinjam pakai dari https://www.instagram.com/casiocalculator.id/ 

Tuesday, 27 February 2018

Minute Maid Nutriforce Menyelenggarakan Aksi Ibu Peduli Nutrisi

minute maid nutriforce

Berdasarkan penelitian kesehatan dasar 2013 mengungkapkan 26,4% anak usia 5-12 tahun menderita anemia. Anak-anak usia 5-12 tahun dalam masa pertumbuhan. Otomatis kebutuhan akan vitamin dan mineral juga cukup banyak. Kebutuhan minimal 10mg zat besi dan 11mg zink tidak terpenuhi dengan baik. Saat ini juga berkembang fenomena anak makan kenyang bukan makan sehat. Anak-anak cenderung makan apa yang dia suka saja. Kebanyakan anak-anak lebih menyukai makanan instan dan goreng-gorengan. Banyak juga anak-anak yang tidak suka makan sayur dan buah.

Melihat fenomena yang cukup memprihatinkan ini. Minute Maid Nutriforce menyelenggarakan Aksi Ibu Peduli Nutrisi. Acara ini diadakan di Jakarta, Surabaya dan Makasar. Minute Maid Nutriforce mengajak para ahli gizi turun langsung ke kampung-kampung. Mereka memberi pengarahan tentang pentingnya pemenuhan kebutuhan harian anak. Khususnya pemenuhan zat besi untuk anak usia sekolah.

Pada press conference tanggal 26 Februari 2018 di Noach Cafe Surabaya menghadirkan seorang ahli gizi dr Grace Judio-Kahl, Bapak Andrew Soendjojo (marketing manager minute maid) dan Artika Sari Devi sebagai brand ambasador minute maid nutriforce. dr Grace menjelaskan tentang kekurangan zat besi pada anak dapat mengakibatkan penurunan daya tahan tubuh dan gangguan prestasi belajar. Mengapa demikian? karena kekurangan zat besi pada tubuh mengakibatkan anak lemas, mudah lelah dan mudah terserang infeksi. Kekurangan Anemia tidak hanya dialami anak yang berbadan kurus. Anak yang bertubuh gemuk pun bisa mengalami anemia. Sebaiknya para ibu harus mulai lebih jeli memperhatikan perilaku anak-anak setiap hari.

artika sari

Ibu-ibu bisa lebih waspada dengan mengetahui penyebab anemia, yaitu: jenis makanan yang dikonsumsi anak kurang mengandung zat besi, minum susu sapi berlebihan, obesitas dan kebutuhan zat besi yang meningkat karena infeksi berulang atau kronis. Sedangkan gejala yang mudah untuk dilihat pada anak adalah wajah pucat, lemas, mudah lelah dan mudah sakit karena infeksi virus atau bakteri. (Sumber: artikel di situs IDAI)

Dari tanda-tanda tersebut bukan berarti anak bisa langsung divonis menderita anemia. Harus dibawa ke dokter dan melakukan serangkaian tes dulu untuk penegakkan diagnosa. Sebelum ada gejala-gejala tersebut ada baiknya melakukan langkah pencegahan. Salah satu cara yang terbaik melalui asupan makanan. Ada beberapa jenis makanan yang mengandung zat besi tinggi, antara lain: ikan, hati, daging dan bayam. Berikan makanan dengan komposisi karbohidrat, protein, sayuran dan buah yang berimbang.  

Permasalahan makan bagi anak-anak sangat komplek. Pola makan anak di pengaruhi oleh Ibu, keluarga inti, teman-temannya dan juga lingkungan di sekitar rumah. Ibu diharapkan untuk memang kendali penuh dalam menyiapkan makanan sehat untuk anak. Tapi ya... namanya anak. Tidak semua anak mau makan sayur dan buah. Ada banyak yang mau makan hanya yang dia suka. Mbak Artika Sari Devi, ibu dari dua anak ini membagikan pengalamannya dalam urusan 'menjinakkan' anak-anak.

artika sari

Mbak Tika lebih suka untuk memberikan contoh langsung pada anak-anaknya. Beliau makan di depan anak-anaknya berbagai menu makanan sehat. Anak-anaknya juga sering diajak ngobrol soal makanan yang baik buat tubuh. Bila anak-anaknya libur diajak 'turun' ke dapur. Pada kesempatan ini, Mbak Tika bercerita tentang manfaat aneka bahan makanan yang mereka masak. Mbak Tika tidak mau memaksakan anak untuk makan sesuatu. Beliau lebih memilih untuk 'memaksa' secara tersamar ketika ngobrol bareng anak-anak.

Anak usia 5-12 tahun sudah bisa memilih makanan yang akan mereka makan. Ada anak yang sangat pemilih. dr Grace memberikan tips untuk one bite food. Minta anak untuk mencicipi makanan satu gigitan. Buatlah perjanjian dengan anak. Kalau memang tidak suka ya sudah nggak usah dimakan. Ada satu tips jitu dari dr Grace. Anak-anak secara psikologis akan selalu meniru perilaku orang tua. Kalau anak tidak suka makan sayur dan buah. Orang tua sebaiknya selalu makan sayur dan buah di depan anak-anak. Lakukanlah secara demonstratif. Tunjukkan ekspresi kalau sayur dan buah itu enak. Anak lama-kelamaan akan tertarik untuk mencoba makan.

minute maid nutriforce

Kalau segala cara sudah dilakukan. Anak-anak tetap susah makan sehat. Apalagi makan-makanan yang mengandung zat besi tinggi. Jangan kuatir. Ada varian terbaru dari Minute maid sebagai minuman pendamping dengan 11 nutrisi yang baik untuk anak. Menurut Pak Andrew Soendjojo, Minute Maid Nutriforce membantu memenuhi 1/3 kebutuhan nutrisi harian anak karena mengandung 8 vitamin dan 3 mineral (vitamin B12, C, D, zat besi dan zink).

Perlu dipahami, minute maid nutriforce adalah minuman pendamping bernutrisi. Minuman ini bukanlah obat untuk anak yang kekurangan zar besi ataupun anemia. Ada dua rasa, yaitu jeruk dan mangga. Jeruk rasanya lebih asam, sedangkan mangga rasanya manis asam segar. Kalau saya pribadi lebih suka yang rasa mangga.

Minute maid nutriforce bisa diberikan untuk anak minimal 3 tahun. Setiap hari bisa dikonsumsi maksimal 3 saja. Meski minuman ini untuk anak-anak, namun juga baik untuk orang dewasa. Terutama remaja dan ibu-ibu yang lebih rentan kurang zat besi atapun anemia.

Foto: koleksi pribadi menggunakan Smartfren AndromaxE2
            

Thursday, 22 February 2018

Nasi Campur ala Bangkalan Madura


Saya bertemu nasi campur ini secara tidak sengaja. Lebaran tahun lalu, saya dan keluarga melakukan perjalanan ke Sumenep. Sengaja berangkat pagi-pagi. Biar tidak terjebak macet 'Pasar tumpah'. Surabaya ke Sumenep lumayan jauh. Sekitar empat jam perjalanan menggunakan mobil pribadi.

Perjalanan ini lewat jembatan Suramadu, agar cepat dan langsung masuk ke kota Bangkalan. Rencana kami memang akan sarapan dulu di Bangkalan. Ternyata masih banyak tempat makan yang tutup. Mungkin masih terlalu pagi. Untunglah ada satu depot makan di sebelah kanan jalan yang buka. Ramai kendaraan yang parkir di depannya. Ya sudahlah, berhenti di sini saja. Daripada nanti terus malah gak ketemu tempat makan yang buka.

Hanya tersedia tiga menu makanan di sini. Nasi rawon, nasi sate dan nasi campur. Berhubung kemaren sudah makan nasi rawon, maka kami memilih nasi sate dan nasi campur. Selama ini selalu mencicipi sate Madura ala Surabaya. Kalau sate Madura ala Bangkalan belum pernah hehe. Kalau nasi campur perkiraan saya nggak jauh-jauh amat dari Nasi Mbok' atau Nasi Jagung yang sudah pernah saya cicipi.

Dan... begitu hidangan keluar. Jreeng.... jreeng... Sueje tibak-e, rek haha. Sate Madura ala Surabaya menggunakan daging ayam. Kalau ala Bangkalan bahan bakunya daging sapi. Kalau bumbunya sama. Bumbu kecap. Nah, nasi campur-nya ini yang kejutan. Saya belum pernah makan nasi campur Madura model begini.

Baca Juga:  Nasi Madura Depot Hijau Pelabuhan Kamal Madura

Lauknya hanya tiga biji. Berupa daging sapi goreng, hati sapi dan usus sapi yang berbumbu. Lengkap dengan serundeng kelapa dan sambal yang pedas. Setiap makan masakan Madura sambalnya selalu pedas. Mungkin ini salah satu ciri khas masakan Madura. Ada kuahnya ternyata. Kuah ini berupa sop bening dengan irisan daun prei. Sop disajikan panas. Tidak ada isian hanya kuah bening saja. Bumbu sop terasa ringan. Rasa kaldunya juga tidak eneg. Terasa hangat di leher dan perut. Cocok untuk sarapan.    

Mohon maaf, saya lupa nama depot ini. Ancer-ancer e ae yo, rek. Dari Jembatan Suramadu lurus saja lalu belok kanan ke arah kota Bangkalan. Depot ini ada di sebelah kanan. Sebelum deretan ruko yang ada ATM Bank Jatim di depannya. Saya juga nggak tahu jam buka dan tutup tempat ini. Waktu itu ramai sekali pengunjung. Saya nggak berani tanya-tanya pada pelayan dan pemilik yang sibuk. Mereka kelihatan tidak mau diganggu dengan banyak percakapan soalnya. Saya sampai di sini sekitar jam 7 kondisinya sudah ramai. Banyak bangku yang sudah terisi.

Kalau ke Sumenep lagi, ingin banget kembali ke sini. Pas kembali ke Surabaya. Kami sampai depot ini sudah sore. Ternyata, tempat ini tutup. Kangen rasa kuah sop bening yang segar hehe.

Foto: koleksi pribadi menggunakan Asus Zenfone4

Wednesday, 21 February 2018

Martabak Mie Jaman SD

martabak mie

Jaman saya sekolah dasar tahun 80-an. Di setiap depan sekolah selalu ada jajanan ini. Jajanan favorit hampir semua anak-anak. Murah, enak dan mengenyangkan. Cocok dimakan pas jam istirahat atau pulang sekolah. Terutama pulang sekolah. Ini jam kritis perut lapar.

Ternyata, sampai sekarang jajanan ini masih ada. Namun bedanya, sudah tidak ada lagi penjual martabak mie di depan sekolah. Malah adanya di penjual gorengan di kampung atau pinggir jalan. Mulai agak susah sih mencari makanan ini. Perlu mata yang jeli kalau pas lewat penjual gorengan.

Jajanan ini sederhana dalam bahan maupun penyajiannya. Kulit martabak terbuat dari adonan terigu kalis yang ditipiskan. Biasanya adonana kulit ini ditipiskan dengan menggunakan pantat piring seng. Lalu diisi dengan mie bihun goreng. Setelah cukup isinya, kulit ditutup rapat lalu digoreng. Angkat segera setelah berwarna keemasan. Gitu saja.

Untuk isian serupa dengan isian pastel. Mie bihun goreng ditambah irisan tipis wortel. Ada juga yang hanya berupa mie bihun goreng saja. Bumbunya menggunakan bawang putih dan sedikit merica yang dihaluskan.

Saya ketemu martabak mie yang enak di pasar kaget lapangan samping Masjid Agung Surabaya. Dekat jembatan layang jalan tol. Biasanya saya ketemunya minggu pagi. Penjualnya suami istri. Sang istri yang membuat martabak, sementara suaminya bagian yang menggoreng. Kiosnya hanya meja kecil, kompor serta wajan dan beberapa kursi plastik. Lokasinya di gang deretan yang paling dekat dengan tempat parkir motor. Gang di jalur tengah. Gampang dilihat. Beliau buka mulai jam 6 pagi sampai habis. Harganya 1.000 rupiah perbiji.

Ada lagi di jalan tengah Karangan daerah Wiyung. Penjualnya ibu-ibu. Ada aneka gorengan. Beliau jual di depan toko kelontong. Lokasinya antara gang 1 dan gang 2. Mulai buka agak siangan. Sekitar jam 07.00 atau 08.00 WIB sampai habis. Kalau yang disini martabak mie ukurannya jumbo. Meski harganya sama 1.000 rupiah perbiji.

Ada lagi di Pasar Gemol dan lapangan kodam Brawijaya. Namun penjual yang ada di dua tempat terakhir ini tidak tentu bukanya. Kadang buka, kadang tidak. Kalau penjual martabak mie yang enak baru ketemu empat tempat ini. Sebenarnya banyak yang jual. Namun kadang tidak terasa bumbu di mie isiannya atau kulit martabak. Ada juga yang minyaknya 'serik' ditenggorokan. Saya pernah di kasih tahu teman di daerah Bronggalan Sawah juga ada yang enak. Teteapi saya pas ke sana selalu pas tutup. Belum jodoh sepertinya hehe.

Foto: koleksi pribadi menggunakan ASUS Zenfone5

Tuesday, 20 February 2018

Lontong Kupang Surabaya


Ada simpang siur berita tentang asal muasal makanan tradisional Lontong Kupang. Konon kabarnya, makanan ini asli dari Surabaya. Ada lagi yang menyebut kalau aslinya dari Sidoarjo. Kalau saya sih tak mempermasalahkan hal ini. Surabaya dan Sidoarjo dekat jaraknya. Penjual lontong kupang ada banyak baik di Surabaya ataupun Sidoarjo. Sentra makanan khusus lontong kupang ada di Sidoarjo.

Kalau saya memakai judul lontong kupang Surabaya. Ada alasannya. Sependek pengetahuan saya, tempat pengepul terbesar kerang sebagai  bahan baku utama kupang lontong ada di daerah Kenjeran. Bahan baku utama? ya. Kupang ini adalah sejenis kerang laut yang ukurannya kecil. Kira-kira kurang dari 1 cm. Kerang-kerang kecil ini biasanya hidup di daerah laut dangkal. Makhluk laut kecil ini banyak yang bermukim di daerah Pantai Kenjeran.

Sebenarnya apa sih lontong kupang? Begini ritual pembuatannya. Bumbu petis yang diuleg dengan cabai dan bawang putih goreng. Lalu lontong dipotong-potong. Kemudian kerang berbumbu dan berkuah yang sudah masak disiramkan ke piring. Sebagai pelengkap. Taburan bawang merah goreng dan sate kerang berbumbu yang ditusuk lidi atau bilah bambu tipis. Jangan lupa, minumannya harus air kelapa muda atau es kelapa muda.

Ibu penjual keliling di wilayah Gang Bumiarjo


Kupang lontong Surabaya selalu disajikan dengan es kelapa muda. Minuman ini sebagai penetral kerang. Kadang-kadang kalau badan dalam kondisi tidak fit atau perutnya sensitif bisa diare atau mual muntah. Tenang. Nggak usah takut untuk mencoba makanan ini. Ada air kelapa muda atau es kelapa muda yang akan menjinakkan perut Anda.

Di Surabaya atau Sidoarjo selain ada depot khusus yang menjual makanan ini. Ada juga yang menjajakan lontong kupang berkeliling dengan cara disunggi. Maksudnya, aneka perlengkapan lontong kupang ditata di papan kayu atau keranjang lalu diletakkan di atas kepala (disunggi-Bahasa Jawa). Sedangkan piring untuk makan di taruh tas atau keranjang yang ditenteng. Biasanya yang jualan Ibu-Ibu separuh baya. Duh, bayangkan perjuanggannya berjalan dengan beban di atas kepala yang berat T_T. Entah kenapa rasanya jauh lebih enak yang disunggi ini. Mungkin rasa lelahnya ini yang bikin enak.

Lontong kupang kesukaan saya adalah Ibu penjual keliling yang biasanya beredar di Gang Bumiarjo, dekat terminal Joyoboyo. Bumbu petisnya enak. Porsinya tidak terlalu banyak. Yang paling juara adalah sate kerangnya. Bumbunya legit sampai dalam. Merata dari ujung sampai pangkal. Uenak luego, rek. Harganya juga murah. Kupang lontong satu porsi 8.000 rupiah. Sate kerang 1.000 rupiah per tusuk.

Ada dua tempat lain kesukaan saya. Di Jalan Raya Jambangan dekat kantor Kelurahan Jambangan. Satunya lagi di sentra Lontong Kupang Gedangan Sidoarjo. Warung yang lokasinya di pojok paling kanan. Kalau harganya rata-rata 10.000 - 15.000 rupiah per piring.

Ini salah satu kuliner wajib yang harus dicicipi. Kalau Anda ke Surabaya tidak mencicipi makanan ini. Sepoh rasane ilat(lidah terasa hampar) hehe. 

Foto: koleksi pribadi menggunakan ASUS Zenfone4
  

Monday, 19 February 2018

Sop Kembang Tahu atau Sop Penganten


Saya ketemu makanan ini di sebuah resepsi pernikahan di Solo. Salah satu hidangan tradisional daerah Solo. Biasanya hidangan ini dihadirkan sebagai hidangan pembuka di pernikahan traditional adat Solo. Ini lah kenapa makanan ini lebih dikenal dengan nama sop penganten. Meski saya sudah sering ke Solo namun baru kali ini bertemu masakan ini.

Sop penganten ini berupa daging cincang berbumbu yang diletakkan di tengah kulit pangsit besar. Diatasnya ada jamur kuping dan wortel yang dicincang halus, kacang polong, jagung manis dan irisan tipis bakso atau sosis. Kemudian disiram kuah sop bening.

Untuk rasa, sama seperti sop khas Jawa Tengah. Kuahnya bening. Bumbunya sangat ringan. Merica terasa tipis dilidah. Beda sama masakan Suroboyo yo rek. Jangan kaget kalau makan sop ini. Namun untuk isiannya terasa gurih bumbunya. Bahkan kulit pangsitnya juga terasa berbumbu.

Sop penganten ini cocok sebagai hidangan pembuka. Segar dan hangat. Menghangatkan perut. Selain itu cukup mengganjal perut sambil menunggu hidangan utama disuguhkan. Kalau acara resepsi pernikahan adat Solo tradisional dengan sistem 'piring terbang' sop ini selalu hadir.

Selesai acara pernikahan, saya mencoba cari makanan ini tapi belum ketemu. Penasaran ingin mencicipi varian rasa yang lain. Apakah rasa dan isiannya sama atau tidak. Semoga lain waktu kalau ke Solo bisa ketemu makanan ini lagi.

Foto: koleksi pribadi menggunakan ASUS Zenfone4

Saturday, 17 February 2018

Mendoan yang Selalu Bikin Kangen


Saya pertama kali kenal makanan ini ketika pertama kali datang ke Jogjakarta jaman masih kuliah. Pertama kali datang di stasiun Lempuyangan dalam kondisi kelaparan. Seorang teman tiba-tiba datang sambil membawa bungkusan daun pisang. Ternyata isinya tempe goreng yang masih hangat. Namanya mendoan.

Saat itu saya merasa ini adalah tempe goreng yang paling nikmat sedunia *nyengir. Mungkin itu efek kelaparan. Eh, ternyata tidak. Setelah itu saya makan mendoan ya tetap enak. Berkali-kali makan meski dalam kondisi tidak kelaparan ya tetap enak. Sejak Saat itu setiap saya ke Jawa Tengah selalu berburu mendoan.

Apa sih mendoan itu? Pada penampakannya, mendoan adalah Tempe goreng tepung. Tempe yang di goreng dengan tepung. Atau ada juga yang menyebut tempe goreng selimut. Namun ada perbedaannya. Biasanya kan digoreng garing. Kalau mendoan digoreng setengah mateng. Jadi tepungnya masih kelihatan putih.

Apa tempenya mateng? Tenth saja. Ini rahasianya. Tempenya berbeda dengan tempe goreng biasa. Tempenya sangat tupis irisannya. Memang ada tempe khusus sebagai bahan mendoan. Di daerah Jawa Tengah ada banyak tersedia di pasar-pasar traditional. Kalau di daerah luar Jawa Tengah sangat susah mencari tempe khusus untuk mendoan.

Saya pernah coba menggunakan tempe biasa yang diiris tipis. Rasanya beda, rek. Tidak bisa seperti mendoan yang biasanya. Ya wis lah, rek. Aku nyerah. Kalau lagi kangen mendoan ya wis lah cuss masuk ke daerah Jawa Tengah

Friday, 16 February 2018

Putu Ayu Jajanan Tradisional nan Lezat

putu ayu enak

Bagi yang tinggal di Surabaya tidak akan asing dengan makanan ini. Jajanan tradisional yang banyak bertebaran di Surabaya. Biasanya dijajakan berkeliling di kampung-kampung. Jaman saya masih kecil, Bapak penjual berkeliling sambil memanggul segala perlengkapan putu. Seperti Bapak penjual rangin. Alat yang digunakan untuk memanggul adalah bilah bambu panjang yang kuat dan lentur.

Sekarang berbeda. Bapak penjual putu menggunakan gerobak sepeda. Area penjualan bisa lebih luas lagi. Ada ciri khas pedagang yang menjual putu ini. Selalu ada bunyi siulan tuuuuu yang melengking. Bunyi ini keluar dari cetakan bambu yang terkena uap panas. Cetakan bundar lonjong ini yang biasanya digunakan untuk membuat putu. Jadi gampang e, rek. Kalau ada penjual keliling ada bunyi tuuuuuu tiada henti. Ya itulah penjual putu.

Dari dulu saya tahunya jajanan ini namanya putu. Kemungkinan diambil dari bunyi tuuuuu dari cetakan bambu. Tapi nggak tahu asal kata 'pu' darimana. Sekarang, juga ada tambahan nama ayu dibelakangnya. Mungkin agar lebih menjual. Mungkin. Saya tidak tahu pasti.

Saya juga tidak tahu berasal dari mana. Saya coba searching tidak ada bukti yang kuat tentang asal muasalnya. Ada yang menyebut berasal dari Tiongkok. Ada kue sejenis ini yang disajikan sebagai teman minum teh Kaisar sejak tahun 1200. Namun saya belum lihat foto wujud asli kue ala Tiongkok ini. Ada juga yang menyebut kalau jajanan ini juga dinikmati para bangsawan Belanda ketika menjajah Indonesia. Nah, foto yang ini pun saya belum ketemu.

Yo wis lah, rek. Nggak apa-apa nggak jelas sejarah dan namanya. Sing penting kita bisa menikmati jajanan uenak ini sekarang. Siapa saja bisa menikmati. Nggak perlu harus ada embel-embel bangsawan atau keluarga kerajaan dulu. Bebas makan. Sepuasnya.

Jajanan ini murah meriah. 500 rupiah per biji. Bahannya juga nggak banyak. Tepung terigu kasar yang dipadatkan di cetakan bambu. Tengahnya diberi gula jawa. Lalu dimasukkan tepung terigu. Dikukus. Setelah matang ditaburi kelapa parut diatasnya. Selesai. Biasanya putu ini berwarna hijau muda. Kalau aslinya hanya menggunakan air pandan atau daun suji. Namun banyak yang menggunakan pewarna makanan saat ini. Selamat berburu putu tuuuuuuuu.


Foto: koleksi pribadi pribadi menggunakan ASUS Zenfone4

Thursday, 15 February 2018

Cheese Egg Cake yang Enak Banget

cheese egg

Pas lagi hujan-hujan. Pas lapar dan sudah mengarah ke kelaparan. Pas malas makan nasi. Pas Mamas Go-jek datang ngantar makanan. Pas dibuka. Bau keju langsung menguar. Pas... ada cheese egg cake dari Rumah Keju Naobie. Duuuh pengen rasanya tak cium-cium cake mungil-mungil ini. Engkau penyelamat perutku...Halah. Mulai lebay. Hehe

Alhamdulillah... rejeki di kala hujan. Berawal ketika saya ikut suatu lomba di sebuah komunitas bloger. Kebetulan hadiahnya lebih banyak dari peserta yang ikut. Ya sudahlah. Akhirnya kita undi hadiahnya dibagi rata. Saya dapat dua hadiah. Salah satunya pastry dari Mbak Vicky. Cuma waktu itu nggak tahu pastry berupa apa. Saya cuma ditanya Mbak Vicky alamat rumah.

Dan... cheese egg cake yang datang. Bagi saya pecinta keju ini rejeki nomplok. Saya langsung WA Mbak Vicky terima kasih banget. Kayaknya beliau juga nggak nyangka kalau saya pecinta keju hihi.


Ya sudah. Saya mau bahas cheese egg cake ya... Saya dapat dua kotak. Tiap kotak berisi 6. Ada dua rasa ini full keju dan daging keju. Kalau yang ada titik merah itu isi didalamnya smoked beef dan keju. Sedangkan yang polos tanpa titik full keju isinya.

Ada tips tambahan dari pemilik Rumah Keju Naobie. Kalau ingin menikmati dalam kondisi hangat bisa dimasukkan oven atau kukusan. Nah, satu lagi nih tips rahasia. Kalau ingin pas dibelah tuh keju mozarella meleleh sempurna lebih baik dikukus saja. Berhubung saya sudah kebelet pengen makan. Akhirnya saya masukin aja ke magicom. Jadi keju mozarella tidak bisa meleleh sempurna. Tak apalah. Yang penting makan dulu hehe.

Saya jatuh cinta sejak gigitan pertama. Kejunya banyak tapi nggak eneg. Rasa asin keju juga pas. Memang lebih enak kalau dimakan dalam kondisi hangat. Rasa kejunya lebih nendang di mulut. Kalau ingin pesan bisa WA ke 0856-4565-9969.

Foto: koleksi pribadi menggunakan smartfren AndromaxE2.
   

Wednesday, 14 February 2018

Review Buku 365 Cerita dan Aktivitas Penuntun Akhlak Islami

buku anak dian kristiani


Judul Buku : 365 Cerita dan Aktivitas Penuntun Akhlak Islami
Pengarang : Dian K dan Tethy Ezokanzo
Ilustrator : Doni Rakhman
Penerbit : Qibla BIP Gramedia
Tahun : 2018, cetakan pertama

Dari pertama lihat buku ini saya memendam hasrat. Semoga bisa punya buku yang tergolong paket lengkap ini. Ilustrasinya juga cakep-cakep. Nggak ngebosenin. Saya yang sudah tuwir aja suka pake banget. Apalagi anak-anak.

Buku ini berisi cerita setiap hari selama 365 hari. Setahun. Setiap bulan ada tema besarnya. Januari tentang akhlak baik. Februari tentang keimanan. Maret tentang saling menyayangi. Kalau April? beli bukunya sendiri. Semua temanya menarik sampai bulan Desember. Nggak seru kalau semua saya ceritakan di sini hehe.

buku anak dian kristiani

Pada setiap bulan ada cerita menarik yang berbeda setiap harinya. Banyak cerita menarik yang seru-seru. Ada komik, cerita pendek, kisah para khilafah dan sahabat-sahabat Nabi Muhammad Shalallahu Allaihi Wassalam, pantun, sajak, hadist, ayat dan doa pendek yang mudah dihapal anak-anak.

buku anak dian kristiani

Pada setiap hari itu isinya silih berganti. Tidak ada yang sama. Ada berbagai aktivitas yang menarik untuk anak juga. Anak-anak juga bisa menggambar, mewarnai, menggunting, melipat dan berbagai aktivitas seru lainnya. Saya ikut juga melakukan berbagai aktivitas yang ada di buku ini. Seru. Anak-anak pasti suka ini. Meski buku ini ditujukan untuk anak-anak. Tak ada salahnya kalau orang tua turut serta membaca dan beraktivitas bersama.

buku anak dian kristiani

Satu lagi yang saya suka dari buku ini. Format dan ukuran tulisan nyaman untuk anak-anak yang baru belajar membaca. Saya uji coba ke beberapa anak TK dan SD kelas 1. Mereka tidak kesulitan untuk membaca. Ilustrasinya yang menarik membuat anak-anak ingin terus membaca. Penasaran untuk cepat-cepat membuka halaman berikutnya.

Tunggu apa lagi. Nggak akan rugi beli buku ini. Antara harga dan kualitas isi buku seimbang. Kalau kata orang Jawa. Enek rego, enek rupo. Kalau harganya mahal wajarlah, lah wong barangnya bagus.

Foto by Ugik Madyo

Noted: mohon maaf, foto isi buku sengaja saya blur  

Tuesday, 13 February 2018

Dokterbabe Dot Com, Panduan Hidup Sehat yang Mudah


tips hiduo sehat

Mungkin kita pernah dengar celetukan orang sakit jaman sekarang kok aneh-aneh. Usia pengidap penyakit menahun ada beberapa yang semakin muda usianya. Pengidap stroke dahulu berumur diatas 50 tahun. Sekarang? Ada beberapa pasien yang berusia akhir 30 tahunan atau awal 40 tahunan sudah mengalami stroke. Begitu juga dengan penyakit jantung ataupun kanker. Semakin banyak yang masih berusia muda.

Ngeri? pasti. Hal ini juga bisa dijadikan peringatan untuk kita agar lebih memperhatikan kesehatan diri sendiri dan keluarga. Berbagai langkah pencegahan sebelum penyakit datang harus dilakukan sedini mungkin. Hidup sehat itu mudah. Untunglah, kita hidup dijaman internet saat ini. Berbagai informasi tentang kesehatan, penyakit, dan berbagai hal tentang dunia kesehatan sudah banyak beredar. Hanya tinggal ketik info yang dibutuhkan lalu klik. Muncul semua informasi mengenai hal tersebut.

Namun… ini yang perlu diperhatikan. Tidak semua informasi yang beredar di internet itu benar adanya. Banyak juga yang hoax. Ini masalah kesehatan. Kalau ternyata informasi yang kita dapatkan ternyata hoax bahaya, nih. Tenang, sudah hadir situs terpercaya tentang kesehatan. Ini dia dokterbabe.com.

Informasinya lengkap. Ada daftar nama penyakit sesuai dengan alphabet. Lebih mudah lagi tersedia kolom search. Tinggal klik saja nama penyakit yang kita ingin tahu. Lalu munculah tautan dan informasi lengkap tentang penyakit tersebut. Begitu juga dengan daftar obat. Juga ada daftar lengkap sesuai dengan alphabet. Ini nih yang paling saya suka. Sebelum minum obat saya selalu mencari informasi terlebih dahulu tentang kandungan isi obat, efek samping dan dosis aman untuk dikonsumsi.

Terkadang saya tidak memperoleh informasi yang detail tentang obat. Dokter atau apoteker hanya memberitahu informasi global yang penting. Kalau obat sirup lebih mudah. Semua informasi tentang obat tersebut sudah ada di lembar panduan dalam kemasan. Kalau tablet atau kapsul ini yang perlu mencari tahu sendiri. Jadi, begitu ada gejala efek samping dari obat, saya bisa segera berhenti mengkonsumsi. Segera laporan ke dokter dan minta obat pengganti. Oh iya, hampir saya lupa. Kalau informasi obat yang anda butuhkan tidak ada didaftar tidak usah panik. Ada icon chat konsul disebelah kanan bawah. Anda tinggal ‘lapor’ pada admin situs.

tips hiduo sehat

Ada beberapa kategori artikel dalam situ ini. Antara lain: hidup sehat, kecantikan, ibu dan bayi, keluarga, kesehatan dan intim. Kategori yang spesifik ini memudahkan Anda untuk mencari infomasi yang dibutuhkan dengan lebih cepat. Ini akan menghemat waktu bila ingin mengetahui informasi secara cepat dan akurat.

Kalau ingin konsultasi dengan dokter secara gratis bisa juga. Tinggal klik ‘konsultasi’ dibagian paling atas situs. Tuliskan segala keluhan ataupun pertanyaan Anda. Nanti dr. Kevin Jonathan Tandika yang menjawab satu persatu pertanyaan yang ada.  

Satu lagi fitur penting yang ada di situs ini. Cari rumah sakit. Fitur ini terkoneksi dengan google map. Anda tinggal mengaktifkan lokasi keberadaan Anda di telepon seluler atau laptop. Rumah sakit terdekat akan muncul di layar.

Sudah saatnya situs ini tersimpan di daftar bookmark portal telusur di telepon seluler atau laptop Anda. Dapatkan segala informasi tentang kesehatan yang Anda inginkan.

Foto: koleksi dokterbabe.com 

Monday, 12 February 2018

Nasi Penyetan Cak Zaenal

nasi penyet

Surabaya adalah surganya sego (nasi) penyetan atau sego sambel. Dari kali lima sampai depot hadir tersebar di seluruh penjuru Surabaya. Banyak warung kaki lima yang rasanya enak. Kalau ingin berburu kuliner sego sambel di Surabaya jangan pernah gengsi makan di kali lima. Apalagi kalau makan harus sambil doprok (duduk) di trotoar. Kalau masih pake gengsi dijamin bakal rugi besar.

Kenapa begitu? mayoritas sego sambel atau sego penyetan di Surabaya yang enak-enak justru jualan kali lima. Tenang. Meski kelas kaki lima. Banyak yang bersih tempat jualan dan sekitarnya. Sego sambel dan sego penyetan ini sama saja. Saudara kembar iki, rek. Sego plus lauk gorengan dikasih terong, tahu, tempe dan sambel yang pedes.

sego penyet surabaya
Bu Zaenal dan Pak Zaenal 

Salah satunya ini. Sego penyetan Cak Zaenal. Meski di banner tempat jualannya sejak dulu kala hanya tertulis penyetan Cak Zaenal. Saya langganan makan di sini sejak dulu kala. Jaman awal beliau buka. Begitu nyoba pertama, saya langsung setia susah pindah ke penyetan lain hehe.

Lokasinya ada di daerah Pasar Wiyung Surabaya. Dulu waktu awal buka, berupa warung kaki lima di depan Pasar Wiyung. Buka hanya sore sampai malam hari. Habis magrib baru buka. Isya sudah banyak yang antri. Sejak ada pelebaran jalan di depan Pasar Wiyung pindah ke sebelahnya Pasar Wiyung. Tempatnya sudah permanen. Berada di sebelah gang masuk ke Puskesmas Wiyung. Jam bukanya lebih panjang. Mulai jam 1 siang sampai jam 2 dini hari. 

Sambelnya yang bikin enak. Jaman masih warung kaki lima sambelnya selalu sambel dadakan. Maksudnya? langsung diuleg pas kita beli. Jadi bisa pesan banyak tomat atau minta dikurangi terasinya. Kalau sekarang, sambelnya sudah jadi. Enaknya sekarang ada beberapa macam sambal. Sambel terasi pedas atau manis, sambel bawang pedas, sambel kecap pedas dan sambel bebek tidak pedas. Sambel bebek sebenarnya adalah bumbu bebek yang berwarna hijau kental itu.

Satu lagi yang saya suka, lauknya selalu di goreng kering. Kalau makan ikan lele atau mujaer bisa tandas semua bagian. Hanya tinggal sisa duri tengah saja hehe. Ada tambahan menu tumis cumi hitam pedas sekarang. Nasi cumi ini juga enak. Cuminya empuk. Bumbunya merasuk dalam cumi dan kuahnya nikmat hingga tetes terakhir.

Wis Rek tak mangan sik. Selak sego karo lele e adem. Udan-udan ngene cuocok mangan sego sambel sing pedes hehe. (Udah ya, Rek tak makan dulu. Ntar nasi dan ikan lelenya keburu dingin. Hujan-hujan begini memang cocok kalau makan nasi sambel yang pedas hehe)  

Friday, 9 February 2018

Pertanyaan yang lebih baik tidak usah ditanyakan


Judulnya kok ambigu ya? Mohon maaf. Setelah diotak-atik judul ini yang paling pas di hati. Halah. Ya wis lah selesai bahas judul. Dimulai pembahasannya... Jreng... Jreng... Indonesia terkenal dengan masyarakatnya yang ramah taman, sopan santun, baik hati dan tidak sombong. Meski kadang kala penuh basa basi sing nggatelno ati.

Kenapa basa-nya dibilang basi? Soalnya basa ini sering kali berwujud pada pertanyaan-pertanyaan yang bikin gemes pengen garuk-garuk tembok beton begitu mendengarnya.

Apakah pertanyaan itu? Eh ralat, rek. Apakah pertanyaaa-pertanyaan itu? Jawabannya adalah...
Kok basa ku koyok jawab pertanyaan ulangan ae yo rek *garuk-garuk irung.

1. Kok bisa jatuh?
Setting nya nih. Ada orang jatuh dari tangga. Kondisi masih kemeng-kemeng bin linu-linu. Orang kedua datang. Tergopoh-gopoh, gupuh kabeh. Langsung tanya "Kok bisa jatuh sih?"
Kalau misalnya Anda jadi yang jatuh trus ditanya seperti itu. Mau jawab apa?
Bisa jadi dijawab begini: Ya embuh. Aku bukan dukun. Kalau tahu bakal jatuh ya nggak bakal aku naik. Krauk.

2. Masih sakit ya?
Setting : lagi njenguk orang sakit. Nah, orang yang lagi sakit itu masih tergolek lemah di rumah sakit atau di kasur rumah. Jangan sakit hati kalau pertanyaan Anda ada yang jawab kayak gini: Nggak sakit, ini cuma akting kok.

3. Kok sendiri, mana pasangannya?
Setting: di acara pernikahan atau acara keluarga. Yang ditanya jelas-jelas masih jomblo. Nggak perlu sewot kalau setelah itu Anda akan selalu dihindari oleh orang yang Anda tanya tersebut.

4. Lagi hamil berapa bulan ini?
Setting : bertanya pada orang yang berperut buncit. Pastikan dulu benar-benar hamil atau tidak. Kalau ternyata hanya perut buncit karena banyak lemak. hemmm. Pahamilah, ada beberapa type orang yang sangat sensitif soal kebuncitan.

5. Kapan nikah? pake tambahan: Ayo cepetan. Jangan di tunda-tunda
Setting: sama seperti no 3. Halo... mereka pasti ingin cepat nikah. Tetapi yang ngelamar itu loh ngak datang-datang. Atau yang mau dilamar itu loh masih belum ada. 

6. Ya ampun, kamu berubah ya sekarang.
Ini bukan pertanyaan tapi saya masukin aja yo, rek.
Setting: acara reuni atau nggak sengaja ketemu teman lama. Yang ditanya tuh pada jaman dulu ayu, putih, langsing, kinyis-kinyis. Sekarang? item kusam, modol morot nggak karuan. Ada kurun waktu panjang dari terakhir kali bertemu sampai saat Anda baru ketemu. Anda tak pernah tahu apa yang terjadi dalam kehidupannya selama ini. Jangan cepat 'menghakimi' hanya dengan sekali pandang.

Ada yang bilang, memang lidah tak bertulang. Tetapi lidah kan bisa dikendalikan dengan hati dan otak. Sebelum berucap usahakan dulu dipikir. Apakah kata-kata yang keluar nanti akan membekas dan menimbulkan bekas pedih di hati orang lain.

Semoga kita semua terhindar dari segala yang bisa menyakiti perasaan orang lain. Tulisan ini saya buat sebagai self reminder saya sendiri agar selalu menjaga lidah ini. Mohon maaf apabila ada yang pernah tersakiti dengan perkataan saya. Mohon maaf yang sebesar-besarnya :).


Foto : koleksi pribadi menggunakan Smartfren AndromexE2
Lokasi : lobby Hotel Singgasana Surabaya


Thursday, 8 February 2018

Mie Pangsit Jakarta Rombong Hijau 34

mie pangsit jakarta

Surabaya mendung dan hujan silih berganti sejak pagi. Enaknya makan yang panas-panas nih. Bakso? bosen. Pengen yang lain. Pilihan jatuh ke mie pangsit Jakarta. Kebetulan di daerah dekat rumah ada yang enak, bersih dan murah. Mie Pangsit Jakarta rombong hijau. Kenapa jadi ada 34?

No 34 adalah kunci rahasia agar mudah mencari lokasi mie pangsit Jakarta ini. Kok gitu? lokasinya memang nyempil di gang jalan tembusan menuju ke SMPN 34 Surabaya. Sebelum Perumahan Pratama ada gang menuju arah Balas Klumprik dan Bangkingan. Nah, masuk gang itu saja. Di sebelah kanan ada deretan warung kaki lima. Nanti ada banner Mie Pangsit Jakarta plus ada gambar anak perempuan. Rombong pangsit berwarna hijau terang. Nah di situ itu tempatnya.

Dari pertama kali saya coba, saya langsung jatuh cinta. Mie-nya kalau dimakan polosan tanpa kuah sudah terasa enak. Bumbunya meresap merata. Kuah mie gurih. Tidak terasa terlalu banyak vitsin dan bumbu penyedap. Porsinya juga cukup mengenyangkan.

Bagaimana harganya? 8.000 - 10.000 rupiah/porsi. Tergantung pakai tambahan bakso atau hanya pangsit saja. Kalau mau nambah bakso lagi juga bisa. Tapi harganya nambah.

Eh iya... tempat ini buka dari jam 11.00 - habis.

Udah ah. makan dulu. mumpung masih panas. Hujan-hujan makan yang mie kuah panas sedaaap.  

Wednesday, 7 February 2018

Tidak Berani Berucap yang Buruk

Beberapa waktu silam suami tidak bisa mengantar saya. Kebetulan tempat acara dilalui bemo (angkot). Lagian kalau dibandingkan lebih murah naik bemo daripada naik taxi online. Ya sudah lah. Nge-bemo saya.

Ternyata, perjalanan saya naik bemo ini dipertemukan dengan Bapak sopir yang baik dan sabar. Dari beliau ini saya mendapatkan sebuah pelajaran yang sangat berharga. Tentang beratnya konsekuensi ucapan.

Sebagian ucapan adalah doa. Mungkin banyak muslim yang sudah tahu dengan hak ini. Namun berapa banyak yang benar-benar paham.

Sabar...
Akan saya lanjutkan lagi tentang pelajaran dari pak sopir kalau saya sudah bisa buka laptop.
Ngetik di ponsel kalau lama pegel tangan hehe

Tuesday, 6 February 2018

THR Surabaya, Kenangan yang Terlupakan

thr surabaya

Satu lagi tempat wisata yang menjadi icon Surabaya. Taman Remaja Surabaya namun lebih terkenal dengan sebutan THR. Taman Hiburan Rakyat (THR) yang sebenarnya ada di area belakang. Merupakan komplek pertunjukan kesenian Ludruk, Wayang Orang dan ada gedung khusus untuk Srimulat. Namun banyak orang yang mengenal seluruh komplek hiburan ini sebagai THR. Kalau ditanya TRS banyak yang tidak tahu.

Tahun 80-an tempat ini menjadi pusat hiburan masyarakat Surabaya dan sekitarnya. Setiap sabtu minggu atau masa liburan selalu penuh pengunjung. Bagi yang pernah tinggal di Surabaya tahun 80-an banyak kenangan terpatri di sini.

thr surabaya Taman mini untuk anak-anak

Meski pamornya sudah mulai memudar saat ini. Namun THR masih setia menjadi tempat hiburan uwong Suroboyo. Meski sabtu minggu sudah tidak seramai dahulu. Namun masih ada beberapa pengunjung yang hadir di sini. Saat ini lebih banyak acara lomba dan pentas seni untuk anak-anak TK dan SD.

Saya terakhir ke sini SMP kelas 3. Tidak banyak perubahan. Aneka permainannya juga tetap sama. Ada penambahan panggung terbuka di bagian samping. Penjual makanan yang dulu terpusat sekarang tersebar di beberapa tempat. Namun berupa kios yang menjual minuman atau camilan saja.

thr surabaya
 Area taman lampion

Kebetulan saya ke sini untuk mengantar ponakan yang ikut lomba kreasi pakaian dari bahan daur ulang. Minggu pagi saya datang. Sore jam empat saya kembali. Saya dan suami sengaja berkeliling ke seluruh area THR. Mumpung masih pagi. Masih sepi. Sambil jalan berkeliling kami saling berbagi kenangan jaman masih kecil dulu. Kebetulan saya dan suami sering kesini kalau sabtu atau minggu. Kalau ada saudara yang datang dari luar kota pasti diajak ke sini.

thr surabaya

Permainan di area anak-anak masih ramai pengunjungnya. Sedangkan wahana permainan untuk remaja dan dewasa sedikit yang antri. Kalau sekarang yang dominan acara musik yang menyedot banyak penonton di sini. Dari mulai dangdut sampai aliran metal ada. Biasanya ada baliho besar di pintu masuk siapa saja dan kapan akan show di sini.

thr surabaya

Kalau mau ke sini transportasinya gampang. Dari terminal Joyoboyo naik bemo V (ve) langsung turun depannya. Bayar bemonya (angkot) 5.000 rupiah/orang. Lokasi THR persis di sebelah Hi-Tech Mall. Sangat mudah menuju ke sini.

Tiket masuk ke lokasi ini 15.000 rupiah/orang. Kalau mau beli tiket terusan juga bisa. Cukup membayar 50.000 rupiah/orang. Kalau masuk menggunakan tiket biasa ada beberapa permainan yang harus bayar lagi. Harga tiketnya 5.000 - 10.000 rupiah/orang.

Foto: koleksi pribadi menggunakan ASUS Zenfone5

Monday, 5 February 2018

Ijah vs Nyonyah: Mendadak Ngefans Bapak Penjual Sayur


Selesai sudah makan malam heboh ala keluarga nyonyah. Ijah mencuci peralatan makan kotor. Tuan dan anak-anak sudah kabur ke depan televisi. Nyonyah masih asyik dengan ponsel di meja makan.

Ijah         : Nyah, daging, ayam, ikan sudah pada habis. Stock sayuran dna buah juga menipis. Tinggal telor saja buat sarapan besuk.
Nyonyah : Ya udah besok kamu belanja.
Ijah         : Apa nggak sekarang aja, Nyah. Mumpung supermarket depan masih buka.
Nyonyah : Nggak. Besok beli di tukang sayur aja.
Ijah         : Tumben.
Nyonyah : Hei, Jah. Penjual sayur keliling itu dagangannya selalu baru tiap hari. Fresh. Itu bagus buat kesehatan. Lagian, kalau kita beli sama mereka. Itu sama aja kita menaikkan pendapatan mereka. Kalau mereka banyak yang beli. Makin sejahtera lah mereka.

Ijah mendekati Nyonyah di meja makan sambil me-lap kedua tangannya.
Ijah          : Gitu ta, Nyah?
Nyonyah : Iyaaaa
Ijah          : Kartu kredit udah deket limit ya, Nyah.
Nyonyah : Nggak lah
Ijah          : Masaaaa?
Nyonyah : Sok teu kamu!
Ijah         : Pantesan. Nyonyah dari kemaren anteng di rumah. Kartu kredit mau limit aja pakai alasan bantu tukang sayur segala (Ijah menaikkan volume suara sambil celingikan ke arah ruang keluarga).
Tuan       : APA, JAH?
Nyonyah : Nggak, Pah. Ini Ijah ngomong sama aku.
Ijah         : Iya kan, Nyah? Bener kan tebakan Ijah?
Nyonyah : Ijaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah (Nyonyah bersuara tertahan dengan muka gemas) Sana... sana... jauh... jauh...
Ijah         : Hihihi (Ijah meninggalkan Nyonyah sambil ngikik geli

Sunday, 4 February 2018

Kebun Binatang Surabaya 2018 Berdandan Lebih Cantik

kebun binatang surabaya

Tahun lalu saya sengaja datang ke Kebun Binatang Surabaya untuk melepas rindu. Sekaligus penasaran dengan berbagai berita heboh di media. Tempat ini lebih kondang dengan sebutan KBS sejak dulu. Ternyata tempat ini sedang berbenah. Perbaikan di sana sini. Renovasi di beberapa bagian. Termasuk area aquarium. Area ini yang paling saya sukai sejak kecil.

Awal tahun 2018, seorang teman yang baru berkunjung ke KBS mengabarkan kalau area aquarium sudah dibuka. Uasyeeek. Langsung atur jadwal kosong sehari dan meluncur kesini. Sehari? Belajar dari pengalaman tahun lalu. Mengitari area seluas 15 hektar cukup bikin pegel kaki. Jalan-jalan di KBS cukup setengah hari. Sisa setengah hari lagi? untuk mengistirahatkan kaki yang njarem hehe. 

kebun binatang surabaya


Tiket masuk masih tetap 15.000 rupiah per orang. Saya datang kebetulan hari sabtu. Lumayan ramai. Banyak rombongan dengan seragam TK dan PAUD. Seru lihat aneka ekspresi anak-anak yang masuk ke sini. Pertama masuk waaa banyak perubahan. Lebih bersih dan asri dari tahun kemarin.

kebun binatang surabaya


Ada area baru khusus untuk foto. Dekat dengan kandang merak. Taman dan air terjun buatannya bagus. Banyak pengunjung yang foto di sini. Banyak bangku-bangku untuk istirahat sejenak. Alhamdulillah. Bisa lebih mudah mengistirahatkan kaki. Tempat istirahat ini dilengkapi dengan taman mini. Lebih nyaman istirahat sejenak sambil ngobrol-ngobrol.

Di sepanjang jalur utama ada banyak perubahan. Ada pagar dan taman mungil di depan kandang. Aneka bunga warna-warni memberikan kesan ceria tempat ini. Sepanjang jalan ini diberi gambar jejak kaki sesuai dengan kandang binatang terdekat. Anak-anak banyak yang berhenti dan menebak-tebak kaki binatang apa gerangan. Pohon-pohon rimbun tertata rapi. Jalan-jalan keliling tidak terasa panas.

kebun binatang surabaya


Saya langsung saja masuk ke area aquarium. Harga tiket masuk 10.000 rupiah/orang. Anak-anak bayar full. Tempatnya jadi cantik. Asri dan teduh dengan aneka tanaman. Begitu masuk ada area reptil di sebelah kiri. Area ini didominasi ular dan iguana. Gedung utama aquarium tetap sama. Ada area taman mini yang cantik di depannya.

Gedung utama dibagi dua bagian. Sebelah kanan area ikan tawar. Sedangkan kiri area ikan air laut. Koleksinya banyak. Seru... Banyak anak-anak yang mogok di sini, tidak mau diajak keluar hehe. Untuk ikan-ikan ukuran besar ada di kolam depan gedung. Kecuali anak hiu, ada di dalam area ikan laut. Keluar dari aquarium ini harus melewati jembatan di atas kandang buaya. Tenang. Jembatannya dari semen. Tapi ya tetap saja bagi saya bikin dag dig dug ngeri sedap.

kebun binatang surabaya

Ada beberapa perubahan di KBS. Area bermain anak dipindah dekat pintu keluar. Ada tambahan permainan outbound. Hadir juga animal show di dekat menara tingkat yang tinggi. Ada dua kali penampilan jam 11.00 WIB dan 13.00 WIB. Untuk naik unta keliling hanya sampai jam 12.00. Naik gajah keliling juga ada perubahan. Dahulu bisa naik gajah saja. Sekarang ada event breakfast with elephant. Naik gajah dan makan dalam satu paket 75.000 rupiah/orang. Kalau naik gajah saja nggak bisa. Ini yang bikin banyak orang tua dan anak-anak kecewa. Termasuk saya *nyengir.

kebun binatang surabaya Pintu masuk area Aquarium

Kebun Binatang Surabaya saat ini layaknya gadis remaja. Lagi seneng-senengnya dandan. Lebih cantik dan ngangenin. Jaman masih apa adanya saja masih banyak pengunjung yang datang. Gimana kalau sudah lebih cantik lagi. In syaa Allah akan lebih banyak lagi pengunjung yang datang. kalau mau datang ke sini lebih baik pagi. Jam 08.00 WIB sudah buka. Kalau pagi-pagi belum terlalu banyak pengunjungnya.

Sukses terus KBS. Semoga selalu lebih baik dan lebih baik terus dalam memanjakan pengunjung.

Foto : koleksi pribadi menggunakan Canon Powershot     

Saturday, 3 February 2018

Cafe Amanish Sumenep

Menu special berubah-ubah. Foto ini diambil lebaran tahun lalu.

Masih ada lagi tempat makan yang khusus menyajikan masakan tradisional Sumenep. Cafe Amanish ini adalah versi modern dari Rumah Makan Kartini. Pemiliknya juga sama. Amanish diambil dari nama bu Ningsih. Namun operasional Amanish dipegang anak Bu Ningsih.

Jenis masakannya lebih bervariasi. Tetap mengusung menu tradisional Sumenep. Namun dikemas dan ditata mengikuti trend kekinian. Rasa masaknnya juga sama dengan Rumah Makan Kartini. Kalau di Kartini mengusung tema nostalgia. Cafe Amanish membawa kesan metropolis milenium. Lokasi keduanya tak jauh. Sekitar 1km.



Kesan tersebut terlihat dari arsitektur dan interior Amanish. Pesan kekinian terasa sejak masuk ke areal parkir. Gerbang masuk didominasi dinding batu dengan tulisan Amanish dari emas. Di dinding sebelah kiri bangunan ada mural cantik. Cocok buat foto-foto cantik.

Tempatnya luas dan terang. Sirkulasi udaranya juga bagus. Interior kekinian bisa bikin betah kalangan muda untuk makan di sini. Sambil makan bisa puas foto-foto cantik. Ada ruangan lesehan di sebelah kanan yang cukup luas.



Salah satu hal yang bikin nyaman ada masjid di depan Amanish. Kalau lagi ada cara di sini begitu azan berkumandnag tinggal nyeberang jalan saja. Setelah sholat bisa lanjut lagi acara makan dan nongkrongnya. Amanish sudah menyediakan mushola. Bagi para lelaki tentu tetap ingin jamaah di Masjid. Tempat parkir juga luas. Tidak usah kuatir kalau bikin acara dengan banyak peserta yang bawa mobil.

Tempat memang berkesan metropolis. Bagaimana dengan harga makanannya? Tenang. Masih dalam batas wajar. Harga makanan antara 15.000 - 30.000 rupiah per porsi. Sedangkan minuman 4.000 - 15.000 rupiah per porsi. Kalau akan datang rombongan dengan banyak orang lebih baik reservasi dulu. Demi kenyamanan. Begitu datang biar bisa langsung duduk sambil ngobrol.

--------------------
Alamat : Jalan KH Wahid Hasyim no 51 Sumenep
Buka : 10.00 - 21.00
Reservasi : 0819-1112-2334

Foto: koleksi pribadi menggunakan ASUS Zenfone4

      

Rumah Makan Kartini Sumenep

Kalau sedang wisata ke Sumenep dan ingin mencicipi masakan tradisional Sumenep silahkan datang ke sini. Rumah Makan Kartini sudah menyemarakkan khasanah kuliner Sumenep sejak tahun 70-an.  Rumah makan ini hanya khusus menyediakan aneka masakan tradisional Sumenep.

Rumah makan ini didirikan oleh Ibu Kartini. Ketika Bu Kartini sudah pensiun digantikan putrinya Bu Ningsih untuk mengelola. Kemudian dikelola oleh adik Bu Ningsih saat ini. Lokasinya mudah di cari. Ada di pinggir jalan utama Sumenep. Dekat dengan Keraton Sumenep.

Bangunan dan interior rumah makan ini tetap sama seperti awal berdiri. Meski renovasi dilakukan namun tidak mengubah arsitektur bangunan. Hanya perawatan dan pergantian cat saja yang rutin dilakukan. Kalau makan di sini bukan sekedar lezatnya makanan yang terasa. Namun rasa nostalgia yang akan bertahan lama.

Saya baru pertama kali mencicipi masakan tradisional Sumenep. Ketika masuk Kartini bau masakannya sangat menggoda. Rasanya ingin makan semua menu yang ada. Tapi nggak mungkin lah. Apa kabar perut?

Baiklah. Untung kami datang berenam. Bisa memeilih beberapa menu. Kami mendapatkan cerita panjang lebar dari Sang pemilik tentang aneka ragam masakan Sumenep. Japek daging, tem ayam dan caakee yang kami pilih.

Japek daging adalah daging yang dilumuri bumbu kunyit, dijepit dengan bilah bambu tipis lalu dipanggang. Rasanya kaya dengan bumbu. Gurih. Dagingnya empuk. Ini nih yang bikin nikmat makan. Pembakaran dilakukan setengah proses. Mungkin hanya untuk mengeluarkan aroma bumbu. Daging ini pada dasarnya sudah matang dalam balutan bumbu.

 Japek Daging


Pindah ke tem ayam. Masakan ini seperti semur ayam. Namun kuahnya lebih berlemak. Bumbu masakan juga lebih berat. Ayamnya empuk. Lumer di mulut. Bumbu kuah terasa di semua bagian ayam. Bagi Anda yang sedang kolesterol tinggi lebih baik mencicipi kuah secukupnya  saja.

 cakee

Cakee (baca dengan menggunakan lafal bahasa Indonesia). Yang terakhir dan yang paling enak. Masakan ini biasanya dihidangkan sebagai makanan pembuka di acara pernikahan tradisional adat Sumenep. Penampakan dan cara masaknya seperti cap cay. Ada aneka sayuran plus bakwan, kekean dan jeroan ayam. Topping melinjo goreng dan cakue yang dipotong kecil-kecil sebagai pelangkapnya. Namun ada yang istimewa. Rumah makan Kartini membuat sendiri saos tomatnya dari buah tomat segar. Ini yang membuat kuahnya terasa segar dan tidak eneg. Rasanya saosnya tidak mendominasi. Bumbu khas masih tetap terasa.


Alhamdulillah. Akhirnya kesampaian merasakan masakan khas Sumenep. Tidak jauh beda dengan masakan Surabaya. Masakannya serba daging dan ayam. Unsur sayuran sangat sedikit. Suatu saat ingin lagi ke Sumenep dan mencicipi kuliner yang masih banyak ragamnya.

Oh iya, kalau ingin ke Rumah Makan Kartini pada waktu lebaran atau musim liburan lebih baik telefon dulu. Untuk memastikan masakannya masih ada atau sudah habis. Tempat ini banyak pengunjungnya pada saat-saat tersebut. Satu lagi, rumah makan ini tutup pada jam-jam sholat. Atur waktu sebaik mungkin biar bisa puas makan dengan nyaman.

----------------------------------------------------------------
Alamat : Jalan Diponegoro no 83 Sumenep
Buka : 10.00 - 21.00 WIB
Reservasi : (0328)666600 atau 0819-1919-1233


Foto : koleksi pribadi menggunakan ASUS Zenfone4S