ASUS AMD X555QA Laptop Impianku




Bagi freelancer, laptop adalah salah satu senjata perang yang penting. Barang berharga untuk teman mengumpulkan segebok uang dan segenggam berlian. Ada juga sebagaian teman freelancer yang menasbihkan laptop sebagai sahabat sejati dalam suka dan duka.

Bagi saya laptop bukan hanya untuk bekerja. Juga untuk hiburan pelibur lara dan penghapus lelah. Nonton drama Korea, lihat DVD, main game online, bahkan juga buat teman tidur. Loh kok bisa? Kalau sedang kumat malam tidak bisa tidur, saya biasanya menyalakan murotal. Sampai saya ketiduran dan laptop mati sendiri karena kehabisan baterai.

Terkadang nyaris 24 jam laptop menyala. Apalagi kalau harus mengejar deadline artikel atau naskah buku. Atau ngebut bikin laporan keuangan. Atau bahan presentasi dikejar-kejar harus cepat selesai. Banyak tools yang harus dibuka. Semua harus cepat.

Sekitar setahun yang lalu tiba-tiba baterai laptop ngembung. Kok ya pas saya nggak punya duit buat beli batre baru. Setelah dicek adek ternyata bisa diakali dulu. Tidak perlu beli baru. Dua bar batre yang nggembung dihilangkan. Hanya batre yang berfungsi baik saja yang dipasang. Setelah perbaikan ini, entah kenapa performa laptop tidak secepat biasanya. Awal bulan lalu, empat  tombol keyboard di pojok kanan tiba-tiba tidak berfungsi.

Apa mungkin kecapekan laptop ini? Mungkin juga. Saya mengingat lagi eksploitasi yang saya lakukan selama delapan tahun dia menemani saya.   

Seringkali ada banyak hal yang harus saya lakukan di laptop dalam satu waktu. Kalau lagi bikin artikel atau naskah buku biasanya saya nulis langsung sambil research. Ini berarti ada banyak tab yang harus saya buka di search engine. Beberapa aplikasi terkadang harus saya buka sekaligus. Perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain tidak secepat biasanya. Apalagi kalau diburu waktu. Gemes rasanya.

Pernah suatu saat saya harus research sebuah artikel. Kebetulan memang banyak bahan yang harus diteletili lebih lanjut keabsahan informasinya. Saya buka lebih dari sepuluh tab waktu itu. Eh, tiba-tiba laptop ngehang. Stag. Nggak bisa diapa-apain. Waktu saya tanya suami, katanya harus di matikan paksa. Pengen nangis rasanya. Semua bahan-bahan research itu belum sempat saya simpan. Masih saya baca-baca aja. Ini berarti saya harus mengulang lagi dari awal.
Apa sudah waktunya laptop ini diganti ya? Kalau harus diganti sekarang, saya lagi nggak punya duit *nyengir. Ya sudahlah saya iseng-iseng searching laptop baru. Siapa tahu saja meski nggak punya duit tapi bisa dapat rejeki laptop baru. 

Setelah tanya info kanan kiri. Buka web ini itu. Pilihan saya jatuh ASUS AMD – Laptop for everyone. Dengan spec yang sama dengan produk lain namun harganya lebih murah. Selain itu ada garansi penuh termasuk service dan sparepart selama 2 tahun dan… berlaku secara global. Ini nih yang penting. Namanya juga barang elektronik. Kalau nggak ada garansi lama bisa puyeng kepala mikir ongkos service.

Baiklah… saya cek satu persatu berbagai type laptop ASUS AMD. Saya jatuh cinta sama ASUS X555QA. Kok bisa? Ya iyalah… Prosesornya AMD 10-9620p dengan empat ini core (dua modul excavator) mampu bekerja dengan kecepatan 2,5GHz sampai 3,4GDz. Ini adalah AMD APU generasi ke 7 yang baru dihadirkan pada tahun 2017. Plus Ram 4GB up to 16GB. Kalau lagi butuh kerja cepat dikejar deadline, laptop ini bisa diajak ‘lari’ kencang. Meski harus buka website dan aplikasi yang banyak tak masalah. Tetep bisa lari kencang. Laptop ini diklaim ASUS hemat energy. Konsumsi daya maksimal hanya 15 watt selama penggunaan.

ASUS melengkapi laptop ini dengan windows 10. Nggak perlu beli dan install sendiri. Langsung nyalain dan pakai saja. Eh iya, keyboradnya di design dengan angka pada ngumpul di sebelah kanan. Buat saya yang sering berkutat dengan angka ini sangat menolong. Saya bisa kerja lebih cepat.


Kapasitas penyimapanan datanya juga besar, 1000GB. Uasyeek. Segala file kerjaan, foto hasil hunting, film ataupun drama Korea bisa tersimpan dalam jangka panjang.

Nah, ini nih, satu lagi yang saya suka . Laptop ini dilengkapi dengan grafis Radeon R5. Plus audio menggunakan ASUS SonicMaster Technology. Mantap. Bisa betah buat nonton drama Korea. Kalau buat main game, suara tembakan atau deru mobil balap bakal makin mantap. Seru nih.
Pas deh. Paket komplit. Cocok luar dalam. Laptop ini memang yang saya butuhkan saat ini. Semoga saya bisa segera memiliki laptop ini. Aamiin *doa kuenceng hehe. 


Artikel ini diikutsertakan pada Blog Competition ASUS AMD - Laptop For Everyone yang diselenggarakan oleh bocahrenyah.com
 


Foto: koleksi bocahrenyah.com dan Mbah Google.
 

Comments

  1. Terima kasih sudah berpartisipasi dalam Blog Competition ASUS AMD - Laptop for Everyone. Good luck.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bebek Kayu Tangan Bratang Gede Surabaya

Belanja Kain Kiloan di Pasar Ampel Surabaya

Iwel-Iwel