Wednesday, 28 December 2016

Memberdayakan Blog dengan Top Level Domain Dotcom

Dari awal saya ngeblog selalu menggunakan blog gratisan. Dari multiply yang akhirnya pindah ke blogspot. Alasannya sederhana, saya gaptek bahasa html dan segala tetek bengek pembuatan web. Lebih mudah bikin blog gratisan. Saya tinggal daftar saja. Format blog, templete, design tata letak sudah ada semua. Tinggal pilih, klik sana klik sini... jadi deh. Saya sama sekali belum kepikiran untuk membuat blog dengan domain sendiri.



Setahun lalu, saya kembali ngeblog setelah lama mati suri. Ternyata perkembangannya sangat pesat. Saya ketinggalan jauh. Harus mulai belajar lagi dunia blog, nih. Tanya teman-teman blogger plus ikut berbagai komunitas blogger. Seorang teman menyarankan saya untuk pindah ke domain berbayar. Bisa menggunakan dotcom atau dotnet. Hari gini udah nggak musim pakai domain gratisan.

Domain Berbayar

Masak iya, sih? Jadi penasaran. Saya mulai tanya beberapa teman blogger senior. Ternyata ngeblog dengan domain berbayar mempunyai banyak keuntungan. Keuntungan yang pertama tentu saja blog kita bisa mendapat kesempatan rangking atas di search engine. Tentu ini akan berimbas pada traffic penggunjung di blog.

Blog yang menggunakan dotcom atau dotnet memberi kesan profesional pada pemiliknya.  Apalagi kalau nama domain mempunyai nilai jual. Ini bisa menjadi nilai plus untuk klien. Nama blog yang pendek akan lebih mudah diingat. Bisa juga menaikkan jumlah fans dan subcribers. Tentu saja semua ini akan membuat blog menjadi lebih cepat dilirik klien atau perusahaan yang ingin memasarkan produknya dengan bantuan blogger. 

Satu lagi yang lebih penting. Banyak layanan periklanan (adsense) yang lebih tertarik pada blog dengan domain berbayar. Terutama yang menggunakan dotcom atau dotnet. Nah, ini nih yang penting. Lumayan kan kalau blog kita bisa menjadi pasif income. Bisa jadi penghasilan dari ngeblog lebih besar dari penghasilan utama kita. Ini menarik, kan. Kita bisa pensiun dini dan bekerja full time di rumah. Waktu bersama keluarga jadi lebih banyak.



Dotcom atau dotnet

Nama domain dotcom secara teori digunakan untuk nama komersial atau lembaga bisnis. Karena ‘com’ adalah singkatan dari commercial. Secara teori digunakan untuk nama merek dagang, nama perusahaan, nama produk atau berbagai kepentingan marketing yang berhubungan dengan aktifitas penjualan perusahaan barang atau jasa.

Namun pada prakteknya domain dotcom bisa digunakan untuk keperluan apa saja. Nama orang atau nama lembaga bisa juga menggunakan dotcom. Memang tidak ada larangan atau batasan karena domain dotcom bisa dibeli secara bebas tanpa persyaratan khusus yang rumit.

Kalau dotnet diambil dari singkatan ‘network atau networking’. Domain dotnet secara teori digunakan untuk web yang berhubungan dengan dunia IT, perusahaan komputer, layanan jasa internet dan sejenisnya. Pada prakteknya sama dengan domain dotcom, siapa saja bisa menggunakan domain dotnet.

Inilah salah satu penyebab blog yang menggunakan dotcom atau dotnet lebih mudah berada di rangking atas search engine. Kedua domain ini dianggap mempunyai krebibilitas yang tinggi.



Blog dotcom

Akhinya, saya memutuskan untuk mentransformasi blog gratisan saya menjadi domain dotcom. Ya... saya lebih dulu membeli domainnya. Ketika saya cek, kebetulan ugikmadyo.com available. Langsung saja saya beli. Saya sudah niat domain blog harus sama dengan nama akun email, twitter dan instagram.  

Setelah itu saya baru beli hosting. Nah, disinilah saya mulai error. Saya coba belajar ‘membangun rumah‘ blog namun selalu gagal. Saya ikuti berbagai tutorial di internet namun hasilnya gagal terus. Saya berkonsultasi dengan seorang teman blogger. Dia memberi saran untuk ‘mengawinkan‘ domain saya dengan blogspot. Woila... ternyata jauh lebih mudah dan tidak ribet. 

Setelah menggunakan dotcom pagerank lebih cepat naik. Trafik pengunjung juga meningkat. Satu hal yang pasti, saya lebih Pe-De eksis di dunia blogger. Nama blog yang sama dengan akun email, twitter dan instagram bisa jadi bekal personal brand yang kuat. Klien lebih mudah menelusuri rekam jejak saya di dunia maya. Ini berarti peluang dapat kerjaan terbuka lebih luas lagi. Alhamdulillah. 

Benar kata teman saya, pakai blog berbayar gengsinya beda dibandingkan kalau pakai blog gratisan. Kalau memberi kartu nama bisa rada angkat dagu... dikit. Dikit aja... kalau banyak-banyak ntar leher pegel hehe. Ngeblog yang pada awalnya hanya sebagai gaya hidup ternyata bisa jadi salah satu channel yang menghubungkan saya ke bisnis baru. Dapat uang dari adsense, menjadi buzzer, atau menjadi endors suatu produk tidak ada dalam bayangan saya dahulu. Ternyata blog saya bisa menghasilkan uang. Seperti mimpi rasanya. 

Buat Anda yang saat ini masih menggunakan blog gratisan. Bisa segera kunjungi dotcomforme. Saat ini ada hot promo. Domain dotcom plus website blog hanya 150 ribu/tahun. Murah bingit ini... CS-nya sabar dan telaten. Bagi saya yang gaptek sangat tertolong dengan layanan ini. Bukan hanya bagi Anda para blogger. Ada juga produk khusus untuk UKM start up dan juga e-commerce. Lengkap, kan? Tak perlu kemana-mana lagi. Cukup kunjungi dotcomforme.



Foto dan ilustrasi : pinjam pakai dari koleksi Mbah Google

1 comment: