Saturday, 26 November 2016

Sayur Lodeh a.k.a Sayur Nangka


Bagi masyarakat Indonesia, sayur ini adalah makanan sejuta umat. Meski dengan nama dan variasi yang berbeda. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur terkenal dengan sebutan sayur lodeh. Sedangkan di Jawa Barat, Sumatera dan luar Jawa lainnya dikenal dengan sebutan sayur Nangka. 

Sayur Nangka isinya hanya nangka muda saja. Kalau sayur lodeh isinya bervariasi. Umumnya memang hanya nangka muda (tewel) saja. Ada juga yang berisi nangka muda dicampur dengan kacang panjang. Kadangkala sayur lodeh isinya manisah dicampur dengan tahu, tempe dan krecek/cecek (kulit sapi). Kalau di luar Jawa dan Jawa Barat umumnya hanya menggunakan nangka muda saja. 

Sayur lodeh selalu menggunakan santan kelapa. Namun kadar kekentalannya berbeda-beda di setiap daerah. Ada yang kental sekali tapi juga ada yang encer. Kalau di wilayah Jawa Tengah, Sumatera, Jawa Timur bagian barat dan selatan biasanya sayur lodeh sangat kental santannya. Kuahnya terasa legit. Gurih nikmat. Rasanya dominan santan kelapa dan rempah bumbu komplit. Bagi Anda yang sobatan dengan kolesterol atau hipertensi dianjurkan makan secukupnya saja. Jangan sepuasnya. Bahaya!

Di Surabaya, ada sebutan lodeh Suroboyo. Sayur lodeh dengan isi nangka tua (tewel) dengan santan sangat encer. Santan kelapa hanya digunakan sebagai pelengkap. Luah lodeh Surabaya encer. Santan kelapa hanya sedikit. Asal terasa santan di lidah. Itu saja. 

Foto : koleksi pribadi menggunakan Asus Zenfone5

No comments:

Post a Comment