Tuesday, 29 November 2016

Here Comes Asa: Terjun ke Dunia Bisnis Karena Terpaksa



Judul : Here Comes Asa
Jenis : drama keluarga
Kategori : dewasa
Stasiun TV : Waku Waku Japan Channel
Jam Tayang:
Senin - Sabtu -> 20.40 - 20.80 WIB
Minggu -> 10.00 - 12.00 (langsung 6 episode)

Saya tertarik menonton drama ini karena dalam iklan pre-penayangan disebutkan "Ini adalah kisah tentang pendiri Universitas Wanita pertama di Jepang." Penasaran... Saya selalu tertarik dengan drama atau film yang berlatar kisah nyata. 

Drama seri ini berlatar belakang Jepang sebelum restorasi Meiji. Asa adalah salah satu anak keluarga Imai. Saudagar penukar uang terpandang di Kyoto. Lazimnya di masa itu, anak-anak para saudagar dan bangsawan sudah dijodohkan sejak masih kecil. Asa dan Hatsu (kakaknya) sudah dijodohkan dengan sesama anak saudagar penukar uang di Osaka sejak umur 6 tahun. Saudagar penukar uang fungsinya sama dengan bank pada masa itu. Keluarga Imai adalah salah satu saudagar yang memegang peranan vital perekonomian di Kyoto.

Meski drama ini dimulai sejak Asa sejak kecil. Namun titik awal drama ini dimulai saat Asa menikah dengan Shinjiro dari keluarga Kano-ya. Asa menikah saat usianya remaja. Asa yang tomboy dan selalu ingin tahu tentang banyak hal mulai mengalami banyak benturan. Dia harus bekerja keras menyesuaikan diri dengan keluarga suami.  

Pada masa itu perempuan kelas atas yang bekerja dianggap tabu. Namun Asa terpaksa menentang 'norma' ini. Putra pertama Kano-ya meninggal dunia. Suami Asa sebagai putra kedua tidak mau mengurusi bisnis keluarga. Dia lebih suka bermain Shamisen dan kongkow-kongkow happy bersama teman-temannya. Sementara anak bungsu Kano-ya masih berumur 8 tahun. Padahal Kano-ya berada diambang kebangkrutan. Pada masa awal Meiji banyak terjadi perubahan di dunia bisnis. Tuan Kano-ya kondisi kesehatannya mulai menurun karena usia yang sudah tua. Asa terpaksa turun tangan.

Sebelum menikah, Asa sudah mendapatkan dasar-dasar pelajaran bisnis dari sang Kakek. Asa terpaksa nekat menentang norma wanita bekerja demi memenuhi janji pada sang Ayah. Pada saat sebelum menikah Tuan Imai memberi pesan pada kedua putrinya agar menjaga keluarga mereka baik-baik. Maksud 'menjaga' di sini bukan hanya merawat keluarga tapi juga memastikan agar seluruh anggota keluarga bisa terus bahagia dan berkecukupan sandang pangan papan. 

Ayah mertua dan suami memahami keputusan Asa. Mereka mendukung penuh Asa bekerja di perusaan keluarga. Pada awalnya, Ibu mertua dan para pekerja Kano-ya tidak setuju bila ada pemimpin wanita. Setelah melihat Asa yang cepat dan tepat dalam berhitung mengunakan simpoa, mereka mulai agak setuju. Kepemimpinan Asa diakui secara penuh setelah dia berhasil menagih hutang sebuah keluarga samurai yang terkenal 'sulit'. Bertahun-tahun pekerja Kano-ya tidak berhasil menagih hutang ke mereka. Asa yang sedari kecil terkenal berani dan gigih menunjukkan jati dirinya yang asli.

Era Meiji membawa perubahan. Pengaruh negara barat mulai masuk ke Jepang. Para pedagang diharapkan bisa menjalin kerjasama dengan negara-negara di Luar Jepang. Pembangunan infastruktur jalan dan kereta api sudah dimulai. Bisnis penukaran uang berjalan stagnan. Shinjiro membawa kabar kalau batu bara sedang banyak dibutuhkan. Asa berinisiatif membuka tambang batu bara. Dia nekat membeli gunung tambang batu bara di Kyushu. Apalagi Asa mengenal Tuan Godai Sang Raja Tambang di Jepang. Insting bisnis Asa ternyata tepat. Keluarga Kano-ya berjaya kembali. 

Kesuksesan Asa di bidang bisnis tidak membuat hatinya bahagia sepenuhnya. Rumor buruk di masyarakat beredar kencang. Asa mendapat julukan istri yang berjenggot. Asa lebih dikenal sebagai putra keempat Kano-ya. Asa juga tak kunjung hamil. Ibu Mertua berencana mengambil selir untuk suaminya. Untung saja Sang Suami dan Ayah Mertua menolak tegas rencana itu. Semua kesedihan Asa berakhir ketika dia hamil dan melahirkan seorang anak perempuan. Gosip di luar berhenti dengan sendirinya. Asa bisa fokus mengurusi bisnis Kano-ya lagi dengan tenang. 

Saat ini Here Comes Asa masih tayang. Masih panjang cerita kehidupan Asa. Saya sangat penasaran bagaimana bisnis Kano-ya selanjutnya? Apakah berhasil sesuai dengan rencana-rencana Asa atau gagal? Saya akan setia menonton hingga tayangan ini berakhir. Ceritanya seru setiap episode.            

Foto diambil dari http://idn.wakuwakujapan.tv/id/program/detail/wj0000002073

No comments:

Post a Comment